Daftar 3 Fitur Terbaru WhatsApp: Reaksi Emoji hingga Kapasitas Grup

Kontributor: Dwi Nursanti - 9 Mei 2022 11:19 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Salah satu fitur terbaru WhatsApp adalah kapasitas anggota grup yang kini meningkat 2 kali lipat menjadi 512 anggota.
tirto.id - WhatsApp kembali mengembangkan fitur baru demi meningkatkan pengalaman pengguna pada sektor komunitas atau grup.

Kali ini aplikasi besutan Meta dapat digunakan untuk berbagi reaksi melalui emosi terbaru, menambah kapasitas ukuran saat berbagi file, serta menampung lebih banyak anggota dalam satu grup.

"Ini benar-benar berorientasi pada komunitas tempat Anda menjadi bagian dalam hidup Anda yang melakukan komunikasi pribadi," terang Will Cathcart, Head of WhatsApp seperti dilansir dari Reuters.

Daftar Fitur Terbaru WhatsApp



Pengumuman terkait fitur terbaru WhatsApp juga disampaikan melalui laman blog perusahaan tersebut.

"Dengan senang hati kami umumkan bahwa reaksi emoji kini tersedia di WhatsApp versi terbaru. Reaksi merupakan fitur yang menyenangkan, cepat, dan efektif untuk mengurangi banyaknya balasan di grup," terang WhatsApp.

Fitur reaksi melalui emoji di WhatsApp tampaknya mirip dengan Facebook dan Instagram, dua media sosial besar lain milik Meta Grup. Hanya saja, saat ini baru tersedia 6 emoji pada fitur baru WhatsApp, di antaranya tertawa terbahak, kaget, sedih, like, dan love, serta tos.

Pada masa mendatang, WhatsApp masih akan mengembangkan emoji lain sekaligus menyesuaikan pilihan dalam hal warna kulit.

Berpindah ke fitur lain, selain reaksi melalui emosi, fitur terbaru WhatsApp adalah ukuran berbagi file yang kini kapasitasnya juga meningkat.

"Anda sekarang dapat mengirim file berukuran hingga 2 GB dalam sekali pengiriman, yang tentunya dilindungi oleh enkripsi end-to-end," jelas WhatsApp.

Kapasitas tersebut melonjak pesat dibanding ukuran semula yang terbatas maksimal 100 MB. Perusahaan yang dikomandoi Mark Zuckerberg beranggapan bahwa peningkatan ini akan bermanfaat untuk kolaborasi antara grup bisnis kecil dan sekolah.

"Kami sarankan untuk menggunakan WiFi saat mengirim file berukuran besar. Progres akan ditampilkan pada saat mengunggah atau mengunduh file untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer file tersebut," lanjut WhatsApp.

Sementara fitur terakhir yang dikembangkan adalah peningkatan kapasitas anggota grup. Aplikasi tadinya membatasi maksimal 256 anggota dan kini kapasitasnya telah meningkat 2 kali lipat menjadi 512 anggota.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Dwi Nursanti
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dwi Nursanti
Penulis: Dwi Nursanti
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight