Daftar 48 Nama yang Lolos Seleksi KPU dan Bawaslu Tahap II

Oleh: Alfian Putra Abdi - 3 Desember 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ke-48 bakal calon yang lulus tes KPU dan Bawaslu terdiri atas 28 kandidat Komisioner KPU dan 20 kandidat Komisioner Bawaslu.
tirto.id - Sebanyak 48 orang kandidat lulus seleksi tahap II bakal calon anggota Komisi
Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Beberapa nama komisioner KPU dan Bawaslu nasional pun tercatat lolos dalam daftar seleksi tahap II.

Ketua Tim Seleksi Juri Ardiantoro menerangkan, ke-48 bakal calon yang dinyatakan lulus seleksi tahap II berhak mengikuti tes seleksi berikutnya, yakni tes psikologi lanjutan, kesehatan, dan wawancara.

“Semuanya (pelaksanaan tesnya) bertempat di Jakarta,” ujar Juri saat konferensi pers di Kantor Pusat Kemendagri, Jumat (3/12/2021).


Sebagai catatan, ke-48 bakal calon yang lulus tes KPU dan Bawaslu terdiri atas 28 kandidat Komisioner KPU dan 20 kandidat Komisioner Bawaslu.

Pada seleksi tahap kedua, para kandidat melewati sejumlah tes seperti tes tertulis, penulisan makalah, dan psikologi dasar yang berhak diikuti 630 peserta yang sebelumnya dinyatakan lulus tahap administrasi. Hasil seleksi lantas diplenokan oleh tim seleksi sehingga menjadi 48 orang yang terpilih.

Dari 28 orang bakal calon anggota KPU itu, 18 di antaranya laki-laki dan 10 lainnya atau sebanyak 35,7 persen merupakan perempuan. Sementara untuk 20 orang bakal calon anggota Bawaslu itu terdiri dari 14 laki-laki dan 6 orang atau 30 persen lainnya merupakan perempuan.

Wakil Ketua Tim Seleksi Chandra M. Hamzah menambahkan, panitia akan memulai seleksi lanjutan dengan memilih 14 dari 28 kandidat Komisioner KPU yang lolos tahap 2 serta 10 dari 20 komisioner Bawaslu yang lolos tahap dua.

Ke-24 nama yang dipilih akan langsung diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk menjalani tahap lanjutan pemilihan Komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027.

Di saat yang sama, Juri mengatakan, tim seleksi memulai untuk melakukan seleksi lanjutan dengan melibatkan pihak ketiga. Ia mengatakan, tim seleksi telah meminta bantuan ke sejumlah lembaga negara yang berwenang memberikan data dan informasi profil bakal calon seperti Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan beberapa lembaga negara lainnya.

Upaya ini dilakukan agar calon anggota KPU dan Bawaslu yang dipilih Tim Seleksi memiliki kompetensi, integritas, dan rekam jejak yang baik.

Juri pun berharap masyarakat ikut terlibat dan membantu proses seleksi dengan memberikan masukan tentang rekam jejak ke-48 kandidat yang lulus seleksi.

Masukan tersebut akan menjadi referensi tim seleksi untuk menyaring kandidat terbaik komisioner KPU dan Bawaslu masa depan. Publik dapat memberikan masukan lewat situs seleksikpubawaslu.kemendagri.go.id.

“Silakan sampaikan kepada kami tim seleksi dengan informasi data yang sebenar benarnya, data dan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan,” ujar mantan Komisioner KPU ini.

Berikut daftar 48 nama yang lolos seleksi KPU-Bawaslu tahap 2:

KPU

1. Abhan
2. August Mellaz
3. Badrul Munir
4. Betty Epsilon Idroos
5. Choirul Anam
6. Dahliah
7. Diana Fawzia
8. Hasyim
9. Hasyim Asy'ari
10. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
11. Idham Holik
12. Iffa Rosita
13. Ilham Saputra
14. Irfan Zen
15. Iwan Rompo Banne
16. M. Fajar Subhi A.k Arif
17. Mimah Susanti
18. Misna M Hattas
19. Mochammad Afifuddin
20. Muchamad Ali Safa'at
21. Nuraida Fitri Habi
22. Nurul Sutarti
23. Parsadaan Harahap
24. Riant Nugroho
25. Umi Rifdiyawaty
26. Viryan
27. Yessy Yatty Momongan
28. Yulianto Sudrajat

Bawaslu

1. Aditya Perdana
2. Andi Tenri Sompa
3. Duke Arie Widagdo
4. Fritz Edward Siregar
5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda
6. Hm. Zaki Sierrad
7. Leopold Sudaryono
8. Lolly Suhenty
9. Mardiana Rusli
10. Muhammad Amin
11. Muhammad Jufri K.
12. Nuning Rodiyah
13. Puadi
14. Rahmat Bagja
15. Rahmat Hollyson Maiza
16. Ruhermansyah
17. Siti Baroroh
18. Sitti Rakhman
19. Subair
20. Totok Hariyono

Baca juga artikel terkait KPU atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight