Daftar Drama Korea Bertema Kuliner, Termasuk Drakor Sweet Munchies

Oleh: Maria Ulfa - 28 Juni 2020
Dibaca Normal 2 menit
Sejumlah drama Korea (drakor) mengusung tema kuliner. Drama-drama itu tak hanya menampilkan makanan yang membikin mulut meleleh, tetapi juga beragam teknik memasak.
tirto.id - Makanan merupakan salah satu unsur utama dalam budaya Korea. Tidak heran kuliner seringkali hadir dalam tayangan televisi Korea.

Meski sebagian besar pemirsa memutuskan menonton drama karena pemeran utama atau cerita yang memikat, namun beberapa di antaranya juga tertarik karena adanya adegan memasak atau mengonsumsi makanan tertentu.

Baik kuliner Korea ataupun masakan dari berbagai negara lain di dalam K-Drama tak pernah gagal membuat mulut pemirsa berair dan ingin turut mencicipinya.

Berikut adalah rekomendasi drama Korea (drakor) bertema kuliner yang wajib ditonton oleh para pecinta K-Drama, sebagaimana dikutip Soompi.

1. Sweet Munchies

Drama komedi romantis ini dibintangi oleh Jung Il Woo yang memerankan karakter Park Jin Sung dan Kang Ji Young yang bermain sebagai pengarah acara variety show bernama Kim Ah Jin. Lalu, terdapat pula seorang desainer, Kang Tae Wan yang diperankan oleh aktor Lee Hak Joo.

Kisah cinta segitiga yang mengikat tiga karakter itu memang cukup menarik, tetapi aspek kuliner di drama ini pun menjadi bagian cerita yang memikat.

Park Jin Sung memiliki bistro di mana banyak orang datang untuk menyembuhkan hati mereka dan melepas stres melalui makanan lezat yang dihidangkan.

Menyaksikan suguhan lezat yang disajikan di restoran ini setiap hari dapat membuat perut pemirsa keroncongan. Drama ini menampilkan rebusan tahu, ayam goreng, dan masih banyak lagi.

Jung Il Woo memanifestasikan dirinya melalui proses pembuatan makanannya yang unik, dan fakta bahwa ia secara pribadi mengambil bagian dalam memasak menjadikan kisah drakor ini menarik untuk ditonton.

2. Eccentric! Chef Moon

Dalam drama kuliner satu ini, Eric Shinhwa memerankan karakter Moon Seung Mo, koki elite yang keluarganya memiliki restoran sup yang telah beroperasi selama 80-an tahun.

Setelah bertemu dengan Yoo Yoo Jin (Go Won Hee), seorang desainer fesyen yang lupa ingatan, mereka akhirnya saling berbagi lebih dari sekedar chemistry menawan.

Koki Moon dikenal karena membuat masakan Korea terkenal di seluruh dunia dengan kedai pop-up bar miliknya. Selain itu, Moon memilih sendiri bahan-bahannya, meskipun itu berarti ia harus pergi ke luar negeri untuk mendapatkan bahan yang paling segar.

3. Oh My Ghost

Drama ini menceritakan tentang asisten Koki, Na Bong Sun (Park Bo Young) yang selalu membuat masalah di depan bosnya, Kang Sun Woo (Jo Jung Suk), karena dirasuki oleh hantu perawan.

Drama Korea ini mempertontonkan banyak kegiatan masak di dapur restoran, sehingga membuat penontonnya bisa merasakan atmosfer aktivitas para koki yang sesungguhnya.

Salah satu hal yang pasti membuat Anda ketagihan adalah hubungan interpersonal yang dimiliki koki Kang Sun Woo dengan stafnya, ialah saat ia membeli makanan dan mengajari mereka banyak hal tentang seni kuliner.

Akan tetapi yang paling penting, resep bubur ayam jahe khas Na Bong Sun adalah salah satu makanan yang tidak akan dilupakan penonton, karena tidak hanya menghangatkan perut tetapi juga hati.

4. How Are You Bread

Web drama yang dibintangi Suho EXO ini fokus pada pembuatan kue dan roti. Suho memerankan karakter Ha Do Woo, pembuat roti andal yang selalu menolak hadir dalam acara kompetisi yang dibuat oleh Noh Mi Rae (Lee Se Young).

Seluruh cerita dalam drama ini mengungkap misteri di balik roti Do Woo yang magis dan enak. Roti tersebut tak hanya mengabulkan permintaan orang lain, tetapi rasanya juga bisa menyentuh hati mereka yang memakannya.

5. Wok of Love

Drama Korea bertema kuliner satu ini menceritakan tentang Seo Poong (Junho 2PM), seorang koki yang restorannya mendapatkan penghargaan Michelin bintang dua.

Namun, setelah memiliki sebuah restoran masakan Cina yang istimewa, ada sejumlah peristiwa yang membuat ia kehilangan segalanya.

Dengan selingan kisah cinta, hingga adegan action, drama Korea ini juga menunjukkan penyajian masakan Cina dengan baik. Di antara masakan Cina yang muncul dalam drama ini di antaranya, roti, sup mie, dan kue pangsit gurih, hingga Jjajangmyeon.

6. Jewel In The Palace

Kisah bertema kuliner juga ditemukan dalam drama kolosal korea, dan salah satunya adalah Jewel In The Palace.

Drama ini menceritakan kisah Dae Jang Geum (Lee Young Ae), pelayan yang memiliki selera tinggi dan bekerja sebagai koki di kerajaan sebelum akhirnya menjadi dokter wanita pertama kerajaan dalam sejarah Korea.

Drama ini memperkenalkan keahlian memasak tradisional Korea, termasuk hidangan kerajaan. Di antara hidangan itu adalah apchae, pajeon, saengchae, nanmyeon, hingga mandu, dan semuanya berasal dari hiasan pesta kerajaan.

7. Let’s Eat

Drama kuliner satu ini memiliki 3 musim berbeda yang ketiganya dibintangi oleh Yoon Doojoon. Dia berperan sebagai Goo Dae Young, salesman ramah dan diam-diam menjadi blogger kuliner.

Dalam drama ini, Yoon Doojon beradu akting dengan aktris Lee Soo Kyung, Seo Hyun Jin hingga Baek Jin Hee untuk masing-masing musim.

Dae Young diceritakan sebagai orang yang suka mencari tempat makan enak. Setelah mencicipi hidangan di tempat makan favoritnya, ia mengunggah ulasan di blog pribadinya.

Di setiap musimnya, Dae Young selalu bertemu dengan karakter utama perempuan yang memiliki pekerjaan dan kepribadian berbeda-beda.

Misalnya, Lee Soo Kyung yang merupakan seorang manajer, kemudian Seo Hyun jin adalah penulis lepas, hingga Baek Jin Hee, teman lama Dae Young di universitas.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Addi M Idhom
DarkLight