Daftar Aplikasi untuk Membaca Manga di Smartphone Android

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 13 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Membaca manga dapat dilakukan di situs web tertentu di internet termasuk termasuk aplikasi di perangkat bergerak.
tirto.id - Manga, komik atau novel bergambar dari Jepang kini dapat dinikmati secara digital berkat kehadiran internet. Pertama kali muncul pada tahun 1947, manga biasanya hadir dalam bentuk cetak, baik itu komik tunggal maupun majalah berisi kumpulan komik berseri.

Manga semakin digemari oleh anak-anak hingga dewasa di Jepang dan seluruh dunia, hingga turut berevolusi bersama kecanggihan teknologi. Kini, manga tidak hanya dinikmati melalui bentuk cetak, namun bisa juga melalui internet di situs web tertentu termasuk aplikasi di perangkat bergerak.

Selain itu, manga kini bisa dibaca lewat aplikasi di smartphone. Berikut ini daftar aplikasi Android untuk membaca manga di ponsel seperti dilansir dari Android Authority.

Comixology

Comixology didedikasikan bagi para penggemar komik-komik DC dan Marvel, namun juga memiliki koleksi manga yang cukup banyak. Pilihan manga dan komik di aplikasi ini disajikan dalam kualitas gambar dengan resolusi cukup baik.

Menurut pantauan Tirto, Comixology perlu membuat akun atau masuk melalui akun Amazon. Untuk bisa membaca komik dari aplikasi ini, pengguna harus membayar atau jika sudah berlangganan layanan Comixology, maka pengguna dapat menikmati beberapa manga secara gratis.

Crunchyroll Manga

Bagi para pemburu anime ber-subtitle bahasa Inggris, Crunchyroll manga bisa jadi pilihan. Aplikasi ini memiliki koleksi lengkap mulai dari One Piece, Boruto The Next Generation, One Punch Man, dan manga-manga terkenal lainnya. Aplikasi ini mewajibkan pengguna untuk membuat akun dan membayar 6,95 dolar AS per bulan untuk dapat menikmati konten.

Selain mendapat akses manga, berlangganan aplikasi ini juga dapat menikmati anime yang ada di Crunchyroll yang berjumlah cukup besar dan beresolusi baik. Jadi, pelangganan Crunchyroll akan medapatkan 2 manfaat sekaligus, yaitu akses anime dan manga gratis dalam bahasa Inggris.

Webtoon

Aplikasi LINE Webtoon mungkin paling akrab di telinga masyarakat Indonesia. Tidak hanya menyajikan manga Jepang, namun juga komik karya anak bangsa dalam berbagai genre, mulai dari komedi, horor, romantis, hingga scientific fiction (sci-fi).

Mangatoon

Cukup terkenal di Indonesia dengan lebih dari 5 juta unduhan. Mangatoon memiliki tampilan interaktif dengan koleksi komik berlimpah tidak hanya dari Jepang, tapi juga dari Cina, Indonesia, Korea, dan Thailand. Selain dapat diatur dalam bahasa Indonesia, Mangatoon juga memiliki pengaturan bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

CIAYO Comics

Lewat aplikasi ini, tidak hanya membaca komik, pengguna juga dapat menyimak informasi atau update perkembangan manga dan komik terbaru dari dalam dan luar negeri.Selain itu, pengguna juga dapat mengikuti challenge atau tantangan yang diadakan CIAYO.

Tapas

Solusik menawarkan Tapas untuk pilihan aplikasi membaca manga, web comic, maupun web novel di Android. Aplikasi ini mengharuskan pengguna membeli koin virtual untuk dapat menikmati update dan perkembangan konten. Meski demikian, kualitas manga yang ditampilkan sebanding dengan harga yang dibayarkan.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Anggit Setiani Dayana
DarkLight