Daftar Drama Cina Genre Esports: Love O2O hingga You Are My Glory

Oleh: Nirmala Eka Maharani - 20 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Love O2O (2016) masuk dalam daftar Drama Cina (C-drama) dengan tema esports. Demikian pula dengan Go Go Squid (2019) dan You Are My Glory (2021).
tirto.id - Drama Cina atau juga dikenal dengan C-drama memiliki beragam genre, termasuk esport. Beberapa drama yang masuk rekomendasi di antaranya adalah Love O2O, Go Go Squid, hingga You Are My Glory.

Drama Cina memang telah menghasilkan berbagai genre, di antaranya aksi, komedi, crime, fantasi, romance, hingga olahraga. Drama bergenre esport unik untuk diikuti karena memadukan bumbu asmara dengan kehidupan para gamer online atau mereka yang menjalani hidup sebagai idola di dunia daring.

Drama Cina bergenre esport sendiri mencapai kesuksesan baik dalam negeri Cina maupun internasional. Misalnya, You Are My Glory yang dibintangi Dilraba Dilmurat, disebut Soompi telah ditonton lebih dari 30 miliar kali. Berikut beberapa di antaranya.

Love O2O


Love O2O
atau dalam bahasa Cina berjudul Wēi Wēi Yī Xiào Hěn Qīng Chéng adalah drama yang didasarkan pada novel berjudul sama karya Gu Man. Love O2O yang berjumlah 30 episode ini digarap oleh Gcoo Entertainment.

Ditayangkan oleh Jiangsu TV dan Dragon TV sejak 22 Agustus hingga 6 September 2016, Love O2O masuk dalam C-drama paling banyak ditonton dengan penayangan 25,2 miliar kali. Love O2O dibintangi oleh Zheng Shuang (Bei Weiwei) dan Yang Yang (Xiao Nai).

Dikisahkan, Bei Weiwei, mahasiswi jurusan ilmu komputer tahun kedua, adalah seorang jago game online. Ia menggunakan nama Luwei Weiwei dalam salah satu game paling populer, A Chinese Ghost Story. Weiwei adalah satu-satunya perempuan yang masuk dalam 10 besar gamer di MMPORG tersebut.

Ketika tengah bermain game di kafe internet, Weiwei membuat Xiao Nai tertarik. Xiao Nai bukan cuma senior Weiwei di kampus, ia juga pemain nomor satu di A Chinese Ghost Story dengan nama Yixiao Naihe. Xiao Nai berusaha untuk mendapatkan Wei Wei baik di kehidupan daring maupun nyata.

Go Go Squid


Go Go Squid! (Qīn Ài De, Rè Ài De)
diadaptasi dari novel Honey Stewed Squid karya Mo Bao Fei Bao. Musim pertama C-drama dengan total 41 episode ini tayang di Dragon TV dan Zhejiang TV pada 9 hingga 31 Juli 2019. Musim keduanya, dengan judul Go Go Squid 2 Dt. Appledog's Time sejumlah 38 episode, dapat dinikmati melalui streaming di iQIYI.

Dalam C-drama garapan Gcoo Entertainment ini, dikisahkan Tong Nian (diperankan oleh Yang Zi), seorang mahasiswa master teknik komputer sekaligus penyanyi cover daring populer dengan nama panggung Little Squid.

Pertemuan Tong Nian dengan Han Shang Yan (diperankan Li Xian) di sebuah kafe internet membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama. Tong Nian yang ingin serius dengan Han Shang Yan, menggunakan berbagai cara untuk memikat hati sang pujaan hati.

Di sisi lain, Hang yang seorang jenius komputer dan idola esport yang memenangi lebih dari 10 kejuaraan internasional, punya karakter dingin dan keras kepala. Sepasang insan ini memadu kasih sekaligus meyakinkan satu sama lain untuk memburu mimpi masing-masing.

You Are My Glory


C-Drama You Are My Glory merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya penulis Gu Man. Dengan jumlah total 32 episode, drama ini ditayangkan Tencent Video dan WeTV sejak 26 Juli hingga 30 Agustus 2021.

You Are My Glory mengisahkan sosok Qiao Jing Jing (diperankan oleh Dilraba Dilmurat) duta game populer Honor of Kings. Suatu hari, tersebar sebuah video yang menunjukkan payahnya Qiao Jingjing dalam memainkan game tersebut, yang kontras dengan imejnya sebagai duta game.

Demi memulihkan citranya, Qiao Jingjing bergabung dalam kompetisi untuk membuktikan 'kemampuan yang sebenarnya'. Demi memoles kemampuan sebelum kompetisi berlangsung, Qiao Jingjing melakukan berbagai cara. Ia kemudian terhubung dengan Yu Tu, teman sekelasnya dahulu yang kini sudah menjadi insinyur luar angkasa.

Qiao Jingjing menjadikan Yu Tu sebagai gurunya dalam game, mengingat kemampuan hebat Yu Tu soal ini. Memori cinta Qiao Jingjing pun kembali muncul.

Baca juga artikel terkait DRAMA CINA atau tulisan menarik lainnya Nirmala Eka Maharani
(tirto.id - Film)

Kontributor: Nirmala Eka Maharani
Penulis: Nirmala Eka Maharani
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight