Daftar 10 Maskapai Terbaik Dunia Menurut Skytrax Awards 2019

Oleh: Yantina Debora - 20 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Qatar Airways jadi maskapai terbaik dunia dan AirAsia jadi maskapai terbaik untuk penerbangan dengan biaya rendah.
tirto.id - Skytrax World Airline Awards mengumumkan maskapai penerbangan terbaik di dunia pada tahun 2019. Hasilnya, Qatar Airways kembali berada di posisi puncak sebagai maskapai terbaik di dunia setelah tahun kemarin dikalahkan oleh Singapore Airlines.

Qatar Airways merayakan kelima kalinya meraih penghargaan bergengsi tersebut. Sebelumnya Qatar Airways menang pada tahun 2011, 2012, 2015, dan 2017.

Qatar memenangkan penghargaan pada berbagai nominasi seperti: kelas bisnis terbaik dunia, kursi kelas bisnis terbaik dunia, dan maskapai terbaik di Timur Tengah.

Singapore Airlines yang dikenal dengan rute penerbangan terpanjang di dunia menempati posisi ketiga. Singapore memenangkan penghargaan utama seperti: Kru kabin terbaik dunia, kelas utama terbaik dunia, maskapai penerbangan terbaik di Asia, dan kursi kelas pertama terbaik dunia.

AirAsia memenangkan penghargaan penerbangan dengan biaya rendah terbaik di dunia. Sedangkan, Japan Airlines memenangkan kelas ekonomi terbaik dan kursi kelas ekonomi terbaik.

CEO Qatar Airways Group Akbar Al Baker dilansir dari CNN mengatakan “Ini adalah momen yang membanggakan bagi maskapai ini karena inovasi dan standar layanan kami yang konstan menjadi tolok ukur dalam industri kami”

Penghargaan Skytrax merupakan penghargaan bergengsi di dunia penerbangan, karena penilaian mereka berdasarkan pilihan langsung dari konsumen.

Para eksekutif maskapai merayakan upacara yang diadakan di Paris Air Show di Le Bourget, Perancis.

Qantas Airways akhirnya menempati posisi ke delapan setelah gagal masuk sepuluh besar pada tahun lalu.

Lufthansa masih menjadi satu-satunya maskapai penerbangan Eropa yang berhasil masuk daftar sepuluh besar maskapai terbaik dunia.

British Airways, yang gagal memenangkan satu nominasi pun pada tahun lalu, akhirnya pada tahun ini memenangkan Maskapai dengan staff terbaik di Inggris dan Maskapai dengan peningkatan terbaik di Eropa.

Tahun lalu, maskapai asal Amerika gagal memenangkan satu pun penghargaan. Tahun ini United Airlines maju sebagai pemenang kamar kelas bisnis terbaik di dunia.

Maskapai penerbangan terbaik di Amerika Utara masih dipegang oleh Kanada yang juga memenangkan makan malam kelas bisnis terbaik di dunia.

Air France masih konsisten dengan reputasinya dengan hidangan terbaik, dan memenangkan hidangan kelas pertama terbaik di dunia. Eva Air menempati posisi hidangan terbaik di kelas ekonomi.

Eva Air juga menempati peringkat teratas maskapai terbersih di dunia. Penerbangan dengan hiburan terbaik jatuh kepada Emirates.

Mengutip dari web resmi Skytrax berikut daftar 10 besar maskapai penerbangan terbaik di dunia:

1. Qatar Airways

2. Singapore Airlines

3. ANA All Nippon Airways

4. Cathay Pacific Airways

5. Emirates

6. EVA Air

7. Hainan Airlines

8. Qantas Airways

9. Lufthansa

10. Thai Airways

Baca juga artikel terkait MASKAPAI PENERBANGAN atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight