Cristiano Ronaldo Pindah ke Mana Usai Putus Kontrak di Man Utd?

Penulis: Fitra Firdaus, tirto.id - 23 Nov 2022 06:05 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Cristiano Ronaldo pindah ke mana usai putus kontrak dengan Manchester United?
tirto.id - Cristiano Ronaldo pindah ke mana setelah ia putus kontrak dari Manchester United? Sang penyerang berusia 37 tahun saat ini resmi berstatus free agent sehingga bisa bergabung dengan klub mana pun untuk memulai petualangan barunya.

Pengumuman Cristiano Ronaldo dan Manchester United sepakat mengakhiri kerjasama mereka disampaikan klub pada Selasa (22/11/2022) malam hari. Ronaldo sendiri saat ini masih fokus bersama tim nasional Portugal di Piala Dunia 2022, yang bisa menjadi piala dunia terakhirnya.

"Cristiano Ronaldo akan meninggalkan Manchester United dengan kesepakatan bersama yang berlaku segera. Klub berterima kasih kepadanya atas kontribusi yang luar biasa selama dua periode di Old Trafford, mencetak 145 gol dalam 346 penampilan, mendoakan yang terbaik untuk masa depan Ronaldo dan keluarganya," keterangan resmi United.



Cristiano Ronaldo Putus Kontrak dengan Manchester United


Berakhirnya periode kedua Cristiano Ronaldo di Manchester United memang tidak bisa ditahan lagi. Sang penyerang veteran sebelumnya bermasalah dengan beberapa keputusan pelatih Erik Ten Hag. Selain itu, Ronaldo juga berseberangan dengan kebijakan klub yang disebutnya sebagai 'klub komersial'.

Musim lalu, Cristiano Ronaldo menjadi top skor Manchester United di semua kompetisi. Ia membukukan 24 gol dari 38 penampilan, termasuk 18 gol hanya di Liga Inggris saja. Namun, musim ini CR7 bukan lagi pilihan utama United sejak Erik Ten Hag, eks pelatih Ajax Amsterdam ditunjuk sebagai juru taktik kubu Old Trafford.

Ronaldo tercatat hanya mencetak 3 gol dari 16 penampilan sepanjang musim 2022/2023. Satu-satunya gol penyerang 37 tahun itu di Liga Inggris dikemasnya saat Manchester United menumbangkan Everton 2-1 pada 9 Oktober 2022.

Perang dingin antara Ronaldo dan Ten Hag dimulai ketika bomber internasional Portugal itu enggan turun sebagai pemain cadangan dalam laga kontra Tottenham pada 20 Oktober 2022. Ia langsung meninggalkan lapangan bahkan sebelum peluit panjang berbunyi.

CR7 dihukum Ten Hag: sang pelatih tidak memasukkannya dalam skuad United lawan Chelsea, sekaligus membuatnya berlatih terpisah dari rekan setim.

Cristiano Ronaldo sempat kembali berseragam Manchester United ketika timnya melawan Sheriff di Europa League pada 28 Oktober. Berikutnya, ia bahkan diplot sebagai kapten ketika Iblis Merah menghadapi Aston Villa di Liga Inggris pada 6 November 2022. Namun, dalam laga itu United kalah 3-1.


Sejak saat itu, Ronaldo tidak pernah lagi masuk ke skuad pilihan Ten Hag hingga libur Piala Dunia 2022. Sang juru taktik berdalih CR7 sakit.

Ronaldo lantas memberikan kejutan sejak 14 November 2022, ketika satu demi satu wawancaranya dengan Piers Morgan dipublikasikan. Sang penyerang mengaku dikhianati oleh Erik Ten Hag, juga 2 hingga 3 orang di jajaran petinggi klub United.

"Saya tidak menghormati dia (Ten Hag) karena dia tidak menghormati saya. Jika Anda tidak menghormati saya, maka saya tidak akan pernah menghormati Anda," kata Ronaldo.

Sang pemenang Ballon d'Or 5 kali juga terang-terangan mengkritik Manchester United yang disiratkannya sedang dalam titik terendah. Ia menilai pengelolaan klub oleh keluarga Glazer buruk, dan hanya mementingkan masalah bisnis semata, dengan mengesampingkan nilai United sebagai klub olahraga.

"Manchester (United) adalah klub marketing, mereka mendapat uang dari pemasaran. Akan sulit bagi Manchester (United) untuk menjadi yang teratas dalam dua atau tiga tahun ke depan. Pemilik klub, keluarga Glazer, mereka tidak peduli dengan klub, sebagai klub olahraga profesional," paparnya.

Kini, Cristiano Ronaldo dan Manchester United akhirnya memutuskan berpisah. United memilih berproses bersama Erik Ten Hag yang hingga saat ini membawa The Red Devils menang 14 kali dan kalah 5 kali dalam 21 pertandingan. Sementara itu, Ronaldo bebas mencari petualangan baru di luar Old Trafford.

"Setelah percakapan dengan Manchester United, kami sepakat untuk mengakhiri kontrak lebih awal. Saya mencintai Manchester United dan saya mencintai para penggemar, itu tidak akan pernah berubah. Namun, rasanya ini waktu yang tepat bagi saya untuk mencari tantangan baru," keterangan Ronaldo dikutip Sky Sports.

Belum dapat dipastikan hendak berlabuh ke manakah Cristiano Ronaldo di level klub. Kini, sang penyerang bakal berfokus pada timnas Portugal yang membutuhkan bantuannya di Piala Dunia 2022.

CR7 dan kawan-kawan tergabung di Grup H, yang berlabel grup neraka. Pasalnya, di grup itu, ada Portugal, Uruguay, Ghana, dan Korea Selatan yang berebut 2 tiket lolos ke 16 besar.


Cristiano Ronaldo Pindah ke Mana Usai Putus Kontrak?


Cristiano Ronaldo dihubung-hubungkan dengan beberapa klub sejak bursa transfer musim panas lalu. Salah satu yang dikaitkan dengan sang bintang adalah Sporting CP, klub pertama Ronaldo yang di Indonesia sering disebut sebagai Sporting Lisbon.

Bergabung kembali dengan Sporting CP jelang akhir karier adalah opsi yang bagus untuk CR7. Namun, pimpinan Sporting, Frederico Varandas membantah bahwa klubnya mempertimbangkan perekrutan penyerang 37 tahun itu.

"Dia (Ronaldo) akan selalu menjadi referensi akademi Sporting dan dia memang pemain Portugal terbaik sepanjang masa. Jika Ruben Amorim (pelatih Sporting) memvetonya untuk kembali? Tentu saja tidak. (Soal Ronaldo kembali ke Sporting) tidak pernah jadi topik atau jadi pembicaraan di atas meja," kata Varandas kepada RTP3.

Gaji Cristiano Ronaldo yang masif jadi kendala klub-klub top Eropa yang menaruh minat kepadanya Oleh karenanya, CR7 lantas dikaitkan dengan Newcastle United, yang saat ini 80 persen sahamnya dimiliki oleh Public Investment Fund, yayasan asal Arab Saudi.

Namun, Ronaldo ke Newcastle United tampak sulit terealisasi. Dari pihak sang pemain, ia tampak hanya berminat tampil untuk klub yang bermain di Liga Champions. The Magpies tidak bertarung di kompetisi tersebut. Sementara itu dari pihak klub, juga tidak ada sinyal untuk mendekati Ronaldo.

Peluang lain adalah bergabung ke Al Nassr, klub asal Arab Saudi. Dengan kecepatannya yang semakin berkurang, tetapi insting mencetak gol yang masih sangat tajam, pilihan ini bisa realistis untuk Ronaldo. Namun, sang pemain sendiri yang menyatakan kepada Piers Morgan bahwa musim panas lalu ia menolak tawaran sebesar 350 juta paun dari sebuah klub Arab Saudi.

"(Tawaran) itu benar adanya, dan saya menolak. Tapi, yang dikatakan media, sampah .. adalah tidak ada klub yang berminat kepada saya, dan hal ini sepenuhnya salah. Tapi, mereka (media) masih saja mengulang (narasi) bahwa tidak ada yang berminat pada Cristiano," kata Ronaldo.

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight