Daftar Aplikasi Android Cek Gempa Terkini Hari Ini, Ada Info BMKG

Oleh: Ibnu Azis - 17 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Selain melalui BMKG, cek gempa terkini hari ini bisa dilakukan melalui aplikasi Android yang dapat di-download gratis di Google Play Store.
tirto.id - Indonesia kembali diguncang gempa pada hari ini, Selasa (17/11/2020). BMKG mengatakan gempa yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pukul 08.44.07 WIB itu tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Masyarakat diminta waspada dan siaga terhadap gempa lantaran gempa bumi bukanlah bencana yang dapat diprediksi. Selain melalui BMKG, cek gempa terkini bisa dilakukan melalui aplikasi Android.

Berikut daftar aplikasi Android untuk cek gempa terkini hari ini yang bisa di-download gratis melalui Google Play Store:

1. Info BMKG

Info BMKG adalah aplikasi resmi dari BMKG yang per hari ini sudah diinstal lebih dari 5 juta kali. Aplikasi ini menerima rating rata-rata 4,6/5 bintang dari 63 ribu pengguna Android.

Selain untuk cek gempa hari ini, Info BMKG juga memungkinkan pengguna untuk melihat informasi mengenai cuaca, iklim, dan kualitas udara di Indonesia. Aplikasi ini juga memberikan notifikasi mengenai siaran pers dari BMKG dan juga informasi terkini.

2. MAGMA Indonesia

MAGMA Indonesia adalah aplikasi besutan Tim Developer PNS di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 kali dan menerima rating rata-rata 3,7/5 bintang dari 1.934 pengguna Android.

MAGMA Indonesia menyediakan informasi mengenai gejala bencana geologi termasuk gunung api, gerakan tanah, gempa bumi, dan tsunami. Lain itu, aplikasi ini juga melayani masyarakat internasional tak hanya Indonesia.

3. WRS-BMKG

WRS-BMKG bertujuan untuk menyebarluaskan informasi gempa bumi M ≥ 5.0, tsunami, dan gempa bumi yang dirasakan yang terjadi khususnya di wilayah Indonesia.

Aplikasi WRS-BMKG ini disediakan untuk stakeholder BMKG seperti BNPB, BPBD, Pemerintah Daerah, media radio, media televisi, TNI, POLRI, Kementrian/Lembaga Negera lain dan pihak swata, agar mereka mendapatkan cara termudah untuk menerima informasi dari Sistem Peringatan Tsunami Indonesia (InaTEWS) BMKG Indonesia.

WRS-BMKG di Google Play Store menerima rating rata-rata 4,5/5 bintang dari 900 pengguna. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali.

4. Info Gempa Bumi Terkini dan Cuaca

Aplikasi ini membantu pengguna untuk memantau titik lokasi gempa bumi yang terjadi dan memberikan informasi cuaca terkini. Informasi gempa yang didapatkan berasal dari widget EMSC dan BMKG dan data cuaca bersumber dari Yahoo Weather.

Diunduh lebih dari 50 ribu kali, aplikasi Info Gempa Bumi Terkini dan Cuaca menerima rating rata-rata 3,9/5 bintang dari 567 pengguna Android.

5. Info Gempa Bumi Terkini

Info Gempa Bumi Terkini adalah aplikasi layanan masyarakat agar mereka dapat mengetahui informasi waktu, lokasi dan wilayah yang mengalami gempa bumi secara langsung.

Aplikasi ini dapat menjelaskan jarak lokasi gempa bumi dengan jarak lokasi pengguna. Aplikasi ini juga dilengkapi alarm peringatan tsunami dari BMKG langsung.

Aplikasi Info Gempa Bumi Terkini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali dan menerima rating rata-rata 4,5/5 bintang dari 3 ribu pengguna Android.


Baca juga artikel terkait GEMPA BUMI atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight