Daftar 5 Rekomendasi Variety Show Korea Bertema Travelling

Oleh: Syarifah Aini - 8 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Lima daftar variety show Korea Selatan bertemakan travelling yang cocok untuk jadi rekomendasi untuk ditonton.
tirto.id - Selain terkenal dengan drama dan industri K-POP, Korea Selatan juga cukup populer dengan berbagai macam program variety show.

Salah satu variety show yang cukup populer adalah Running Man. Melalui variety show, penggemar berkesempatan melihat sisi lain idolanya: mulai dari hal-hal remeh yang si idola lakukan dalam keseharian hingga "kepribadian mereka yang sebenarnya."

Kali ini Tirto telah merangkum 5 daftar variety show bertema trevelling yang layak ditonton.

1. New Journey To The West

Program variety show bertema trevelling pertama yang layak ditonton adalah New Journey To The West.

Program ini pertama kali dirilis oleh tVN pada tahun 2015 dengan 4 pemain utama yaitu Lee Seung Gi, Kang Ho Dong, Eun Ji Won dan Lee Soo Geun.

Pada perjalanannya terdapat pergantian dan pertambahan pemain mulai dari Ahn Jae Hyun, Mino “WINNER”, Kyuhyun “Super Junior”, hingga P.O “Block B”.

Dalam program acara ini, para pemain menjalani trevelling ke beberapa negara di dunia mulai dari Cina, Vietnam, hingga Hokkaido untuk melakukan berbagai macam misi permainan yang telah dirancang oleh tim produksi.

Dalam menjalani permainan tersebut, para member harus menjadi salah satu karakter yang ditawarkan oleh tim kreatif.

Jika mereka berhasil menyelesaikan misi permainan, maka mereka akan mendapat hadiah dari tim produksi. Hingga saat ini, program varietas ini telah tayang hingga season 6.


2. Law of The Jungle

Law of The Jungle merupakan program besutan SBS yang tayang pertama kali pada tahun 2011. Program ini pertama kali digagas oleh komedian Kim Byung Man dengan format film dokumenter.

Dalam program ini beberapa artis akan diundang untuk melakukan trevelling di suatu negara mulai dari Filipina, Vanuatu, Fiji, Thailand, hingga Indonesia.

Pada perjalanannya, para artis yang diundang akan melakukan kemah di suatu hutan di sebuah negara.

Mereka juga akan melakukan kegiatan alam mulai dari berburu, menyiapkan makanan, mendaki, hingga membuat tenda.

Dalam program ini sudah terdapat sederet artis dan idol Korea ternama yang pernah berpartisipasi menjadi bintang tamu diantaranya Yeri “Red Velvet”, B.I eks “iKON”, Tony Ahn, Eric, hingga Ong Seung Woo eks “Wanna ONe”.

3. Youth Over Flower

Hampir sama seperti Law of The Jungle, Youth Over Flower, merupakan program trevelling yang dilakukan sekelompok artis atau idol muda di beberapa negara mulai dari Peru, Laos, Iceland, hingga Australia.

Bedanya, dalam program ini, bintang tamu tidak akan diberi tahu kapan perjalanan penuh tantangan ini akan dijalankan.

Jika jadwal syuting sudah digagas oleh tim produksi, maka tim produksi akan bersekongkol dengan manajer bintang tamu untuk menyusun strategi penculikan.

Dalam program ini, bintang tamu tidak akan diizinkan untuk membawa peralatan ataupun perlengkapan dari rumah.

Mereka hanya diberi handphone dan paspor serta data diri untuk melakukan perjalanan.

Selebihnya, mereka diberi misi untuk melakukan trevelling khas anak muda di suatu negara dengan uang saku yang telah ditetapkan.

Dimulai sejak tahun 2014, program besutan tVN ini telah mengundang sederet artis dan idol mulai dari Park Bo Gum, Ryu Jun Yeol, para pemeran utama drama Reply 1988, hingga boy group ternama asal YG yaitu WINNER.


4. 2D1N

Hampir sama dengan New Journey To The West, 2D1N merupakan program varietas dengan format penyelesaian misi permainan di suatu tempat yang mereka kunjungi.

Jika New Journey To The West melakukan misi di negara lain, maka 2D1N menyelesaikan misinya di berbagai kota di Korea.

Program besutan KBS yang mulai rilis pada tahun 2007 ini pertama kali dibintangi oleh artis yang kini menjadi pemain di New Journey To The West yaitu Kang Ho-dong, Lee Soo-geun, Kim Jong-min, dan Eun Jiwon.

Namun dalam perjalannya, member dari program ini terus berganti dan bertambah. Dari keempat member awal yang ada, yang masih bertahan hingga saat ini ialah Kim Jong Min.

Sementara saat ini, member dari 2D1N selain Kim Jong Min adalah Defconn, dan Yoon Si Yoon.


5. Battle Trip

Program varietas trevelling Battle Trip merupakan program besutan KBS yang tayang pertama kali pada tahun 2016.

Program ini dipandu langsung oleh Lee Hwi-jae, Kim Sook, Sung Si-kyung, San E (kini telah keluar), serta bintang tamu spesial dari kalangan artis.

Dalam program ini, para pemandu acara akan dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok akan melakukan travelling di lokasi berbeda dengan menjalankan misi yang sama.

Pada bagian akhir acara, kedua tim ini akan diadu dan dibandingkan untuk menemukan kelompok mana yang memiliki informasi, tips, dan perjalanan trevelling yang lebih mengasyikkan.

Pemenang dari program ini akan diketahui dari hasil voting 100 penonton yang hadir dalam acara. Selama acara ini berlangsung, Battle trip telah melakukan perjalanan di beberapa kota di berbagai negara diantaranya Jeju, Korea, Vietnam, Austria, hingga Bandung, Indonesia.

Selengkapnya mengenai 5 program varietas bertema trevelling yang layak ditonton tersebut dapat disaksikan melaui aplikasi Viu.

Drama yang disediakan VIU bisa ditonton secara online atau diunduh terlebih dahulu dan kemudian ditonton secara offline.

Pengguna VIU tidak perlu registrasi untuk menonton drama secara gratis dalam situs ini, pengguna hanya perlu memiliki koneksi internet.

Namun, pengguna harus melakukan registrasi jika ingin menikmati video yang dilabeli sebagai premium.


Baca juga artikel terkait DAFTAR VARIETY SHOW KOREA SELATAN atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight