Daftar Drama Korea Pilihan di Netflix, Ada Crash Landing on You

Oleh: Maria Ulfa - 14 Mei 2020
Dibaca Normal 4 menit
Daftar drama Korea terbaik yang tayang di Netflix menurut majalah TIME di antaranya Prison Playbook, Signal hingga Crash Landing on You.
tirto.id - Menonton drama Korea (drakor) bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir kebosanan saat harus tetap berada di dalam rumah selama pandemi COVID-19.

Netflix adalah salah satu platform penyedia layanan video yang banyak menawarkan serial drama Korea terbaru dengan cerita menarik.

Pada tahun lalu, Netflix telah menandatangani kontrak dengan perusahaan produksi dan perusahaan penyiaran Korea seiring bertambahnya permintaan akan K-Drama.

Tak hanya menyediakan drakor dengan genre romantis, sejumlah drama di Netflix juga tersedia dengan beragam genre dan tema, mulai thriller, humanistik, sci-fi, medis dan masih banyak lagi. Bahkan, di antaranya menjadi drama favorit penggemar akhir-akhir ini.

Berikut ini adalah daftar drama Korea pilihan yang tayang di Netflix menurut majalah TIME.

Crash Landing on You (2019)

Seorang wanita dari Korea Selatan sedang melakukan kegiatan paralayang ketika angin topan tiba-tiba menghantamnya, menyebabkan ia mendarat di Korea Utara.

Yoon Se Ri (Son Ye Jin), seorang pengusaha sukses dan juga seorang pewaris dari Korea Selatan, mendapati dirinya berada di Zona Demiliterisasi Korea, terjebak di sebuah pohon dan bertemu perwira Korea Utara, Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin).

Yang terjadi selanjutnya adalah romansa yang meyakinkan dan terus-menerus menarik hati ketika Jeong Hyeok berusaha menyembunyikan Se Ri dan mengirimnya kembali ke rumah.

Kemajuan hubungan lintas-batas ini mendorong ceritanya maju ke depan. Akan tetapi, Crash Landing on You, dengan penggambarannya yang beraneka ragam tentang Korea Utara, ternyata dibuat dengan masukan dari para pembelot Korea Utara, dan membuatnya jauh lebih kompleks daripada drama komedi romantis kebanyakan.

Itaewon Class (2020)

Setelah kecelakaan yang membunuh ayahnya, Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon) berfokus pada misi untuk menjatuhkan seorang konglomerat perusahaan makanan, Jangga Group.

CEO perusahaan tersebut adalah Jang Dae Hee (Yoo Jae Myung), orang yang ikut serta dalam pengusiran Sae Ro Yi dari sekolah dan dihukuman penjara selama tiga tahun.

Terlepas dari masa lalunya sebagai seorang narapidana, Sae Ro Yi membuka sebuah restoran bar dan berusaha mengubahnya menjadi waralaba terkemuka di Korea.

Dia mengumpulkan para pegawai, termasuk seorang influencer remaja Jo Yi Seo (Kim Da Mi), yang menjadi manajer restoran dan berhadapan dengan CEO Jang.

Diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama, Itaewon Class dimulai sebagai cerita underdog klasik tetapi berkembang menjadi kisah tentang batas pembalasan dan kekuatan persahabatan.

Dengan para pemainnya yang beragam, seri ini juga secara terbuka membahas isu-isu diskriminasi berdasarkan ras dan identitas gender.

Mr. Shunshine (2018)

Setelah orangtuanya dibunuh oleh bangsawan, seorang bocah lelaki yang lahir di bilik para budak di kapal sebuah perang, memilih melarikan diri dari Joseon ke Amerika pada tahun 1871.

Beberapa dekade kemudian, Eugene Choi (Lee Byung Hun), sekarang adalah kapten Korps Marinir Amerika Serikat (AS) dalam misi politik, kembali ke negara asal yang pernah menolaknya.

Dia jatuh cinta dengan seorang wanita bangsawan, Go Ae Shin (Kim Tae Ri), yang diam-diam terhubung ke jaringan pejuang kemerdekaan Korea.

Memiliki setting di tahun-tahun menjelang pendudukan Jepang di Korea, Mr. Sunshine menggambarkan romansa yang sedang berkembang di negara yang melemah di mana identitas nasional tidak selalu selaras dengan loyalitas politik.

Selain menyajikan sinematografi yang memukau, drama ini memperkenalkan dua pemeran wanita paling dinamis dari dunia K-drama, yang satu membawa senapan dan yang lainnya memegang pedang.

Kingdom (2019-2020)

Sepuluh hari setelah Raja Kerajaan Joseon sakit secara misterius, desas-desus bahwa dia sudah meninggal mulai menyebar.

Putranya, Pangeran Mahkota Lee Chang (Joo Ji Hoon), berangkat ke pinggiran negeri untuk menyelidiki kebenaran tentang kondisi Raja.

Jauh dari istana, ia menemukan bahwa wabah yang mengubah makhluk hidup menjadi mayat hidup atau zombi telah mulai menginfeksi bangsa.

Pertempuran melawan zombi tersebut mulai meningkat bersamaan dengan pertarungan yang sama mengerikan di antara kekuatan yang lapar akan tahta.

Di dua musim pertamanya, Kingdom mengambil elemen paling menegangkan dari film thriller zombi. Drama kolosal ini juga membuat kita bertanya-tanya, apakah musuh kita adalah zombi atau manusia?

When the Camellia Blooms (2019)

Dong Baek (Gong Hyo Jin) mengelola sebuah restoran bar bernama Camellia di kota fiksi Ongsan. Dia adalah target gosip di antara para wanita Ongsan, karena menjalankan bisnis yang menyajikan alkohol bagi pria yang sering mengunjungi Camellia.

Alasan lain mengapa Dong Baek sering menjadi target gosip adalah karena ia adalah ibu tunggal. Selain itu, parasnya juga cantik, dan membuat wanita lain iri kepadanya.

Kemudian, perwira polisi Hwang Yong Shik (Kang Ha Neul) jatuh cinta pada Dong Baek. Hubungan keduanya dimulai dengan cinta sepihak Young Shik, yang berkembang menjadi hubungan yang bergerak untuk saling memberikan dorongan dan keberanian satu sama lain.

Yong Shik sendiri datang pada waktu yang tepat, mengingat terdapat seorang pembunuh berantai sedang berusaha menargetkan Dong Baek sebagai korban berikutnya.

When the Camellia Blooms memadukan keceriaan dengan ketegangan film thriller, dibuat lebih menarik dengan chemistry yang meyakinkan antara para aktor utama.

Hi Bye, Mama! (2020)

Sejak kecelakaan membunuhnya lima tahun lalu, Cha Yu Ri (Kim Tae Hee) hidup sebagai hantu.

Suatu hari, dia menjadi subjek proyek reinkarnasi. Yu Ri kembali ke bentuk manusianya, dan diberikan 49 hari untuk mendapatkan "tempatnya" kembali di dalam keluarganya jika ia ingin terus hidup.

Cha Yu Ri lantas muncul di depan putrinya yang berusia lima tahun dan suaminya Jo Kang Hwa (Lee Kyu Hyung) yang telah menikah lagi.

Meskipun premis drama sarat dengan unsur-unsur fantasi, Hai Bye, Mama! menawarkan penggambaran yang realistis tentang kesedihan dan kehilangan serta gambaran yang mengharukan tentang hubungan ibu-anak yang diperumit oleh trauma.

Signal (2016)

Profiler kriminal Park Hae Young (Lee Je Hoon) dihantui oleh kasus penculikan dan pembunuhan teman sekolahnya saat ia masih berada di sekolah dasar (SD), dan pelakunya tidak pernah ditangkap hingga ia beranjak dewasa.

Suatu hari, Hae Young menemukan walkie talkie misterius dan terhubung dengan Detektif Lee Jae Han (Cho Jin Woong) dari tahun 2000-an. Dari pembicaraan tersebut, Hae Young akhirnya menemukan kesempatan untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Sementara, saat ini Jae Han bekerja bersama detektif polisi Cha Soo Hyeon (Kim Hye Soo) untuk menangani kasus-kasus dingin yang tak terpecahkan.

Karena komunikasi antara Hae Young dan Jae Han terus berlanjut, mereka berusaha menghentikan terjadinya kejahatan di masa lalu agar kejahatan tersebut tidak menjadi kasus tak terpecahkan seperti sekarang.

Signal dengan cerdas menganyam insiden kehidupan nyata di Korea Selatan ke dalam narasi yang dengan cepat mampu menghanyutkan penontonya. Adapun, kasus utama dalam drama ini terinspirasi oleh pembunuhan berantai Hwaseong yang pernah terjadi di Korea Selatan.

Prison Playbook (2017)

Seorang pemain bisbol terkenal di Korea dinyatakan bersalah setelah menyerang seorang pria yang mencoba melakukan kekerasan seksual terhadap saudara perempuannya.

Kim Je Hyeok (Park Hae Soo), yang beberapa hari lagi akan melakukan debut Major League Baseball (MLB) di Amerika Serikat justru menerima hukuman satu tahun penjara.

Ketika ia menetap di penjara, Je Hyeok terhubung kembali dengan Lee Joon Ho (Jung Kyung Ho) teman masa kecil yang sekarang menjadi petugas di fasilitas pemasyarakatan (sipir).

Prison Playbook adalah drama komedi kelam yang meneliti korupsi dalam sistem penjara sambil menikmati kehangatan, kesenangan kecil dan kenyamanan dari narapidana yang tinggal di dalamnya.

Stranger (2017)

Ketika terdapat seorang pria yang memiliki hubungan dekat dengan para pejabat penegak hukum berpangkat tinggi terbunuh, jaksa penuntut Hwang Shi Mok (Cho Seung-Woo) lantas bekerja sama dengan letnan polisi berhati hangat Han Yeo Jin (Bae Doo Na) untuk menyelesaikan kasus ini.

Hwang Shi Mok sendiri dikenal tidak memiliki empati, karena ia pernah menjalani operasi otak ketika masih anak-anak dan hal itu mempengaruhi saraf di kepalanya.

Ketika pasangan aneh itu mencari jejak yang ditinggalkan oleh pelaku pembunuhan, mereka justru mengungkap korupsi besar-besaran yang terjadi di dalam struktur yang mengaku sebagai penjaga ketertiban.

Stranger adalah drama misteri pembunuhan yang mencekam dan menantang niat para pihak berwenang yang dipercaya sebagai pembela kebenaran.

Serial Reply (2012-2016)

Serial Reply sendiri memiliki 3 musim, yakni Reply 1997 (2012), Reply 1994 (2013), dan Reply 1988 (2016). Drama ini menceritakan tentang persahabatan sejumlah remaja dan orangtua mereka.

Transisi para pemain ke masa dewasa ditangkap saat mereka menavigasi hubungan dengan latar belakang peristiwa sejarah di kehidupan nyata, dari Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul hingga kasus runtuhnya Sampoong Department Store pada 1995 yang menewaskan lebih dari 500 orang.

Serial ini terkenal karena memberikan sketsa tentang ikatan antara teman, keluarga dan kadang-kadang kekasih, mengemas sentimen dan nostalgia ke dalam kegiatan sehari-hari yang tampaknya biasa saja.


Baca juga artikel terkait NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight