Daftar 6 Aplikasi untuk Bantu Cepat Tidur dan Pola Hidup Sehat

Oleh: Mochammad Ade Pamungkas - 8 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Sejumlah aplikasi di android maupun iOS bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tidur sekaligus menjaga pola tidur agar menunjang kesehatan.
tirto.id - Pola tidur teratur merupakan faktor penting yang menunjang kualitas kesehatan, baik fisik maupun mental. Tidur secara teratur dengan waktu yang cukup juga bisa meningkatkan produktivitas.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh dari pola tidur yang baik. Dikutip dari laman dreams.co.uk, di antara manfaat pola tidur yang teratur ialah mengurangi stres, membuat normal tekanan darah, meningkatkan kemampuan ingatan dan mood, bahkan membuat otak lebih produktif.

Sebaliknya, pola tidur yang tidak teratur bisa mengakibatkan dampak buruk, dalam jangka pendek maupun panjang, demikian dikutip dari publikasi akademis dengan judul Short- and long-term health consequences of sleep disruption, yang diterbitkan jurnal Nat Sci Sleep pada 2017.

Dampak jangka pendek dari pola tidur buruk, termasuk peningkatan stres, nyeri somatik, masalah mood yang mudah terganggu, mengurangi kualitas hidup, hingga menurunnya daya kognitif dan ingatan.

Sementara dampak jangka panjang dari pola tidur yang buruk bagi kesehatan meliputi hipertensi, dislipidemia, penyakit kardiovaskular, peningkatan berat badan, diabetes, dan bahkan kanker usus besar.

Oleh karena itu, meningkatkan kualitas tidur dan menjaga polanya secara teratur sangat penting, demi menjaga kesehatan fisik maupun mental. Saat ini, mereka yang mengalami masalah dengan tidur juga bisa memanfaatkan bantuan sejumlah aplikasi di android maupun iOS.

Berikut ini daftar aplikasi yang menyediakan fitur untuk membantu mengatasi masalah tidur, serta menjaga pola tidur agar menunjang kesehatan tubuh, sebagaimana direkomendasikan Healthline.

1. Sleep Cycle

Peranti : Android, iOS
Rating: 4.4 bintang (playstore), 4.7 bintang (Appstore)

Aplikasi Sleep Cycle dapat memonitor pola tidur sekaligus menyajikan detail statistik grafik tidur harian. Dengan begitu, pengguna aplikasi ini bisa mengetahui bagaimana kualitas tidurnya dan hal yang membuat pola istirahat bermasalah. Aplikasi Sleep Cycle juga memiliki fitur intelligent alarm clock yang didesain untuk membangunkan pengguna dengan ramah.

2. Nature Sounds Relax and Sleep

Peranti: Android
Rating : 4.5 bintang (playstore)

Aplikasi Nature Sounds Relax and Sleep menyediakan beberapa musik dan suara alam yang dapat membantu penggunanya lebih relaks sehingga lebih mudah tidur dengan nyenyak. Beberapa suara alam yang disajikan mulai dari ombak lautan, hujan, air terjun, kicauan burung, musik lullaby dan masih banyak lagi.

3. Sleeps as Android

Peranti: Android
Rating : 4.5 bintang (playstore)

Aplikasi Sleeps as Android bisa dipakai untuk melacak siklus tidur dan mengukur durasinya. Para pengguna aplikasi ini juga bisa mengukur persentase kualitas tidurnya untuk membantu pola tidur menjadi lebih baik. Aplikasi ini dapat kompatibel dengan beberapa alat seperti Pebble, Wear OS, Galaxy Gear, Garmin, dan Mi Band.

4. Relax Melodies: Sleep, Calm & Meditate

Peranti: Android, iOS
Rating: bintang 4.6 (android), 4.8 (appstore)

Selain memiliki koleksi musik dan suara alam yang dapat membantu tidur lebih nyenyak, aplikasi ini juga menyediakan pedoman meditasi dan teknik pernapasan sebelum tidur. Panduan gerakan untuk membantu pengguna lebih cepat terlelap dan dongeng sebelum tidur juga disediakan dalam aplikasi ini. Beberapa panduan di aplikasi Relax Melodies diklaim sesuai dengan saran para pakar atau praktisi masalah tidur.

5. Slumber: Fall Asleep, Insomnia

Peranti: iOS
Rating : Bintang 4.7 (appstore)

Aplikasi Slumber menyediakan banyak koleksi dongeng sebelum tidur dan pedoman meditasi yang dirancang untuk membantu pengguna mengatasi insomnia. Selain itu, suara alam dan efek latar untuk menciptakan suasana tidur yang lebih baik juga disediakan oleh aplikasi Slumber.

6. White Noise Lite

Peranti: Android, iOS
Rating: bintang 4.7 (playstore), 4.8 (appstore).

Aplikasi White Noise Lite memiliki 12 fitur yang dapat diakses secara gratis. Pengguna aplikasi ini dapat menciptakan soundscape dengan menggabungkan beberapa suara alam. Pengguna juga bisa mengunduh lebih dari 40 suara pengantar tidur secara gratis. Jika bosan dengan koleksi yang ada, pengguna bisa memakai aplikasi ini untuk merekam suara lain, memutar dan membagikannya.


Baca juga artikel terkait TIDUR atau tulisan menarik lainnya Mochammad Ade Pamungkas
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Mochammad Ade Pamungkas
Penulis: Mochammad Ade Pamungkas
Editor: Addi M Idhom
DarkLight