Daftar 4 Objek Wisata di Jakarta yang Dibuka Akhir Pekan Ini

Reporter: - 20 Juni 2020
Ancol, Ragunan, Taman Mini, dan Kepulauan Seribu sudah resmi dibuka.
tirto.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya membuka empat objek wisata mulai Sabtu ini (20/6/2020) atau pada fase pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Seluruhnya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Sesuai dengan Pergub 51/2020, kami membuka tempat rekreasi yaitu Ancol, kemudian kebun binatang (Ragunan), Taman Mini, dan Kepulauan Seribu," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Jakarta Barat, Sabtu, dikutip dari Antara.

Menurut Riza, sebelum dibuka kembali untuk pengunjung, pemprov telah mengecek dan memastikan semuanya telah menerapkan protokol pencegahan COVID-19 dengan baik. Pengecekan dilakukan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, para wali kota beserta jajaran, Kasatpol PP, dan semua pengelola pariwisata.

"Protokol COVID-19 dijalankan dengan ketentuan kapasitas pengunjung 50 persen, bahkan di Ancol untuk sementara hanya membuka 30 persen. Di kebun binatang Ragunan dari kapasitas 20 ribu kami hanya membuka untuk 1.000 orang pengunjung pertama," kata Riza.

Salah satu pertimbangan pembatasan kapasitas di kebun binatang adalah para satwa sudah tidak berinteraksi dengan banyak orang selama tiga bulan. Dikhawatirkan jika tiba-tiba terlalu banyak orang, para satwa bisa stres.

"Supaya binatang tidak kaget. Dari dulu ramai, tiga bulan sepi, tahu-tahu ramai lagi menjadi berbahaya," kata Riza.

Sejumlah objek wisata telah mengembangkan aplikasi pendaftaran secara daring sehingga peraturan kapasitas maksimal dapat benar-benar ditegakkan. Pengunjung pun tak perlu datang langsung ke objek wisata.

Aplikasi pendaftaran daring ini diberlakukan di Taman Margasatwa Ragunan, TMII dan Taman Impian Jaya Ancol.

"Jadi harus mendaftar melalui aplikasi yang sudah disiapkan," ujarnya.

Sementara ikon Jakarta, Monas, belum dibuka karena masih direvitalisasi. Pengunjung yang biasanya berolahraga di sana dapat memanfaatkan Gelora Bung Karno (GBK) yang sudah dibuka pekan lalu.

"Sekalipun di GBK tolong tidak berbondong-bondong," Riza mengingatkan.


Baca juga artikel terkait OBJEK WISATA JAKARTA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Rio Apinino
DarkLight