Copa del Rey 2020

Copa del Rey: Jadwal, Drawing Semifinal, Daftar Tim Lolos, Top Skor

Oleh: Fitra Firdaus - 7 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal semifinal Copa del Rey 2020 bakal diisi oleh tim kejutan: Athletic Bilbao, Real Sociedad, Mirandes, dan Granada.
tirto.id - Semifinal Copa del Rey 2020 diisi oleh tim-tim kejutan. Tidak ada juara bertahan Valencia atau dua raksasa Barcelona dan Real Madrid. Sebaliknya, Athletic Bilbao, Granada, Mirandes, hingga Real Sociedad masuk dalam daftar tim lolos untuk mencari juara baru Piala Raja.

Kekalahan Barcelona atas Athletic Bilbao dengan skor 1-0 dan Real Madrid 4-3 oleh Real Sociedad pada Jumat (7/2/2020) menandai peta baru di Copa del Rey. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir, final Piala Raja tidak akan diisi oleh salah satu dari Madrid atau Barca.

Sebelum tahun ini, final Copa del Rey terakhir yang tidak melibatkan Madrid atau Barca adalah pada 2010, ketika Sevilla menumbangkan Atletico Madrid 2-0. Uniknya, 10 tahun berselang, kedua tim ini juga sama-sama sudah tersingkir. Sevilla dibungkam Mirandes di babak 16 besar, sedangkan ATM dihentikan Cultural Leonesa di 32 besar.

Peta Kekuatan di Babak Semifinal

Di antara tim-tim yang lolos ke semifinal, yang terkuat dari segi sejarah dan kekuatan tim adalah Athletic Bilbao. Los Rojiblancos adalah pemenang terbanyak kedua Copa del Rey dengan 23 gelar hanya kalah dari Barcelona (30 gelar). Selain itu, Athletic total sudah 37 kali menembus final Piala Raja, terakhir pada 2015 ketika tumbang dari Barca.

Real Sociedad, tim yang bersaing dengan Athletic untuk menjadi yang terkuat di Basque, adalah klub berikutnya. La Real sudah dua kali juara Copa del Rey, dan total 7 kali menembus final. Namun, terakhir Sociedad masuk ke partai puncak adalah pada 1988, kala ditikam sang juara Barcelona 1-0.

Granada, meski musim ini masih berkiprah di Primera Division, tidak dapat bersaing dengan Athletic dan Sociedad jika bicara sejarah. Namun, musim 2019/2020 adalah musim terbaik El Grana di Spanyol. Mereka sempat menjadi pemuncak klasemen La Liga. Fakta lain, bahwa klub Andalusia tersebut bisa mengalahkan Valencia di 8 besar adalah hal penting.

Mirandes pernah lolos ke semifinal Copa del Rey 2012. Kala itu, mereka dikandaskan oleh sang finalis, Athletic Bilbao. Musim ini, Los Rojillos ada di Segunda Division dan ada di papan tengah. Artinya, Copa del Rey adalah satu-satunya harapan mereka berprestasi musim ini.



Top Skor Copa del Rey

Salah satu alasan Real Sociedad bisa menembus babak semifinal adalah Alexander Isak. Sang penyerang muda asal Swedia ini sudah mencetak 7 gol hanya dari 5 pertandingan, termasuk dua di Santiago Bernabeu saat La Real membungkus Real Madrid.

Isak ada di puncak top skor Copa del Rey musim ini. Dia diikuti Matheus Aias (Mirandes) dengan 5 gol, lalu Santi Cazorla (Villarreal), Adnan Januzaj (Real Sociedad), Roberto Soldado (Granada), dan Inaki Williams (Athletic Bilbao) yang memiliki 4 gol.

Venue Final

Venue final Copa del Rey 2019/2020 akan digelar di Estadio de la Cartuja, Sevilla pada 18 April 2020. Dikutip dari laman resmi RFEF, stadion ini, "dengan kapasitas lebih dari 57.000 penonton, dipilih sebagai venue final Copa del Rey dalam empat musim ke depan."

Drawing Semifinal

Drawing babak semifinal Copa del Rey digelar pada Jumat (7/2/2020) pukul 13.00 CET di Ciudad del Futbol, markas Real Federacion Espanola de Futbol (RFEF). Hasilnya adalah Real Sociedad akan melawan Mirandes sedangkan Athletic Bilbao meladeni Granada. Di semifinal, konsep turnamen kembali ke dua leg (kandang dan tandang).

LEG PERTAMA
12-13 Februari 2020
Real Sociedad vs Mirandés
Reale Arena, San Sebastián

Athletic Bilbao vs Granada
San Mamés, Bilbao

LEG KEDUA
4-5 Maret 2020
Mirandés vs Real Sociedad
Anduva, Miranda de Ebro

Granada vs Athletic Bilbao
Nuevo Los Cármenes, Granada

Baca juga artikel terkait COPA DEL REY atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight