Daftar Aktivitas Gunung di Indonesia Selama Hari Ini 2 Desember

Oleh: Alexander Haryanto - 2 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Gunung Ile Ape atau Ili Lewotolok mengalami erupsi pada hari Rabu, 2 Desember 2020, pukul 17:07 WITA.
tirto.id - Telah terjadi erupsi di Gunung Ile Ape atau Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur pada hari Rabu, 2 Desember 2020, pukul 17:07 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 700 m di atas puncak (± 2123 m di atas permukaan laut).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui laman Magma Indonesia menginformasikan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 25 detik.

Atas hal itu, masyarakat di sekitar Gunung Ili Lewotolok, baik itu pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak beraktivitas dalam zona perkiraan bahaya di dalam area kawah G. Ili Lewotolok dan di seluruh area dalam radius 4 km dari puncak/pusat aktivitas G. Ili Lewotolok.

Selain itu, erupsi juga terjadi di Gunung Sinabung pada hari ini pukul 07:55 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 2960 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 32 mm dan durasi 154 detik.

Berikut adalah aktivitas gunung di seluruh Indonesia pada hari ini seperti dilansir laman magma.esdm.go.id:


Periode 12:00-18:00 WITA

Ili Lewotolok Level III (Siaga)

Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati asap kawah utama berwarna kelabu dengan intensitas tebal tinggi sekitar 500-700 meter dari puncak. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah timur dan barat.

Karangetang Level III (Siaga)

Gunung api tertutup Kabut 0-I hingga tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca mendung hingga hujan, angin sedang hingga kencang ke arah timur laut dan timur.


Periode 06:00-12.00 WITA

Semeru Level II (Waspada)

Gunung api tertutup Kabut 0-II. Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga berawan, angin lemah ke arah utara, timur laut, selatan dan barat daya.

Merapi Level III (Siaga)

Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 50 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga mendung, angin lemah ke arah timur dan tenggara.

Sinabung Level III (Siaga)

Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-I. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 100-400 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga berawan, angin lemah hingga sedang ke arah timur dan tenggara.

Ili Lewotolok Level III (Siaga)

Gunung api tertutup Kabut 0-I hingga tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah barat.

Karangetang Level III (Siaga)

Gunung api tertutup Kabut 0-I hingga tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan hingga mendung, angin lemah ke arah timur.



Baca juga artikel terkait STATUS GUNUNG SEMERU atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight