Daftar Distributor Minyak Goreng Surabaya & Panduan Membeli MGCR

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 29 Jun 2022 16:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kota Surabaya setidaknya memiliki 275 pengecer yang siap mendistribusikan Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR).
tirto.id - Pemerintah secara resmi melakukan sosialisasi pendistribusian Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) mulai 27 Juni 2022.

Minyak goreng tersebut dijual dengan harga eceran tertinggi Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram. MGCR dapat dibeli konsumen dengan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi, atau menggunakan NIK jika belum mempunyai aplikasi ini.

Proses sosialisasi dilangsungkan selama dua pekan. Setelah itu, masyarakat yang ingin membeli MGCR harus menggunakan dua cara tersebut. Selama masa transisi, jumlah minyak goreng yang dapat dibeli diberikan kuota terbatas.

Menurut siaran pers yang diunduh dari situs Kemenko Marves, setiap NIK hanya bisa membeli minyak goreng maksimal 10 kilogram per hari. Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan menjamin, masyarakat yang membeli sesuai prosedur diberikan harga eceran tertinggi (HET) yaitu RP14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram.

Pengecernya pun telah terdaftar resmi melalui program Simirah 2.0 dan lewat Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE) yaitu Warung Pangan dan Gurih.

"Setelah masa sosialisasi selesai, masyarakat harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan NIK, untuk bisa mendapatkan MGCR dengan harga eceran tertinggi (HET),” tutur Luhut.

Kehadiran MGCR sebagai respons atas sengkarutnya harga minyak goreng beberapa bulan lalu. Harga melambung tinggi akibat kelangkaan stok yang diselewengkan di pasaran. Dengan mengintegrasikan pada aplikasi PeduliLindungi, maka dapat menjadi alat pantau dan pengawasan di lapangan dalam memitigasi penyelewengan di berbagai tempat yang bisa menimbulkan kelangkaan.

Cara membeli MGCR melalui aplikasi PeduliLindungi atau lewat NIK (KTP) dapat diakses dengan mengunduh Booklet Panduan Membeli MGCR pada tautan ini.


Daftar distributor minyak goreng Surabaya



Minyak goreng curah rakyat memiliki pengecer yang tersebar di seluruh Indonesia. Di Surabaya, jumlah pengecer yang saat ini telah bergabung sebanyak 275 distributor. Lokasi mereka juga menyebar di berbagai penjuru kota.

Nama dan lokasi distributor MGCR dapat dicari dengan mudah melalui situs https://minyak-goreng.id. Informasi yang disajikan meliputi Nama Toko, Alamat, dan Penanggung Jawab. Pencarian khusus untuk Kota Surabaya, langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut:

1. Buka situs www.minyak-goreng.id
2. Pada kolom Provinsi, pilih Jawa Timur
3. Pada kolom Kabupaten/Kota, pilih Kota Surabaya
4. Klik tombol Cari Pasar
5. Daftar pengecer atau distributor segera tampil secara otomatis

Selain itu, pemerintah juga telah melengkapi informasi berbagai panduan lain mengenai jual-beli MGCR. Seluruh panduan dapat diakses melalui tautan https://linktr.ee/minyakita, yang juga disebarluaskan melalui postingan media sosial Minyakita.id


Baca juga artikel terkait MGCR atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight