Daftar 5 Aplikasi di Ponsel untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan

Oleh: Ahmad Efendi - 8 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengatasi gangguan kecemasan, dari Pasifica hingga Talk Space.
tirto.id - Kecemasan merupakan suatu gejala yang digunakan untuk menggambarkan kondisi seseorang mengalami gangguan secara psikologis. Rasa cemas bisa dialami oleh siapa saja, jika seseorang sedang tidak stabil secara emosi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kecemasan. Salah satunya disebabkan oleh gagalnya saraf-saraf otak untuk mengontrol emosi dan rasa takut, yang kemudian dapat mengubah alur komunikasi sel-sel saraf dalam sirkuit otak.

Sebenarnya, setiap orang yang mengalami kecemasan harus bisa mengendalikan diri untuk dapat kembali stabil. Apabila rasa cemas terus meningkat dan menjadi berlebihan, dampaknya dapat mengganggu kesehatan, baik fisik maupun mental.

Melansir Medical News Today, seseorang dengan kecemasan yang berlebihan akan mengalami beberapa gejala, seperti merasa gugup, takut, tegang, panik, detak jantung yang cepat, hiperventilasi, gemetar, lemah, lesu, pusing, mual, susah berkonsentrasi, hingga kesulitan tidur atau insomnia

Selain itu, seperti dilansir Healthline, kecemasan juga dikategorikan menjadi beberapa bagian, seperti kecemasan umum, gangguan kecemasan sosial, gangguan stres paska-trauma, fobia, obsesif-kompulsif, serta kecemasan karena panik.

Beberapa terapis pun merekomendasikan beberapa metode untuk mengatasi kecemasan. Antara lain dengan melakukan konseling, meditasi, hingga melatih diri dengan teknik Thoughts Stopping.

Namun, kini telah hadir aplikasi seluler yang dapat membantu Anda meredakan kecemasan yang dialami. Layanan ini dapat diunduh di App Store maupun Playstore.

Berikut ini lima aplikasi seluler yang dapat membantu atasi kecemasan atau anxiety. Sebagaimana telah disusun dari The Cut.

1. Pasifica

Diberi peringkat oleh Apple sebagai salah satu aplikasi kesehatan mental terbaik tahun 2017, Pacifica sangat mudah digunakan dan dirancang secara baik dengan fitur antarmuka yang menenangkan.

Aplikasi ini menyediakan ruang bagi Anda untuk melacak suasana hati, kesehatan, dan kebiasaan Anda, serta menawarkan teknik relaksasi dan latihan kesadaran yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda.

Aplikasi ini juga menawarkan latihan audio yang dikuratori, untuk digunakan jika Anda mengalami serangan panik, dihadapkan dengan momen yang menegangkan, atau bahkan ketika dihadapkan pada situasi yang tak diinginkan.

Biaya: Akses gratis ke beberapa fitur. Pacifica Full Access mulai dari 3,99 dolar AS, dan biaya berlangganan seumur hidup 199,99 dolar AS.

2. Happify

Happify mengklaim bahwa permainannya dapat membantu meningkatkan kebahagiaan Anda dan mengurangi stres sembari mengajarkan kebiasaan yang mengubah pola hidup.

Saat Anda memasuki aplikasi ini, ia akan memberi pertanyaan yang akan membantu menentukan "jalur" mana yang harus Anda ikuti, dengan opsi seperti menaklukkan pikiran negatif atau mengatasi stres.

Berdasarkan jawaban Anda, aplikasi kemudian memberi Anda kuis dan kegiatan harian yang berfokus untuk membantu Anda maju menuju tujuan yang telah Anda tentukan.

Biaya: Gratis (Happify Plus mulai dari 11,67 dolar AS per bulan sebagai pembelian dalam aplikasi)

3. Headspace

Apa pun alasan Anda untuk tidak bermeditasi seperti kekurangan waktu, tidak tahu caranya, perlu panduan, Headspace menawarkan solusi.

Aplikasi ini mencakup "momen penuh perhatian" untuk membuat Anda selalu hadir sepanjang hari, serta latihan meditasi mini untuk pengaturan mental yang cepat.

Kursus dasar, yang gratis, menawarkan instruksi tingkat pemula untuk membantu Anda berpikir lebih hati-hati tentang segala sesuatu mulai dari makan hingga tidur hingga interaksi sosial.

Biaya: Gratis untuk pemula. Latihan tambahan melalui paket berlangganan mulai dari 12,99 dolar, dan biaya berlangganan seumur hidup 399,99 dolar AS.

4. Talk Life

TalkLife, yang menyebut dirinya "tempat untuk berbicara dengan orang-orang yang menggugahmu," dikembangkan sebagai ruang obrolan bebas penilaian bagi orang-orang yang berjuang dari depresi, kecemasan, stres, gangguan makan, penindasan, atau pikiran untuk bunuh diri.

Percakapan dipantau dengan cermat dan pengguna didorong untuk mengajukan pertanyaan, mencatat perjuangan mereka, dan menawarkan kiat secara anonim atau dengan nama.

Biaya: Gratis (Pembelian dalam aplikasi mulai dari 0,99 dolar AS)

5. Talk Space

Talk Space mencocokkan pengguna dengan terapis berlisensi di area mereka, yang hampir secara instan.

Cukup unduh aplikasi, isi kuesioner yang cocok, pilih terapis, dan pilih paket pembayaran mingguan. Setelah itu, Anda dapat mengirim pesan, obrolan video, atau menelepon terapis Anda segera.

Biaya: Paket berkisar dari 49,00 dolar AS hingga 79,00 dolar AS per minggu.



Baca juga artikel terkait APLIKASI UNTUKATASI KECEMASAN atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight