Daftar 5 Tempat Wisata di Yogya: dari Keraton hingga Merapi Park

Oleh: Balqis Fallahnda - 5 Juli 2019
Dibaca Normal 2 menit
Beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang menarik dan wajib dikunjungi, mulai dari
Candi Prambanan hingga Merapi Park Yogyakarta.
tirto.id - Berlibur bersama keluarga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melepaskan penat dari segudang aktivitas. Liburan menarik tidak harus mahal dan dilakukan di luar negeri.

Berpelesir ke luar kota merupakan pilihan bijak. Apalagi, Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang tersebar di seluruh kota dan tidak kalah menarik dibandingkan luar negeri.

Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan pariwisatanya. Turis domestik maupun mancanegara setiap tahun berbondong-bondong mengunjungi kota yang terkenal dengan jargon “Jogja Istimewa” ini.

Berlibur ke Yogya tentu akan lebih menyenangkan bila sudah mempersiapkan daftar tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi. Terlebih untuk wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Yogya.

Untuk para wisatawan yang akan berkunjung ke Yogya, Tirto menghimpun lima tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di Yogyakarta serta harga tiket masuk wisata, berikut daftarnya.

Candi Prambanan

Peninggalan bersejarah ini telah dikukuhkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO. Prambanan juga merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia.

Wisatawan akan disuguhi relief-relief kuno, serta stupa-stupa yang menggambarkan kejayaan Kerajaan Mataram Kuno.

Bagi wisatawan yang senang berfoto, Prambanan menjadi pilihan yang tepat karena banyak spot foto menarik.

Situs ini berlokasi di Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571.

Harga tiket masuk Candi Prambanan dikutip dari laman resminya Borobudurpark, dibedakan menjadi dua kategori, yakni untuk wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara. Berikut rinciannya:

Wisatawan domestik:

Usia 10 tahun keatas: Rp40.000/orang
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp20.000/orang

Wisatawan mancanegara:
Usia 10 tahun keatas: USD 25/orang
Usia 3 s/d 10 tahun: USD 15/orang

Candi Ratu Boko

Situs Ratu Boko sebenarnya bukan sebuah candi, melainkan reruntuhan sebuah kerajaan. Oleh karena itu, Candi Ratu Boko sering disebut juga Kraton Ratu Boko. Candi ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan.

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Ratu Boko, karena wisatawan akan disuguhi sunset yang indah dengan latar tempat ala kerajaan jaman dahulu.

Situs ini berlokasi di Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga tiket masuk Candi Ratu Boko dikutip dari laman resminya, dibedakan menjadi dua kategori, yakni untuk wisatawan dalam negeri dan wisatawan mancanegara. Berikut rinciannya:

Wisatawan domestik:
Usia 10 tahun keatas: Rp 40.000/orang
Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 20.000/orang

Wisatawan mancanegara:
Usia 10 tahun keatas: USD 25/orang
Usia 3 s/d 10 tahun: USD 15/orang

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat (Keraton Jogja)

Istimewanya Yogya salah satunya adalah karena kota ini memiliki sistem pemerintahan berupa kerajaan yang dipimpin langsung oleh Sultan.

Maka, tak lengkap rasanya berlibur ke Yogya jika tidak mengunjungi tempat tinggal Sultan dan melihat peninggalan bersejarah dari raja-raja masa lampau.

Keraton Yogya berlokasi di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keraton Yogya dibuka pada hari Sabtu – Kamis pukul 08.00 – 14.00 WIB dan hari Jum’at pukul 08.00 – 12.00.

Harga tiket masuk Keraton Yogya sangat terjangakau, yaitu untuk wisatawan domestik hanya dikenakan biaya Rp7.000,-/orang dan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp15.000,-/orang.

The World Landmarks - Merapi Park Yogyakarta

The World Landmarks - Merapi Park Yogyakarta wajib dikunjungi bagi wisatawan yang ingin mendapatkan spot foto yang menarik dan merasakan keliling dunia dalam waktu singkat.

Wisatawan akan disuguhi berbagai landmarks terkenal dari berbagai Negara di Dunia. The World Landmarks - Merapi Park Yogyakarta memiliki lahan yang cukup luas, cocok bagi wisatawan yang membawa serta keluarga.

The World Landmarks - Merapi Park Yogyakarta berlokasi di Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

Dikutip dari website resminya, Merapipark harga tiket masuk The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta adalah Rp20.000,-/orang

Gembira Loka Zoo

Kebun binantang tidak pernah salah menjadi tempat wisata keluarga. Mengunjungi Gembira Loka Zoo bersama keluarga dan orang terdekat salah satu hal yang wajib dicoba oleh wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Kebun binatang dengan luas lahan sekitar 20 hektar ini memiliki beragam satwa didalamnya. Ada pertunjukkan satwa dan museum satwa, serta wisatawan juga dapat naik perahu boat di danau buatan Mayang Tirta.

Gembira Loka Zoo berlokasi di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171.

Dilansir dari website resminya Gembiraloka, harga tiket masuk Gembira Loka Zoo adalah Rp35.000,-/orang.


Baca juga artikel terkait PARIWISATA atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Kontributor: Balqis Fallahnda
DarkLight