Daftar Episode Anime My Hero Academia RTV Tayang Sabtu & Minggu

Oleh: Fitra Firdaus - 24 Juli 2020
Dibaca Normal 2 menit
Daftar episode anime My Hero Academia season pertama sejak episode 1 hingga 13, tayang di RTV pada Sabtu dan Minggu setiap pekan.
tirto.id - Lanjutan anime My Hero Academia atau Boku no Hero Academia (BnHA) di RTV ditayangkan setiap Sabtu dan Minggu. Anime yang mengisahkan petualangan Izuku Midoriya (Deku) dalam menjadi pahlawan (hero) ini ditampilkan sejak season pertama, ketika Midoriya pertama kali masuk ke U.A. High School (Yuei Koko).

Anime My Hero Academia adalah adaptasi manga berjudul sama karya Kohei Horikoshi. Anime yang diproduksi oleh Studio Bones ini tayang pertama kali di Jepang pada 3 April 2016. Hingga saat ini sudah ada 4 musim BnHA atau 88 episode. Musim kelima BnHA sudah diumumkan di Weekly Shonen Jump edisi 18/2020 pada April 2020.

Dalam dunia anime BnHA, 80 persen manusia memiliki kekuatan super, yang disebut quirk. Karena itulah status hero (pahlawan) dapat dijadikan sebagai pekerjaan. Namun, Izuku Midoriya, tokoh utama anime ini, tidak punya quirk. Hanya saja, Midoriya memiliki kegigihan luar biasa, layaknya hero sungguhan.

Kehidupan Midoriya berubah sejak ia diselamatkan All Might, pahlawan terkuat Jepang yang menjadi idola semua orang termasuk Midoriya. Melihat kegigihan ini, All Might yang sudah semakin tua, memberikan quirknya, One For All kepada Midoriya.

Dari sanalah Midoriya membuka jalan baru, mengandalkan quirk itu demi cita-cita sebagai pahlawan.



Daftar Episode & Sinopsis My Hero Academia Season 1


Berikut ini daftar episode My Hero Academia season 1 yang sudah tayang di Jepang pada 3 April hingga 26 Juni 2016.

Episode 1: "Izuku Midoriya: Origin/Midoriya Izuku: Orijin"

Dalam episode pertama ini, Midoriya kecil muncul sebagai "pahlawan" bagi anak yang dirundung oleh sang teman sekelas, Katsuki Bakugo. Meskipun Midoriya tidak punya quirk, ia tetap membela anak tersebut, yang berujung dengan ia ikut mengalami perundungan.

Tanpa quirk, cita-cita Midoriya menjadi pahlawan seperti All Might tidak pernah pudar. Meski ditertawakan, ia tetap gigih. Hingga akhirnya, terjadi pertemuan yang mengejutkan dengan All Might. Midoriya diserang oleh monster penjahat tak bernama, dan diselamatkan All Might.

Pertemuan itu membuat Midoriya bertanya kepada All Might, apakah seseorang yang tidak punya quirk bisa menjadi hero.

Episode 2: "What It Takes to Be a Hero/Hīrō no Jōken"

Di episode ini, Midoriya akhirnya mengetahui sisi lain All Might: bentuk asli sebagai orang tua kurus yang lemah. Ia mendapatkan pesan khusus dari All Might, menjadi pahlawan profesional artinya berani mempertaruhkan hidup.

Midoriya kemudian sekali lagi bertemu all Might, ketika ia berupaya menyelamatkan Katsuki Bakugo dari monster penjahat yang pernah menyerangnya. Kali ini All Might menyebutkan, Midoriya bisa menjadi hero, dengan instingnya yang bergerak menolong orang lain tanpa memedulikan diri sendiri.

Episode 3: "Roaring Muscles/Unare kin'niku"

All Might mewariskan One For All, quirk miliknya, untuk Midoriya. Tidak hanya itu, All Might melatih Midoriya selama 10 bulan untuk dapat lolos tes di U.A. High School, akademi untuk calon pahlawan.

Dalam perjalanan menuju U.A. High School, Midoriya bertemu "kawan pertamanya", Ochaco Uraraka, gadis yang memiliki quirk zero gravity.

Episode 4: "Start Line/Sutaatorain"

Setelah menjalani tes, akhirnya Izuku Midoriya mendapatkan hasil ujian. Meskipun dalam praktik, Midoriya tak mendapatkan angka apa pun, ia tertolong berkat rescue points sebanyak 60 poin, yang membuatnya berhak masuk U.A. High School.

Episode 5: "What I Can Do For Now/Ima Boku ni Dekiru Koto wo"

Kali ini Midoriya menjalani Quirk Apprehension Test untuk kelas 1-A U.A High School. Kemampuan quirknya sempat dipertanyakan oleh wali kelas Eraser Head (Shota Aizawa), tetapi kemudian Midoriya membuktikan quirk One for All miliknya.

Episode 6: "Rage, You Damned Nerd/Takere Kusonādo"

Dalam Hero Basic Training, kelas 1-A dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok hero dan kelompok penjahat untuk Battle Trial. Di sinilah Midoriya bertemu dengan Katsuki yang berbeda kelompok.



Episode 7: "Deku vs. Kacchan/Deku bāsasu Kacchan"

Dalam pertarungan Midoriya dan Katsuki Bakugo, meski Bakugo dominan, ia tetap kalah dari Deku. Team A (tim hero) dinyatakan sebagai pemenang.

Episode 8: "Bakugo's Start Line/Sutāto Rain, Bakugō no."

Ini adalah episode penting untuk Katsuki Bakugo, yang menyadari masih banyak teman yang memiliki quirk hebat, di samping kekalahannya dari Midoriya.

Episode 9: "Yeah, Just Do Your Best, Iida!/Ii zo Ganbare Īda-kun!"

Eraser Head mengumumkan kepada kelas 1-A untuk latihan penyelamatan di Unforeseen Simulation Joint (U.S.J.). Namun, di sana muncul sekian penjahat yang tampak mengincar sesuatu.

Episode 10: "Encounter with the Unknown/Michi to no Sōgū"

Suasana di U.S.J jauh dari perkiraan sebelumnya. Di sinilah Eraser Head menunjukkan kekuatannya menghadapi para penjahat.

Episode 11: "Game Over/Gēmu Ōbā"

Eraser Head berhadapan dengan pimpinan para penjahat, Tomura Shigaraki. Sementara itu, para murid kelas 1-A juga harus bertarung. Saat itulah All Might muncul.

Episode 12: "All Might/Ōrumaito"

Dengan kekuatannya yang terbatas waktu, All Might terus bertarung dan menunjukkan kapasitasnya sebagai pahlawan nomor satu.

Episode 13: "In Each of our Hearts/Onoono no Mune ni"

Dalam episode terakhir musim pertama BnHA ini, Izuku Midoriya menjadi kunci penyelamat All Might, yang meski sudah mengalahkan Nomu, masih dikeroyok oleh Tomura dan Kurogiri.

Baca juga artikel terkait MY HERO ACADEMIA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight