Daftar Festival yang Digelar di Arab Saudi Guna Menarik Wisatawan

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 5 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Guna menarik wisatawan, Arab Saudi menggelar festival musik, budaya hingga atraksi lainnya sepanjang tahun 2019.
tirto.id - Arab Saudi menggelar festival yang akan berlangsung hingga Desember yang dikenal dengan nama Saudi Seasons. Hal tersebut dilakukan untuk menarik wisatawan baik domestik maupun internasional, seperti dilansir dari laman resmi Saudi Seasons.

Acara-acara tersebut digelar untuk mengubah Kerajaan Arab menjadi destinasi wisata paling penting di dunia, menyajikan beragam pengalaman unik di seluruh kota dan wilayah Arab Saudi, lengkap dengan budaya, keindahan alam dan beragam festival musik.

Saat ini, salah satu festival yang sedang berlangsung adalah Season Jeddah yang digelar pada 8 Juni-18 Juli. Sesuai namanya, banyak acara seperti parade dan festival akan digelar di Jeddah, mulai dari Glow Garden, XJED Festival, Car Parade Show, Street Musical Show, Folklore Parade Show, Le Teatro Circus, Mobile Theme Park, dan beberapa event lainnya digelar di Jedah.

Glow Garden menampilkan karya seni, teknologi, dan inovasi berpadu. Lampu dan cahaya luar ruangan disertai karya seni yang menggambarkan dunia bawah Laut Merah. Tepat di kawasan Al Hamra, acara ini mengubah spot wisata menjadi taman cahaya di malam hari.

Musim panas di Jeddah ditandadi dengan XJED Festival yang berada di waterfront Jeddah. Dengan total 7 zona yang telah dibagi per cluster untuk hiburan pengunjung.

Zona 1 dipenuhi lounge dan hiburan kelab serta alunan musik DJ. Jika ingin berbelanja, Zona 2 merupakan pusat perbelanjaan dan cafe-cafe, sedangkan Zona 3 dipenuhi hiburan komedi.

Pemburu kuliner wajib mendatangi Zona 4 dengan aneka street foods Arab Saudi dan Zona 5 untuk restoran bercita rasa domestik hingga internasional. Zona 6 khusus untuk hiburan air dan bar-bar tropis. Zona 7 tersedia untuk taman hiburan keluarga, permainan, dan wahana hiburan lainnya.

Car Parade, Street Musical, dan Folklore Parade adalah parade yang menampilkan keunggulan karya seni masing-masing. Street Musical digelar pada 14 Juni-18 Juli dari Waterfront, Alhamra, Obhor, dan KASC pukul 06.00 hingga 10.00 waktu setempat. Dengan tanggal dan lokasi yang sama, Folklore Parade akan dimulai pukul 18.00 hingga 22.00 waktu setempat.

Le Teatro Circus menyajikan tampilan sirkus disertai atraksi kelas dunia, cocok untuk hiburan keluarga. Bertempat di Jungle Land Theme Park Tent, setiap Minggu-Rabu dari 19 Juni-18 Juli 2019 pukul 21.00 dan 23.00. Seda8ngkan hari Kamis-Sabtu acara digelar pukul 21.00, 23.00, dan 00.30 waktu setempat.

Mobile Theme Park adalah taman hiburan seperti pasar malam dengan berbagai wahana hiburannya yang seru dan menantang. Mobile Theme Park dibuka pada pukul 17.00 hingga 02.00 setiap harinya selama Season Jeddah berlangsung.

Selain event-event diatas, masih ada beberapa event lainnya digelar di Jeddah seperti Las Fallas, Basketball 3x3, Konser Musik Marshmello, Konser Musik Afrojack&R3hab, hingga Blue Man Group yang memerlukan reservasi tiket terlebih dahulu.

Tiket, jadwal, lokasi, dan detail event dapat dilihat melalui aplikasi Saudi Season, yang tersedia untuk perangkat Android atau bisa melalui situs web Saudi Seasons.

Daftar dan Jadwal Festival di Arab Saudi:

Season Jeddah: 8 Juni - 18 Juli 2019

Season Taif: 1 - 31 Agustus 2019

Season Al Soudah: 1 - 31 Agustus 2019

Season National Day: 23 September 2019

Season Riyadh: 15 Oktober - 15 Desember 2019

Season Al-Diriyah: 5 - 25 Desember 2019

Season Al-Ula: 22 Desember 2019 - 10 Februari 2020

Season Hail: 22 Desember 2019 - 10 Februari 2020

Baca juga artikel terkait ARAB SAUDI atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Anggit Setiani Dayana
Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yantina Debora
DarkLight