Daftar Aplikasi Penunjang Ibadah Puasa Ramadhan 2021

Oleh: Ibnu Azis - 13 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Yuk, tingkatkan ibadah puasa di bulan Ramadhan 2021 dengan bantuan aplikasi Android pilihan yang bisa diunduh gratis di Play Store.
tirto.id - Bulan Ramadhan 2021 telah tiba. Yuk, tingkatkan ibadah di bulan penuh berkah ini, dengan bantuan sejumlah aplikasi pilihan, mulai dari cek arah kiblat hingga belajar mengaji.

Di Play Store, pengguna Android dapat menemukan berbagai aplikasi penunjang ibadah puasa. Salah satu jenis aplikasi yang banyak dicari selama Ramadhan ialah aplikasi yang menyediakan jadwal salat.

Lain itu, jenis aplikasi yang menawarkan fitur pengingat waktu salat disertai suara azan juga tak kalah populer. Lalu, apa saja aplikasi-aplikasi penunjang ibadah puasa? Berikut ini empat di antaranya.

1. Belajar Mengaji

Belajar Mengaji adalah aplikasi pendidikan untuk anak usia 3-8 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar mengenal huruf hijaiyah A Ba Ta, belajar membaca huruf hijaiyah dengan harokatnya, dan belajar membaca huruf hijaiyah dengan harokat tanwin.

Aplikasi besutan Educa Studio ini mendukung dua bahasa (Indonesia dan Inggris), yang kontennya disajikan dengan gambar dan animasi yang menarik. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan narasi untuk membantu anak-anak yang belum lancar membaca.

Aplikasi Belajar Mengaji cukup populer di Play Store dengan jumlah instalasi lebih dari 1 juta kali. Aplikasi ini menerima rata-rata 4,5 bintang dari 34.504 penilai. Aplikasi Belajar Mengaji kompatibel dengan Android versi 4.2 atau versi yang lebih tinggi. Unduh di sini.

2. Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro sangat populer di Play Store. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali dan menerima rata-rata 4,1 bintang dari sekitar 1,6 juta penilai. Muslim Pro kompatibel dengan Android versi tertentu yang bervariasi berdasarkan perangkat. Unduh di sini.

Aplikasi Muslim Pro dibesut oleh Bitsmedia Pte Ltd. Dalam deskripsi di Play Store, aplikasi ini mengklaim diakui oleh lebih dari 80 juta Muslim di seluruh dunia, sebagai aplikasi pengingat waktu salat dan azan terakurat.

Lain itu, Muslim Pro juga menawarkan fitur Al-Qur'an bertulisan Arab lengkap dengan fonetik, terjemahan, dan resitasi audio. Hadir pula fitur penunjuk arah kiblat, kalender Hijriah, serta peta untuk menemukan lokasi Masjid dan rumah makan halal.

3. MyQuran

MyQuran merupakan aplikasi lokal karya The Wali Studio. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan menerima rata-rata 4,8 bintang oleh 389 ribu penilai. MyQuran kompatibel dengan Android versi 4.1 dan yang lebih tinggi. Unduh di sini.

MyQuran adalah aplikasi Al-Qur'an dan terjemahan digital bahasa Indonesia yang dilengkapi dengan audio mp3 murottal, 30 Juz, dan 114 surah dibaca offline. Aplikasi ini hadir dengan berbagai macam tema warna dan antarmuka pengguna menarik.

Mengenai fitur-fitur aplikasi MyQuran di antaranya terjemahan per kata (beta), tafsir Al Jalalyn, mode gelap atau terang, menyimpan surah terakhir, pencarian Al-Qur'an dan terjemahannya, kumpulan doa dalam Al-Qur'an offline, alarm terintegrasi dengan jadwal salat wajib lima waktu, kalender Hijriah, dan masih banyak lagi.

4. Belajar Shalat + Audio

Masih dari aplikasi untuk anak, Belajar Shalat + Audio adalah aplikasi pendidikan untuk anak usia 4-8 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar tata cara salat lima waktu.

Sama seperti aplikasi Belajar Mengaji, Belajar Shalat + Audio juga dibesut oleh Educa Studio. Aplikasi ini dilengkapi dengan narasi pendukung bagi anak-anak yang belum lancar membaca. Setiap materi dilengkapi dengan narasi, sehingga anak-anak bisa belajar hanya dengan mendengarkan suaranya saja.

Aplikasi Belajar Shalat + Audio sejauh ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Play Store dan menerima rata-rata 4,6 bintang dari 15.173 penilai. Aplikasi ini kompatibel dengan Android versi 4.1 dan yang lebih tinggi. Unduh di sini.

Perlu diketahui, aplikasi-aplikasi di atas dapat diunduh secara gratis di Play Store, tetapi menawarkan pembelian item di dalam aplikasi. Beberapa fiturnya mungkin terkunci, yang akan terbuka setelah pengguna membeli item tertentu.


Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight