CSKA Moskwa Beri Kekalahan Kandang Pertama untuk Madrid Era Solari

Oleh: Permadi Suntama - 13 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
CSKA Moskwa membuat Real Madrid era Santiago Solari untuk pertama kalinya tumbang di Santiago Bernabeu.
tirto.id - CSKA Moskwa meraih hasil maksimal saat bertandang ke Santiago Bernabeu, markas Real Madrid, Kamis (13/12/2018). Anak asuh Viktor Goncharenko menaklukkan tuan rumah dengan skor 0-3. CSKA memberikan kekalahan kandang pertama bagi Madrid sekaligus selalu menang atas sang juara bertahan dalam dua pertemuan.

Kemenangan CSKA di pekan terakhir babak penyisihan grup Liga Champions memang tidak berarti jika bicara posisi di klasemen. Pasalnya, pada waktu bersamaan, Viktoria Plzen berhasil mengalahkan tamunya, AS Roma dengan skor 2-1.

Meskipun sama-sama memiliki tujuh poin, CSKA kalah head to head urusan poin dari Plzen. Dalam dua pertemuan dengan tim besutan Pavel Vrba, wakil Rusia gagal meraih kemenangan.

Mereka bermain imbang 2-2 di matchday pertama yang berlangsung di Doosan Arena, Plzen pada 20 September 2018, dan kalah 1-2 saat ganti bertindak sebagai tuan rumah pada 28 November 2018.

Dengan demikian, Plzen berhak mendapat tiket 32 besar Liga Eropa. Sementara itu, Igor Akinfeev dan kolega harus terhenti dari kompetisi antarklub Eropa musim ini.

Kendati demikian, CSKA patut berbangga, karena mereka adalah satu-satunya tim yang mampu mengalahkan Real Madrid di sepanjang penyisihan Grup G Liga Champions 2018/2019. Ditambah, mereka berhasil menang dalam dua pertemuan dengan mencetak 4 gol, tanpa sekali kebobolan sama sekali.



Di penyisihan grup, Real Madrid terbobol 5 kali. Artinya, dari 5 gol yang masuk ke gawang sang juara bertahan Liga Champions, 80% di antaranya berasal dari serangan Fidor Chalov dan kawan-kawan.

Di lain pihak, kekalahan ini telah menodai catatan apik yang dibuat Santiago Solari, saat mengarsiteki Karim Benzema dan kolega di ajang Liga Champions. Sejak melakoni laga debutnya di Liga Champions, pada 8 November 2018, kekalahan lawan CSKA Moskwa dini hari tadi adalah yang pertama bagi Solari.

Sebelum itu, Solari berhasil mengantarkan El Real meraih dua kemenangan di Liga Champions, saat bertandang ke markas Viktoria Plzen (0-5), dan AS Roma (0-2). Di sisi lain, laga kontra CSKA Moskwa adalah partai kandang pertama bagi Solari di Liga Champions, yang langsung dirusak oleh tim asal Rusia tersebut.

Kendati demikian, tim ibukota Spanyol tetap kokoh di puncak klasemen Grup G dengan 12 poin, hasil empat kemenangan dan dua kali kekalahan. Madrid unggul 3 poin dari AS Roma, yang di waktu bersamaan juga kalah dari Viktoria Plzen.

Sejak dilatih Santiago Solari, Real Madrid baru menderita dua kekalahan di semua kompetisi. Sebelum tumbang 0-3 di tangan CSKA Mokswa Kamis (13/12) ini, Los Blancos takluk 3-0 oleh Eibar di Liga Spanyol pada 24 November.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus