BWF World Tour 2019

Daftar 7 Wakil Indonesia di Badminton BWF World Tour Finals 2019

Oleh: Oryza Aditama - 8 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Marcus/Kevin dan Hendra/Ahsan (ganda putra) masuk dalam daftar wakil Indonesia di turnamen badminton BWF World Tour Finals 2019.
tirto.id - Kontingen Indonesia memiliki 7 wakil yang berhak tampil di ajang badminton BWF World Tour Finals 2019. Kejuaraan pemungkas seri World Tour 2019 tersebut akan dihelat sejak Rabu (11/12) sampai Minggu (15/12) di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, Cina.

Kejuaraan berhadiah total mencapai 1.500.000 dolar AS ini hanya diikuti oleh 8 peserta terbaik di setiap kategori (nomor). Peserta diambil dari posisi 8 besar peringkat BWF kategori Race to Guangzhou, dengan catatan tiap negara hanya berhak diperkuat oleh maksimal 2 wakil per kategori. Peraih gelar juara dunia memperoleh wildcard alias berhak lolos otomatis ke ajang ini.

Dari sektor tunggal putra, Indonesia meloloskan dua wakil terbaiknya, yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Dari segi peringkat, Jonatan menduduki posisi 3, sementara Ginting ada di nomor 6. Tahun ini juga tercatat sebagai penampilan perdana Jonatan di ajang World Tour Finals.

“Rasanya cukup antusias. Apalagi hasil di turnamen ini masuk kedalam perhitungan Olimpiade 2020, jadi tentu saja saya akan berusaha semaksimal mungkin mendapatkan hasil terbaik di turnamen ini. Ada sedikit perasaan tegang karena ini kan World Tour Final, semua pemain terbaik dunia ada di sini,” ujar Jonatan, dikutip dari laman PBSI, Minggu (8/12).

Di sektor ganda putra terdapat pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menduduki peringkat 1. Ada pula ganda senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang menempati posisi 2, sekaligus penyandang gelar juara dunia 2019.

Sebenarnya Indonesia masih memiliki satu lagi ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menduduki ranking 6, alias masuk dalam peringkat 8 besar. Namun mereka terbentur regulasi jumlah maksimal tiap negara. Oleh karenanya pasangan peringkat 9 asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, masuk untuk mengisi slot tersebut.



Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi satu-satunya harapan Indonesia di nomor ganda putri. Pasangan peraih gelar India Open 2019 ini duduk di peringkat 6 kategori Race to Guangzhou.

Dari nomor ganda campuran, Indonesia memiliki 2 wakil yakni pasangan peringkat 3 Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan duet nomor 7 Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Sementara itu skuad Merah Putih tak mampu meloloskan satu pun wakil di nomor tunggal putri. Posisi terbaik tunggal putri Indonesia dipegang oleh Fitriani yang menduduki peringkat 17.

Dalam gelaran BWF World Tour Finals edisi 2018 lalu, Indonesia gagal menyabet satu pun gelar juara. Bahkan ketika itu kontingen Merah Putih tidak ada yang sanggup lolos dari babak penyisihan grup.



Berikut daftar wakil Indonesia di ajang BWF World Tour Finals 2019 termasuk ranking BWF kategori Race to Guangzhou yang mereka miliki.

Tunggal Putra

Jonatan Christie (ranking-3)
Anthony Sinisuka Ginting (ranking 6)

Ganda Putra

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ranking 1)
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ranking 2)

Ganda Putri

Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ranking 6)

Ganda Campuran

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ranking 3)
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (ranking 7)

Baca juga artikel terkait JADWAL BWF WORLD TOUR FINALS 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight