CPNS 2018

CPNS Kemensetneg & Setkab: 7.061 Pelamar Lolos Seleksi Administrasi

Oleh: Yulaika Ramadhani - 21 Oktober 2018
“Jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar akan diumumkan lebih lanjut."
tirto.id - Hasil verifikasi berkas lamaran Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyatakan terdapat sebanyak 7.061 pelamar dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Sebanyak 7.061 pelamar itu, terdiri atas 5.224 pelamar formasi di Kemensetneg, dan 1.837 pelamar formasi di Sekretariat Kabinet (Setkab).

Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemensetneg 2018 Cecep Sutiawan dalam pengumumannya Sabtu (21/10) ini menyampaikan, bagi pelamar yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi berhak mengikusi Seleksi Kompetensi Dasar.

“Jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar akan diumumkan lebih lanjut melalui situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id dan https://rekrutmen.setneg.go.id) setelah mendapatkan alokasi waktu dan tempat dari Badan Kepegawaian Negara (BKN),” kata Cecep dilansir setkab.go.id.

Berdasarkan data yang dilampirkan dalam pengumuman tersebut, maka bisa dipastikan akan terjadi persaingan ketat di antara peserta seleksi sebelum dinyatakan lolos sebagai CPNS Kemensetneg atau Sekretariat Kabinet.

Sejumlah formasi mendapatkan peminat yang sangat banyak, seperti Analis Humas dan Protokol yang menyediakan 7 formasi namun peserta yang lolos seleksi administrasi mencapai 1.232 pelamar; Analis Perekonomian hanya ada 1 formasi tetapi pelamar yang lolos seleksi administrasi mencapai 54 orang; Analis Laporan Keuangan 1 formasi dengan peserta lolos 68 pelamar; Analis Tata Usaha 5 formasi dengan 327 pelamar lolos seleksi administratif; Analis Berita Umum 1 formasi diperebutkan oleh 80 pelamar yang lolos seleksi administratif; Analis Publikasi 1 formasi diperebutkan 102 pelamar yang lolos seleksi administratif; dan Petugas Protokol Kepresidenan 8 formasi untuk 1.122 pelamar yang lolos seleksi administratif.

Namun ada juga formasi yang tidak ada peserta yang dinyatakan lolos seleksi administratif, yaitu Auditor Terampil 1 formasi untuk Disabilitas.

Sementara di lingkungan Sekretariat Kabinet posisi Analis Perekonomian yang menyediakan 2 formasi diperebutkan 170 pelamar yang lolos seleksi administratif; Analis Kesejahteraan Rakyat terdapat 2 formasi yang diperebutkan 305 peserta; dan Analis Humas dan Protokol 1 formasi untuk 95 pelamar lolos seleksi administrasi.


Baca juga artikel terkait CPNS 2018 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani