Cuplikan Gol Simic Persija vs Mitra Kukar 2-1, Juara Liga 1 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 9 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dua gol Marko Simic tidak hanya menentukan hasil Persija vs Mitra Kukar yang ditutup dengan skor 2-1, tetapi juga memastikan Macan Kemayoran juara Liga 1 2018.
tirto.id - Laga Persija vs Mitra Kukar di pekan terakhir Gojek Liga 1 yang berakhir dengan skor 2-1 ditentukan oleh dua gol Marko Simic. Laga pada Minggu (9/12/2018) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) tersebut menjamin gelar juara Macan Kemayoran setelah menunggu 17 tahun.

Menaklukkan Mitra Kukar di pekan ke-34 Liga 1 2018, Persija berhasil mengumpulkan 62 poin. Tim asuhan Stefano "Teco" Cugurra tidak terkejar lagi oleh PSM, yang meski menang telak 5-1 atas PSMS, hanya memperoleh satu angka lebih sedikit. Namun, bukan berarti Macan Kemayoran menjalani laga dengan mulus.

Ketegangan sempat dirasakan oleh tuan rumah, terutama ketika mereka menghadapi penalti Fernando Rodriguez pada menit ke-71 yang akhirnya gagal. Juga, ketika akhirnya Mitra Kukar mampu menjebol gawang Andritany Ardhiyasa dua menit jelang bubaran melalui aksi Aldino Hardianto.



Pertandingan memasuki menit ke-17, Persija mendapatkan hadiah penalti. Hal ini terjadi setelah Saepuloh Maulana melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Marko Simic yang bertugas mengambil tendangan 12 pas, mengirim tembakan ke sudut kiri bawah gawang Mitra Kukar yang dikawal Yoo Jae-Hoon.

Bagi Persija, penalti Simic ini adalah penalti kedua yang mereka dapatkan dalam dua laga terakhir. Sebelumnya, ketika Macan Kemayoran menaklukkan Bali United 1-2 di kandang lawan pada Minggu (2/12/2018), mereka juga memperoleh hadiah eksekusi di kotak terlarang, kala pertandingan memasuki menit ke-84.




Kedudukan 1-0 dibawa Persija hingga turun minum. Tuan rumah kemudian memperlebar jarak dari Mitra Kukar ketika laga berjalan satu jam. Simic sekali lagi menjadi sosok yang menjebol gawang Yoo Jae Hoon. Ia memanfaatkan kepanikan lini belakang Naga Mekes dengan tandukan.

Drama berlanjut ketika pada menit ke-69, terjadi handsball yang dilakukan oleh Rohit Chand. Persija terhukum penalti. Namun, Fernando Rodriguez yang mendapatkan tugas, tidak dapat mengecoh Andritany. Tembakan datarnya dihentikan sang kiper.




Memang kemudian tercipta gol Aldino Hardianto, pemain pengganti, pada menit ke-88. Tembakan kencangnya masuk, sementara Andritany bereaksi ke arah berbeda. Namun, skor 2-1 tidak cukup untuk menolong Mitra Kukar. Di klasemen akhir, Naga Mekes ada di peringkat ke-17, masuk zona merah.

Sementara Mitra Kukar terluka oleh hasil akhir ini, Persija tidak demikian. Macan Kemayoran berpesta juara setelah menunggu 17 tahun. Cukup unik, Bambang Pamungkas, pencetak dua gol yang menentukan gelar Macan Kemayoran pada 2001, kini tampil sejak menit ke-88 untuk merasakan kembali nikmatnya menjadi juara.

Pencetak Gol: Marko Simic 17 penalti dan 59 (Persija) | Aldino Hardianto 88 (Mitra Kukar)


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus