Cover DDU-DU DDU-DU BLACKPINK Versi Via Vallen Direspons Positif

Oleh: Maria Ulfa - 10 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Cover lagu "DDU-DU DDU-DU” BLACKPINK versi dangdut koplo yang dinyanyikan Via Vallen direspons positif oleh orang Korea.
tirto.id - Situs komunitas Video K-Pop global, yaitu Amazer merilis, lagu "DDU-DU DDU-DU” milik BLACKPINK menjadi lagu paling banyak dicover pada 2018. Selain itu, lagu ini menduduki tangga lagu Melon selama 30 hari, dari 15 Juni hingga 14 Juli 2018. Lagu ini juga berhasil memasuki tangga lagu utama di Billboard.

Salah satu selebritas tanah air yang ikut melakukan cover lagu DDU-DU DDU-DU ini adalah Via Vallen. Via menyanyikan lagu “DDU-DU DDU-DU” saat sedang manggung di salah satu acara yaitu Anniversary Vyanisty (fans Via Vallen) ke-8 tahun.

Via bernyanyi dengan diiringi musik dangdut koplo yang kemudian ia unggah pada akun YouTube Via Vallen Official. Hingga kabar ini diunggah pada, Kamis (10/1/2019) cover DDU-DU DDU-DU versi Via Vallen telah ditonton 23.504.422 kali.





Via menyanyikan lagu BLACKPINK tersebut dengan menggunakan bahasa aslinya, yaitu Bahasa Korea, dan rap menggunakan bahasa Inggris seperti lagu aslinya.

Pelafalan Via saat bernyanyi terdengar lancar, dan dengan ciri khasnya sebagai penyanyi dangdut koplo, musiknya menjadi kental akan irama gendang, ditambah suara Via yang serak tetapi mendayu-dayu serta bercengkok menjadikan lagu ini sebagai “DDU-DU DDU-DU” versi koplo.

Cover lagu “DDU-DU DDU-DU” yang dilakukan Via Vallen ini ternyata mendapat banyak respon positif dari netizen di Korea Selatan. Iringan dangdut koplo dalam lagu tersebut dinilai baru dan belum ada di Korea Selatan.

Seperti salah satu YouTuber Korea Selatan yaitu Jelita Soo, dia telah melakukan video rekasi lagu “DDU-DU DDU-DU” yang dinyanyikan oleh Via Vallen dan diunggah pada akun YouTubenya yaitu Jelita Soo dengan judul “(Reaksi) Orang Korea Reaksi DDU DU DDU DU-Via Vallen/DDU DU DDU DU Cover by Via Vallen”.

“Suaranya serak-serak basah dan punya ciri khas.” Ujar Soo.

“Tapi selain itu, suara gendang yang paling berkesan.” Tambahnya.

Sepanjang video, Soo dan temannya Min berbicara mengenai musik yang digunakan untuk mengcover lagu tersebut. Soo mengatakan bahwa alat musik seperti gendang yang ada di video Via Vallen tersebut tidak ada di Korea.

Soo juga memuji pelafalan Via yang bagus dan mengira Via bisa berbicara bahasa Korea. Sedangkan Min berkata bahwa lagu tersebut jadi seperti milik Via sendiri, dan juga mengatkan lagu “DDU-DU DDU-DU” tersebut jadi seperti lagu Indonesia dikarenakan suara gendang yang mengiringinya.

Di akhir video, Soo dan Min menyatakan bahwa mereka suka dengan cover tersebut, di mana lagunya jadi terdengar baru dan mengagumkan.



Selain Jelita Soo, akun YouTube Korea Brother juga melakukan video rekasi terhadap “DDU-DU DDU-DU” versi koplo tersebut. Video tersebut diunggah dengan judul “[자막] Orang Korea Reaksi DDU DU DDU DU-Via Vallen (Versi Koplo)”.

Dua orang yang ada dalam video tersebut yaitu Joon dan Jay langsung memberikan pujian kepada Via karena pelafalannya dan suara Via yang dinilai bagus.

“Orang Korea suka suara seperti ini.” Ujar Jay, dan Joon mengiyakan.

Dan ketika memasuki bagian rap, Joon dan Jay mengeluarkan ekspresi kaget dan menuliskan caption dalam videonya “Wahhhh... ko bisa orang Indonesia begini? (BIKIN MERINDING)”, karena terkejut dengan kemampuan rap Via yang menggunakan bahasa inggris.

Sampai di akhir video, mereka bertepuk tangan dan mengatakan bahwa cover tersebut luar biasa dan mereka sangat menyukainya.



Reaksi cover lagu “DDU-DU DDU-DU” ini juga dilakukan oleh akun YouTube Anak Korea (Niniony) dengan meminta tamu laki-laki dan perempuan di akun YouTubenya untuk melakukan reaksi terhadap cover yang dilakukan Via Vallen tersebut. Video tersebut diunggah dengan judul “[Orang Korea Reaksi] DDU DU DDU DU Via vallen/ bahasa indo (CC)”.

Saat dimulai, kedua orang tersebut terkejut karena Via menyanyikannya dengan bahasa Korea, dan memuji suaranya yang dinilai bagus. Mereka juga mengatakan bahwa lagu “DDU-DU DDU-DU” yang dibawakan Via lebih terdengar seperti musik dance dan balada, dan kembali memuji suara Via.

Seperti rekasi-reaksi sebelumnya, mereka juga menyukai suara Via yang serak (husky). Mereka juga memuji Via yang bisa mengikuti pelafalan bahasa Korea yang dinilai cukup sulit. Selain itu, aransemen pada cover lagu tersebut juga dinilai baru dan unik karena tidaka ada di Korea Selatan.

Dari reaksi-reaksi tersebut, lagu “DDU-DU DDU-DU” yang dibawakan oleh Via Vallen dengan versi koplo mendapatkan respons yang cukup baik dari netizen Korea Selatan. Selain memuji suara dan pelafalan bahasa Korea Via Vallen yang dinilai bagus. Mereka juga menyukai lagu pengiringnya yaitu dangdut koplo karena dinilai baru, unik, dan belum ada di Korea Selatan.



Dangdut koplo memang berbeda, bahkan dari format dangdut lainnya. Perbedaan ini didapat dari pola tabuhan gendang. Irama gendang dangdut koplo mengandung tabuhan "dang" dua kali lebih banyak daripada "dut". Ia juga memiliki tempo lebih cepat dari irama gendang dangdut biasanya.



Baca juga artikel terkait BLACKPINK atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Agung DH