Liga Spanyol

Daftar Bintang Real Madrid yang Dibeli Klub-Klub Premier League

Oleh: Beni Jo - 3 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Real Madrid mengantongi dana sekitar 300 juta euro hasil penjualan pemain mereka ke klub-klub Liga Inggris.
tirto.id - Real Madrid total mendapatkan uang dalam kisaran 300 juta ero dari penjualan pemain mereka ke klub-klub Liga Inggris era Premier League. Catatan ini dimulai dari dilepaskannya Robinho ke Manchester City pada 2008, hingga yang terbaru, Mateo Kovacic yang dipermanenkan oleh Chelsea pada Selasa (2/7/2019).

Melangsir laman Marca, tim asal ibukota Spanyol itu selama ini menjual beberapa pemain yang sudah bukan termasuk dalam kerangka kerja mereka dan dari situ Madrid mampu mendapatkan keuntungan secara finansial. Hasil dana tersebut pun juga diwujudkan dalam perekrutan pemain muda selama beberapa tahun terakhir.

Pendapatan yang terbaru bagi Madrid adalah Mateo Kovacic yang dipermanenkan oleh pihak Chelsea. Menjalani masa peminjaman selama satu musim, sang pemain pun dibeli oleh The Blues dengan harga yang menurut data Transfermarkt sekitar 40,5 juta poun.

"Saya sangat menikmati musim saya dengan status pinjaman bersama Chelsea. Saya merasa nyaman di klub dan sangat menyukai London dan Liga Inggris. Saya sangat senang bisa bergabung secara permanen," beber Kovacic dikutip laman resmi Chelsea.

Sebelum bergabungnya pemain asal Kroasia itu ke Inggris, ada beberapa eks pemain Madrid yang dijual dengan harga mahal menuju Premier League, mulai dari Robinho, Rafael van der Vaart, Danilo, Mesut
Ozil, Angel Di Maria, hingga Alvaro Morata.

Dari hasil penjualan Robinho ke Manchester City, pihak Madrid disebutkan mengantongi dana sekitar 42 juta euro pada 2008 silam. Sedangkan van der Vaart yang ditransfer ke Tottenham Hotspur dua tahun berselang, dihargai 10 juta euro.

Pada 2017, The Citizens kembali memberikan dana segar sebesar 30 juta euro kepada Madrid atas perekrutan Danilo ke klub yang bermarkas di Stadion Etihad itu.

Sementara Mesut Ozil yang memperkuat Arsenal pada 2013 dihargai sekitar 45 hingga 50 juta euro. Ini membuat sejarah penjualan terbesar oleh Real Madrid. Namun, rekor itu hanya bertahan selama semusim.

Angel Di Maria yang saat ini menjadi pemain PSG, sempat dibeli oleh Manchester United dengan harga 75 juta euro dari Los Merengues pada 2014. Berikutnya, masih ada lagi Alvaro Morata yang ditebus oleh Chelsea senilai 80 juta euro pada 2017.


No. Pemain Tim Pembeli Harga
1 Robinho Manchester City 42 juta euro
2 Rafael van der Vaart Tottenham 10 juta euro
3 Danilo Manchester City 30 juta euro
4 Mesut Ozil Arsenal 45 juta euro
5 Angel Di Maria Manchester United 75 juta euro
6 Alvaro Morata Chelsea 80 juta euro




Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight