Daftar Drama Korea Terbaik 2019: Ada Hotel Del Luna dan Vagabond

Oleh: Maria Ulfa - 3 Januari 2020
Dibaca Normal 4 menit
Daftar drama Korea terbaik 2019 versi Ranker, ada Hotel Del Luna dan Vagabond.
tirto.id - Tahun 2019, industri hiburan Korea Selatan telah menyajikan sejumlah drama Korea (drakor) dengan beragam genre dan tema untuk menghibur para penonton. Terdapat sejumlah drakor terbaik tahun 2019 yang wajib ditonton oleh para pencinta drama.

Tirto menghimpun sejumlah rekomendasi drama terbaik tahun 2019 yang wajib ditonton untuk para pencinta drama berdasarkan penilaian dari Ranker.

1. Hotel Del Luna

Hotel Del Luna mengisahkan tentang Jang Man Wol (IU), si pemilik hotel yang pernah melakukan kesalahan besar pada masa lalu. Tidak seperti penampilannya yang elegan, kritis, rewel, skeptis, serakah, dan boros, Jang Man Wol tinggal di hotel miliknya sendiri yang diberi nama Hotel Del Luna dengan cara yang sangat membosankan, seolah-olah waktu telah berhenti.

Sementara itu, Goo Chan Sung (Yeo Jin Goo) merupakan seorang manajer di sebuah hotel elite. Goo Chan Sung sangat perfeksionis dan memiliki gangguan penyakit seperti obsesif-kompulsif, obsesi kebersihan, hingga paranoid.

Goo Chan Sung tampak tenang dan rasional tetapi pada kenyataannya, dia adalah laki-laki penakut. Berkat sifat perfeksionisnya, karier Goo Chan Sung berhasil melejit dan menjadi wakil manajer termuda di grup hotel multinasional.

Semuanya berjalan lancar, sampai akhirnya melalui sebuah peristiwa yang tidak terduga, Goo Chan Sung terpaksa menjadi manajer di hotel Del Luna dan bertugas menyambut pelanggan yang merupakan para hantu.

Hotel Del Luna sendiri merupakan hotel yang telah lama berdiri dengan penampilan luar yang kuno dan terletak di pusat kota Seoul. Hotel ini kabarnya menjadi tempat tinggal para hantu.

2. Extraordinary You

Drama fantasi ini menceritakan tentang Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon) seorang siswi di sebuah sekolah menengah terkenal, dan keluarganya juga kaya raya. Akan tetapi, Eun Dan Oh menderita penyakit jantung.

Di sisi lain, tunangan Eun Dan Oh, Baek Kyung (Lee Jae Wook) juga belajar di sekolah yang sama dengan Dan Oh. Dan Oh sangat menyukai Baek Kyung, namun cintanya bertepuk sebelah tangan.

Tiba-tiba, Dan Oh mengalami hilang ingatan jangka pendek dan ia bisa melihat semua kejadian di masa depan. Akan tetapi, Dan Oh bingung dengan gejala-gejala yang ia alami. Kehidupan dan orang-orang di sekitarnya memiliki perilaku yang berbeda dari yang biasanya.

Suatu hari, Jinmiche (Lee Tae Ri) mengatakan kepada Eun Dan Oh bahwa mereka saat ini sedang berada di dalam sebuah manhwa (komik Korea). Karena itu, akhirnya Eun Dan Oh berusaha untuk menemukan cinta sejatinya sendiri, dan tidak ada yang bisa menghalanginya, termasuk sang penulis komik.

Hingga akhirnya, Dan Oh bertemu dengan seorang siswa tanpa nama. Eun Dan Oh kemudian jatuh hati padanya. Oleh karena itu, Dan Oh memutuskan untuk memberi nama siswa tersebut sebagai Ha Roo (Ro Woon).

3. Angel’s Last Mission: Love

Drama ini menceritakan kisah Kim Dan (Kim Myung Soo/L), malaikat ceroboh yang diutus menjadi dewa asmara untuk seorang gadis bernama Lee Yeon Seo (Shin Hye Sun).

Lee Yeon Seo adalah pewaris sebuah perusahaan besar. Ia terpaksa melepaskan mimpi sebagai balerina karena kecelakaan tragis yang mempengaruhi penglihatannya. Setelah kematian orangtuanya, Lee Yeon Seo menjadi pewaris tunggal sejumlah kekayaan dari keluarganya.

Di sisi lain, Lee Yeon Seo sering ditipu oleh orang yang menginginkan uangnya, sehingga ia tidak bisa mempercayai siapa pun, termasuk keluarga dekatnya sendiri.

Sementara itu, Kim Dan menerima sebuah tugas untuk menemukan cinta sejati Lee Yeon Seo. Jika Kim Dan berhasil, maka Kim Dan bisa kembali ke surga, namun, sang malaikat justru jatuh cinta kepada Lee Yeon Seo.

4. Vagabond

Drama yang ditulis oleh Jang Young Cha dan Yang Kyung Soon ini menceritakan tentang Cha Dal Gun (Lee Seung Gi), seorang stuntman yang mencari tahu kebenaran di balik kecelakaan pesawat terbang sipil yang menewaskan keponakannya. Hal tersebut dilakukan Dal Gun setelah ia mendeteksi adanya korupsi berskala nasional yang mengerikan di balik kecelakaan tersebut.

Di sisi lain, Go Hae Ri (Bae Suzy) adalah seorang anggota National Intelligence Service (NIS) yang bekerja sebagai black agent (agen rahasia) dan terlibat dalam usaha Cha Dal Gun mengungkap kebenaran tentang kecelakaan pesawat tersebut.

Sementara itu, Gi Tae Wong (Shin Sung Rok) merupakan seorang pimpinan Keamanan NIS untuk tim lapangan. Gi Tae Wong mencoba menyelidiki kasus dengan objektivitas yang tinggi. Di sisi lain, di balik penampilannya yang dingin, Tae Wong mencoba menyembunyikan kepribadiannya yang berapi-api.

Kemudian, ketiga orang tersebut bekerja sama untuk memecahkan kasus terkait insiden kecelakaan pesawat, meski nyawa dan pekerjaan mereka terancam.

5. Crash Landing On You

Drama komedi romantis ini menceritakan kisah tentang Yoon Se Ri (Son Ye Jin) yang merupakan seorang pewaris dari keluarga kaya di Korea Selatan. Dalam sebuah insiden, paralayang yang Yoon Se Ri gunakan harus mendarat di Korea Utara karena terpaan angin kencang.

Sementara, seorang perwira Korea Utara, Ri Jung Hyuk (Hyun Bin), berusaha menyelamatkan dan melindungi Yoon Se Ri agar ia bisa kembali ke Korea Selatan dengan selamatn. Akan tetapi, berkat kejadian tersebut, Jung Hyuk justru jatuh cinta kepada Yoon Se Ri.

Crash Landing On You sendiri kini masih tayang di tvN dan mengisi slot penayangan Sabtu dan Minggu pukul pukul 09.00 p.m KST, atau pukul 19.00 WIB.

6. He is Psychometric

He is Psychometric mengisahkan tentang Yi Ahn yang (Jinyoung GOT7), seorang anak muda yang memiliki kemampuan supranatural. Yi Ahn mampu mengetahui rahasia terdalam dari setiap orang yang disentuhnya.

Ketika menyentuh seseorang, Yi Ahn akan melihat ingatan dari orang tersebut dan ia mengaku bisa mengetahui segala sesuatu tentang orang lain hanya dalam waktu tiga detik.

Akan tetapi, tidak seperti karakter yang memiliki kemampuan supranatural, Yi Ahn tidak bisa mengontrol kekuatannya sendiri, bahkan ia cenderung kikuk. Selain itu, pengetahuan Yi Ahn juga terbatas, dan cara-cara yang ia gunakan justru menghambat pergerakannya sendiri.

Di sisi lain, seorang gadis bernama Yoon Jae In (Shin Ye Eun) adalah anak yang memiliki banyak rahasia di masa lalu, dan ia ingin menyembunyikan luka emosi dan masa lalu yang menyakitkan yang pernah ia alami.

Akan tetapi, usaha Jae In untuk tampil kuat dan berani diperumit oleh Yi Ahn yang memiliki kemampuan untuk mengungkap rahasia orang lain dalam beberapa detik saja.

7. Touch Your Heart

Drama dengan genre komedi romantis ini mengisahkan tentang aktris populer bernama Oh Yoon Seo (Yoo In Na). Oh Yoon Seo terkenal hanya karena kecantikannya, namun ia punya akting yang buruk.

Suatu hari, Oh Yoon Seo terlibat skandal dengan putra dari keluarga chaebol (kaya raya) yang menyebabkan kariernya di industri hiburan Korea Selatan menurun drastis. Oh Yoon Seo mendengar bahwa penulis skenario terkenal ingin ia memainkan peran utama wanita untuk drama yang ia tulis.

Oh Yoon Seo harus memerankan karakter sebagai seorang pengacara, dan demi mendapatkan pengalaman untuk peran tersebut, Oh Yoon Seo diharuskan bekerja sebagai sekretaris pengacara selama beberapa bulan.

Sementara itu, Kwon Jung Rok (Lee Dong Wook) merupakan seorang pengacara untuk sebuah firma hukum, dan ia berhati dingin. Suatu hari, bosnya meminta Kwon Jung Rok untuk membiarkan Oh Yoon Seo bekerja sebagai sekretarisnya untuk beberapa bulan. Walaupun Kwon Jung Rok tidak begitu suka dengan situasi tersebut, ia terpaksa menerimanya.

8. Her Private Life

Drama bergenre komedi romantis ini mengisahkan tentang Sung Deok Mi (Park Min Young) yang bekerja sebagai kurator di sebuah galeri seni. Di sisi lain, Deok Mi adalah penggemar berat dari anggota grup idol bernama Shi An (Jung Jaewon /One) dan diam-diam menjalankan situs penggemar (fansite) untuk Shi An. Karena kecintaannya pada Shi An, Deok Mi sering bertengkar dan putus dengan kekasihnya.

Saat ini, Deok Mi hanya fokus dengan pekerjaannya dan juga kehidupan pribadinya. Di waktu senggang, Deok Mi akan melakukan kegiatan sebagai master-nim (pemilik fansite idol), yaitu mengikuti jadwal rutin Shi An dan mengambil fotonya.

Suatu hari, Ryan (Kim Jae Wook) mulai bekerja sebagai direktur baru di galeri seni tempat Sung Deok Mi bekerja. Ryan pernah menjadi pelukis terkenal, tetapi ia memutuskan untuk tidak melukis lagi.

Ryan sendiri tidak memiliki minat terhadap kehidupan orang lain, tetapi secara kebetulan, Ryan mengetahui bahwa Sung Deok Mi adalah penggemar Shi An dan mengelola situs web fansite untuknya. Karena hal tersebut, Ryan merasa tertarik dengan kehidupan Sung Deok Mi.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight