Daftar 10 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan dan Nutrisinya

Kontributor: Cicik Novita, tirto.id - 1 Des 2022 13:05 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Manfaat buah anggur berasal dari nutrisi yang dikandungnya, terutama jumlah antioksidan dan beberapa vitamin yang cukup tinggi.
tirto.id - Manfaat buah anggur atau Vitis Vinivera bagi kesehatan telah terbukti dalam banyak penelitian dan studi.

Buah yang jenisnya beragam ini bahkan telah dibudidayakan sejak 8.000 tahun lalu di Timur Tengah, berdasarkan temuan dan peninggalan peradaban kuno yang memperlihatkan cara pembuatan minuman keras berbahan buah anggur.

Saat ini anggur telah tersedia dalam berbagai varietas seperti anggur hijau, anggur merah, anggur kuning, bahkan anggur merah muda dan hitam juga ada. Demikian pula varietas anggur tanpa biji atau dengan biji banyak dijumpai di pusat perbelanjaan.


Apa saja kandungan nutrisi pada buah anggur?



Manfaat buah anggur berasal dari nutrisi yang dikandungnya, terutama jumlah antioksidan dan beberapa vitamin yang cukup tinggi. Anggur telah diasosiasikan sebagai pencegah kanker, pencegah sakit jantung, bahkan menurunkan tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi.

Apa saja nutrisi yang terdapat dalam buah anggur sehingga menyimpan manfaat yang besar untuk kesehatan? Merujuk laman Healthline, berikut ini beberapa jenis nutrisi yang terdapat pada buah anggur merah porsi 1 cup atau 151 gram:
  • Kalori: 104
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Protein 1 gram
  • Lemak: 0.2 gram
  • Serat: 1.4 gram
  • Tembaga: 21% dari kebutuhan harian
  • Vitamin K: 18% dari kebutuhan harian
  • Thiamine (vitamin B1): 9% dari kebutuhan harian
  • Riboflavin (vitamin B2): 8% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 8% dari kebutuhan harian
  • Potasium: 6% dari kebutuhan harian
  • Vitamin C: 5% dari kebutuhan harian
  • Mangan: 5% dari kebutuhan harian
  • Vitamin E: 2% dari kebutuhan harian

Manfaat buah anggur dan cara memakannya



Anggur mengandung tembaga yang bermanfaat dalam produksi energi, sedangkan vitamin K dibutuhkan dalam proses pembekuan darah serta membangun tulang sehat. Vitamin B jenis tiamin dan riboflavin serta B6 dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta metabolisme protein, laman Medical News Today melansir.

Buah anggur dapat dikonsumsi segar sebagai pencuci mulut, dapat pula diolah menjadi jus buah, atau dikeringkan selama beberapa hari agar menjadi kismis. Mencuci terlebih dahulu untuk menjaga agar buah yang dikonsumsi sudah bebas dari pestisida atau kotoran lainnya adalah hal lain yang perlu dilakukan.

Penting diketahui bahwa mengonsumsi buah anggur berikut bijinya sangat disarankan karena pada biji buah tersebut terdapat kandungan nutrisi yang tak kalah dari daging buahnya, terutama serat dan antioksidan.

Berikut ini beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh:

1. Kesehatan jantung

Anggur disebut dapat menjaga kesehatan jantung sebab memiliki potasium yang terbukti menurunkan level tekanan darah. Potasium juga membantu proses ekskresi sodium sehingga mencegah penyempitan arteri dan vena.

Selain itu anggur merah terbukti membantu menurunkan level kolesterol dalam darah apabila dikonsumsi secara rutin, karena mengandung antioksidan.

2. Fungsi antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang membantu memperbaiki kerusakan sel yang dipicu oleh radikal bebas (molekul berbahaya yang menyebabkan stres oksidatif). Stres ini dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan kronis seperti diabetes, kanker dan jantung.

Dalam buah anggur ada antioksidan kuat yang jumlahnya paling tinggi ada pada kulit serta bijinya, sehingga disarankan mengonsumsi anggur dengan kulit serta biji pula.

Beberapa varietas anggur dengan antioksidan tertinggi adalah kelas flavonoid yang memberi warna oranye, merah, merah muda, ungu dan biru tua.

3. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan pada anggur juga bermanfaat untuk mencegah beberapa jenis kanker. Misalnya Resveratrol, jenis antioksidan yang mengurangi peradangan, dan mem-blokir pertumbuhan serta penyebaran sel kanker. Ada pula antioksidan jenis quercetin, antosianin dan catecin yang berfungsi sama, yakni mencegah kanker.

4. Melindungi dari diabetes

Anggur dapat mencegah naiknya kadar gula darah secara drastis, bahkan juga menurunkannya. Indeks glikemik anggur yang berada antara 49–59 (tergantung varietas) memperlambat naiknya kadar gula darah, sehingga baik bagi penderita diabetes. Beberapa nutrisi pada anggur juga membantu meningkatkan kinerja respons insulin.

5. Cegah asma

Terdapat manfaat assimilatory dari buah anggur yang mampu meningkatkan kadar air di paru-paru sehingga mencegah kambuh bagi penderita asma, laman Pemko Medan melansir.

6. Bersifat antibakteri

Buah dengan cita rasa manis dan sedikit asam segar ini juga memiliki sifat antibakterial dan antivirus yang kuat, dan berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri dan virus.

7. Mencegah alzheimer

Nutrisi resveratol yang masih turunan polifenol pada buah anggur bermanfaat juga untuk mencegah penyakit Alzheimer. Ia bekerja dengan meningkatkan amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

8. Mencegah sembelit

Anggur kaya kandungan serat dan cairan sehingga membantu mengatasi sembelit dan menyehatkan pencernaan. Selain itu, ada pula asam organik, gula, dan selulosa dengan manfaat untuk pencahar.

9. Mencegah migrain

Konsumsi jus anggur dapat membantu mencegah penyakit migrain atau sakit kepala sebelah, terutama jika dikonsumsi pada pagi hari.

Masih banyak lagi manfaat kesehatan dari buah anggur yang bisa diperoleh, jika dikonsumsi secara rutin dan dalam takaran yang dianjurkan.


Baca juga artikel terkait SUPPLEMENT CONTENT atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight