Daftar 7 Menteri Jokowi yang Jadi Caleg di Pileg 2019

Oleh: Alexander Haryanto - 19 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
JK mengatakan tidak perlu dilakukan perombakan kabinet untuk mengisi kekosongan jabatan menteri selama cuti kampanye.
tirto.id - Sejumlah menteri di Kabinet Kerja dikabarkan akan maju sebagai anggota DPR di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2018. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, menteri-menteri yang mencalonkan diri itu dapat mengganggu kinerja kabinet karena harus cuti untuk mengikuti kampanye.

"Ya tentu waktunya, karena masa kampanye, pasti mengganggu waktu bekerja. Pasti itu, karena menurut KPU (Komisi Pemilihan Umum) cukup cuti saja," kata Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (17/7/2018), seperti dikutip Antara.

Dengan adanya menteri yang ijin cuti kampanye Pileg 2019, Wapres JK mengatakan kinerja kementerian tetap dapat dijalankan melalui sekretaris jenderal dan direktur jenderal di lingkungan kementerian tersebut.

Wapres JK pun mengatakan tidak perlu dilakukan perombakan kabinet atau reshuffle untuk mengisi kekosongan jabatan menteri selama cuti kampanye.

"Tanggung (kalau) mau reshuffle, tinggal setahun (periode), tanggung," kata Jusuf Kalla.

Berikut Daftar Menteri Jokowi yang Jadi Caleg:


1. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (PKB)

Hanif Dhakiri adalah politikus PKB yang maju dari daerah pemilihan (dapil) Depok. Hanif juga pernah menjadi anggota DPR pada pemilihan legislatif 2009 dan 2014.

2. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (PKB)

Imam Nahrawi adalah politikus PKB yang sudah menjadi anggota DPR sejak tahun 2004. Ia mengundurkan pada 2014 untuk menjadi Menteri di Kabinet Kerja. Kini, ia akan kembali maju Pileg 2019 melalui dapil Jakarta Timur.

3. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo (PKB)

Eko Putro Sandjojo adalah politikus PKB yang maju di Pileg 2019 melalui daerah pemilihan Bengkulu. Eko baru pertama kali mengikuti pemilu dan belum pernah menjadi anggota DPR.

4. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (PPP)

Lukman hakim adalah politikus PPP dari daerah pemilihan Jawa Barat VI. Lukman pernah menjadi anggota DPR sejak 1997. Selain itu, ia juga pernah menjadi Wakil Ketua MPR.

5. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (PAN)

Asman Abnur adalah politikus PAN yang ikut maju dalam pemilihan legislatif 2019 dapil Kepulauan Riau. Asman sebelumnya juga pernah lolos dalam pemilihan legislatif pada tahun 2004, 2009 dan 2014.

6. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani (PDIP)

Puan Maharani adalah anak dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dalam pemilihan kali ini, Puan maju melalui daerah pemilihan Jawa Tengah V. Puan juga sudah dua kali lolos dalam pemilihan legislatif, yakni pada 2009 dan 2014.

7. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (PDIP)

Yasonna Laoly adalah politikus PDIP, ia maju melalui daerah permilihan Sumatera Utara (Sumut) II. Ia juga pernah menjadi anggota DPR pada tahun 2004 dan 2009.




Baca juga artikel terkait PILEG 2019 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight