Daftar Diva Pop Indonesia Masa ke Masa: KD hingga Nike Ardilla

Kontributor: Ririn Margiyanti, tirto.id - 3 Jul 2022 08:55 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Beberapa Diva Pop Indonesia dari masa ke masa, ada Krisdayanti hingga Nike Ardilla.
tirto.id - Hampir dalam setiap era di dunia musik memiliki ikon masing-masing baik penyanyi solo wanita maupun laki-laki.

Hal tersebut terjadi karena banyaknya penyanyi pendatang baru, sehingga pada setiap masa selalu berganti ikon dengan adanya seleksi alam.

Seleksi alam akan menentukan setiap penyanyi yang berkompeten dan memiliki kualitas baik, sehingga dapat menjadi ikon dan bertahan untuk tetap eksis dari masa ke masa.

Namun tidak semua musisi pendatang baru bisa beruntung untuk mengukir masa keemasannya, karena tidak sedikit musisi yang dapat dikatakan hanya “numpang lewat” di industri musik tanah air.

Sebuah lagu tidak akan terdengar dan tersampaikan pesan di dalamnya secara sempurna tanpa dinyanyikan oleh penyanyi yang tepat dan berkualitas.

Penyanyi yang berkualitas akan mampu membuktikan eksistensi mereka untuk terus bertahan dan berkarya dari masa ke masa di tengah banyaknya musisi-musisi baru yang silih berganti.

Mengutip jurnal online yang dipublikasikan oleh Unkris, diva adalah sebuah istilah yang dipergunakan kepada merujuk kepada penyanyi-penyanyi wanita di genre musik opera dengan bakat luar biasa.

Namun, seiring dengan perkembangannya, penggunaan istilah ini yang belakang sekali mengembang ke dunia teater, sinema, dan musik pop
.

Kini istilah diva juga dipergunakan kepada penyanyi-penyanyi opera
, namun memiliki bakat dan rentang perjalanan karier yang cemerlang.

Berikut ini beberapa daftar Diva Musik Pop Indonesia yang sudah eksis mulai dari era tahun 1960-an sampai sekarang, di antaranya yaitu:

1. Krisdayanti

Krisdayanti merupakan salah satu penyanyi yang memulai kariernya di usia muda. Penyanyi yang kerap disapa KD ini sering mengikuti berbagai ajang kompetisi bernyanyi, selain itu pada usia 12 tahun ia juga telah mengeluarkan album pertamanya.

Pada tahun 1990-an kariernya mulai melambung melalui singlenya yang berjudul "Menghitung Hari", hingga mampu meraih kesuksesan hingga mencapai puncak kariernya pada tahun 2001.

Kesuksesan tersebut ditandai dengan keberhasilannya dalam menggelar konser tunggal perdananya hingga mampu mengantarkannya menjadi Diva musik pop di Indonesia.

Beberapa lagu dari Krisdayanti yang populer antara lain yaitu "Mencintaimu", "Yang Kumau", "Jangan Pergi", "Makin Aku Cinta" dan lain-lain.

2. Ruth Sahanaya

Ruth Sahanaya mendapatkan gelar sebagai diva musik di Indonesia bersamaan dengan Krisdayanti dan Titi DJ.

Penyanyi yang lahir di Bandung ini memulai karier bermusiknya pada tahun 1987 hingga mampu menghasilkan album pertamanya dengan tajuk seputih kekasih.

Terdapat beberapa lagu dari Ruth Sahanaya yang sukses mengantarkannya menjadi Diva musik pop di Indonesia.

Mengutip jurnal Seni Budaya dan Musik dari Kemdikbud RI, lagu-lagu Ruth Sahanaya yang populer antara lain "Keliru", "Jangan Buang Waktu", "Adakah Tempat di Hatimu", "Ingin Ku Miliki" dan sebagainya.

3. Titi DJ

Titi Dwi Jayanti atau Titi DJ merupakan penyanyi yang memulai kariernya dengan menjadi penyanyi latar.

Ia juga menjadi salah satu diva pop Indonesia yang tergabung bersama dengan Krisdayanti dan Ruth Sahanaya. Puncak karier dari Titi DJ meroket dengan dirilisnya album yang berjudul "Bahasa Kalbu" pada tahun 1999.

Lagu-lagu yang sukses dibawakan oleh Titi DJ antara lain "Bahasa Kalbu", "Jangan Berhenti Mencintaiku", "Sang Dewi", dan "Tak Kan Ada Cinta yang Lain".

4. Vina Panduwinata

Penyanyi kelahiran tahun 1959 ini memiliki nama lengkap Vina Dewi Sastaviyana Panduwinata. Salah satu ciri khas yang melekat pada Vina adalah suara vokalnya yang serak.

Ia mendapat julukan sebagai Diva Pop Indonesia pada era tahun 80 an dengan lagunya yang berjudul "Burung Camar" dan "Di Dadaku Ada Kamu".

Beberapa lagudari Vina Panduwinata yang populer antara lain yaitu "Aku Makin Cinta, Di Dadaku Ada Kamu, dan Burung Camar.

5. Nike Ardilla

Nike Ardilla atau penyanyi yang memiliki nama asli Raden Nike Ratnadilla ini merupakan penyanyi yang sukses dalam berkarier di usia yang sangat muda.

Pada tahun 1986 saat masih berusia 11 tahun, Nike memasuki dapur rekaman dengan merilis sebuah single berjudul "Lupa Diri".

Ia menjadi salah satu penyanyi paling populer di era 90-an. Salah satu lagu yang mengantarkannya meraih kesuksesan yaitu lagunya yang berjudul "Bintang Kehidupan", selain itu terdapat beberapa lagunya yang juga populer seperti "Nyalakan Api", "Sandiwara Cinta", "Suara Hatiku", dan lain sebagainya.

Karier Nike terbilang cukup singkat. Pada 1995, ia terlibat dalam sebuah kecelakaan maut yang menewaskannya, saat ia berada di puncak popularitasnya.


Baca juga artikel terkait DIVA ADALAH atau tulisan menarik lainnya Ririn Margiyanti
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight