Daftar Bansos yang Cair Januari 2022 dan Jumlah Penerima Manfaat

Penulis: Yantina Debora - 16 Des 2021 16:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Daftar bansos yang bakal disalurkan pada 2022 oleh Kemensos yaitu PKH, Kartu Sembako atau BPNT dan BST.
tirto.id - Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako, dan bansos khusus untuk kedaruratan, Bantuan Sosial Tunai (BST) bakal dilanjutkan pada 2022.

Namun BST hanya akan disalurkan jika terjadi keadaan darurat sebab masuk dalam Bansos Khusus. Jenis Bansos Khusus dirancang untuk kedaruratan, bukan untuk keperluan permanen.

Bansos PKH Kemensos 2022


Program bansos 2022, Kemensos bakal mengalokasikan anggaran sebesar Rp28,7 triliun untuk Bansos PKH dengan kelaurga penerima manfaat (PKM) sebanyak 10 juta.


Penyaluran Bansos PKH dilakukan setiap 3 bulan sekali dalam empta tahap yaitu Januari, April, Juli dan Oktober 2022. Penyaluran bansos melalui Bank HIMBARA yakni BNI, BRI, Mandiri dan BTN.

Program Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai


Program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai bakal kembali disalurkan pada 2022. Kali ini terdapat penambahan jumlah penerima bansos yaitu sebanyak 5,9 juta.

"Insya Allah sudah sepengetahuan Ibu Menkeu, sudah ditotal bahwa yang BPNT itu bukan hanya 18,8 juta KPM namun ada penambahan 5,9 juta KPM usulan daerah," kata Mensos Tri Rismaharini.

Sehingga total penerima Bansos Sembako pada 2022 mencapai 24,7 keluarga nilai bantuan Rp200 ribu per bulan.

Penyaluran dilakukan setiap bulan selama periode Januari – Desember melalui Bank HIMBARA (BNI, BRI, Mandiri dan BTN) dan agen yang ditunjuk. Indeks bantuan ditetapkan sebesar Rp200.000/bulan/KPM.

Infografik SC Daftar Bansos 2022
Infografik SC Daftar Bansos 2022. tirto.id/Sabit


BST Kemensos 2022


Bansos tunai Kemensos juga bakal disalurkan pada 2022 jika terjadi keadaan darurat. Jumlah bantuan sosial yang disalurkan disesuaikan dengan keputusan pemerintah.

“Masyarakat miskin dan rentan tetap akan kami bantu,” katanya. Mensos mempersilakan masyarakat melaporkan diri ke perangkat pemerintah daerah terkait, seperti dinas sosial, kelurahan/desa, atau RT/RW, bila merasa layak mendapatkan bantuan.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur “usul” dan “sanggah” pada situs cekbansos. Dengan dua fitur tersebut, masyarakat bisa mendaftarkan diri untuk dipertimbangkan kelayakannya menerima bansos.

Di sisi lain, untuk meningkatkan program bansos ini supaya tepat sasaran, Kementerian Sosial melakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara terus menerus dan sistematis.
Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah sebagai penerima bansos Kemensos 2022, silahkan akses https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Selain bansos Kemensos, pemerintah juga menyiapkan beberapa bantuan sosial lainnya seperti Prakerja hingga UMKM.


Baca juga artikel terkait BANSOS 2022 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight