Daftar 10 Besar Ballon d'Or 2018: Pemain Perancis Paling Banyak

Oleh: Oryza Aditama - 4 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Perancis memasukkan pemain terbanyak dalam daftar 10 pemain terbaik Ballon d’Or 2018.
tirto.id - Ajang FIFA Ballon d’Or 2018 baru saja berakhir dengan memunculkan nama Luka Modric sebagai peraih gelar tertinggi. Modric adalah satu-satunya pemain Kroasia dalam daftar 10 besar kandidat peraih penghargaan bergengsi itu. Sementara Perancis, yang mengalahkan Kroasia di final Piala Dunia 2018, menyumbangkan pemain terbanyak di perhelatan Ballon d’Or kali ini.

Dalam jajaran 10 besar kandidat Ballon d’Or, ada 3 pemain Les Blues yang masuk, yakni Antoine Griezmann (urutan 3), Kylian Mbappe (4), dan Raphael Varane (7). Berikutnya ada Belgia yang menyetor dengan 2 nama: Eden Hazard (8) dan Kevin de Bruyne (9).

Munculnya tiga nama pemain Perancis memang tak terlalu mengejutkan mengingat prestasi fenomenal skuad asuhan Didier Deschamps di Piala Dunia 2018 Rusia beberapa waktu lalu. Selain meraih gelar juara Piala Dunia, ketiga pemain Les Blues itu juga cukup moncer di klub masing-masing.

Antoine Griezmann tampil apik bersama Atletico Madrid di musim 2017/2018, termasuk dengan merengkuh trofi Europa League 2018 setelah menyingkirkan Marseille dengan skor 3-0 di final. Di timnas, Griezmann juga kerap menjadi kunci permainan tim.



Berikutnya Kylian Mbappe. Selain menempatkan dirinya di peringkat empat Ballon d’Or 2018, talenta emas milik Paris Saint Germain (PSG) ini juga mengamankan Kopha Trophy alias pemain muda terbaik. Gelar ini baru pertamakali diberikan di ajang Ballon d’Or.

Di PSG, Mbappe menjadi pilar utama di lini depan bersama Edinson Cavani dan Neymar. Kombinasi ketiga pemain ini membuahkan hasil gelar juara Ligue 1 Perancis musim 2017/2018, serta semakin memperkokoh dominasi Le Parisien di kancah domestik.



Nama Perancis terakhir dalam daftar 10 besar Ballon d’Or yakni Raphael Varane. Ketangguhan Varane di lini belakang Real Madrid dibuktikan dengan kesuksesan klub raksasa Spanyol itu meraih gelar ke-13 Liga Champions, yang sekaligus juga merupakan hattrick juara sejak 2016.

Daftar Peringkat 10 Besar Ballon d’Or 2018:

Luka Modric (Kroasia/Real Madrid)
Cristiano Ronaldo (Portugal/Juventus)
Antoine Griezmann (Prancis/Atletico Madrid)
Kylian Mbappe (Prancis/Paris Saint-Germain)
Lionel Messi (Argentina/Barcelona)
Mohamed Salah (Mesir/Liverpool)
Raphael Varane (Prancis/Real Madrid)
Eden Hazard (Belgia/Chelsea)
Kevin De Bruyne (Belgia/Manchester City)
Harry Kane (Inggris/Tottenham Hotspur)

Baca juga artikel terkait BALLON DOR atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Oryza Aditama