Contoh Ucapan Hari Guru Nasional 2020 yang Diperingati 25 November

Oleh: Maria Ulfa - 24 November 2020
Dibaca Normal 2 menit

Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November adalah hari istimewa untuk mengakui peran seorang guru dalam kehidupan murid-muridnya.
tirto.id - Hari Guru Nasional diperingati di Indonesia setiap tanggal 25 November. Hari Guru adalah hari istimewa untuk mengakui peran seorang guru dalam kehidupan murid-muridnya.

Tahun ini, tema Hari Guru Nasional adalah “Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar". Peringatan Hari Guru Nasional tidak bisa dilakukan seperti biasanya karena krisis pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air.

Di masa muda, sosok guru memainkan peran yang sangat penting bagi murid-muridnya. Mereka telah menjadi teladan, inspirasi, dan figur orang tua di luar rumah yang mengajari banyak pelajaran tentang kehidupan.

Di samping itu, seorang guru yang baik tidak hanya menanamkan ilmu kepada siswanya tetapi juga menginspirasi, mendorong, dan menanamkan rasa ingin tahu untuk mencari solusi atas masalah.

Untuk menghormati orang-orang luar biasa ini dalam hidup kita, Hari Guru dirayakan sebagai hari penting di seluruh dunia.

Namun, perayaan Hari Guru di setiap negara berbeda-beda. Misalnya di Amerika Serikat, Hari Guru dirayakan pada minggu pertama bulan Mei, di Inggris Raya dirayakan pada tanggal 5 Oktober.

Sementara itu, di India Hari Guru diperingati setiap tanggal 5 September yang sekaligus menandai ulang tahun kelahiran Dr Sarvepalli Radhakrishnan.

Untuk menghormati dan merayakan para guru tercinta pada kesempatan istimewa ini, berikut adalah beberapa contoh ucapan Hari Guru, seperti dikutip Times of India.
  1. Selamat Hari Guru! Di hari istimewa ini, saya ingin mengucapkan terima kasih atas semua upaya yang telah Anda lakukan untuk menjadikan saya orang yang lebih baik dalam hidup ini.
  2. Terima kasih telah menjadi pemandu saya dan mengajari saya pelajaran hidup. Selamat Hari Guru untuk semua guru saya!
  3. Tanpa Anda, saya akan tersesat. Terima kasih para guru yang terkasih, karena telah membimbing dan menginspirasi saya. Selamat Hari Guru!
  4. Ajaran Anda akan selalu terukir di benak saya. Selamat Hari Guru!
  5. Guru yang baik adalah orang yang dapat menginspirasi harapan, memicu imajinasi, dan menanamkan kecintaan belajar. Terima kasih telah menjadi guru yang brilian. Semoga Anda bisa merayakan Hari Guru yang bahagia!
  6. Pada hari istimewa ini, saya hanya ingin memberi tahu Anda bahwa Anda adalah salah satu guru terbaik yang pernah saya miliki. Terima kasih telah membuat saya menjadi orang yang lebih baik.
  7. Guru yang baik membangun pengetahuan, guru yang hebat membangun karakter.
  8. Guru terbaik di dunia tidak memberikan jawaban atas pertanyaan Anda. Sebaliknya, mereka memicu dalam diri Anda keinginan untuk menemukan jawabannya sendiri. Selamat Hari Guru!
  9. Seorang guru bagaikan lilin yang menghabiskan seluruh hidupnya untuk memberi penerangan kepada banyak siswa.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kutipan di bawah ini untuk merayakan Hari Guru Nasional.
  1. “Jika suatu negara ingin bebas korupsi dan menjadi bangsa yang berpikiran indah, saya merasa ada tiga anggota masyarakat kunci yang dapat membuat perbedaan. Mereka adalah ayah, ibu, dan guru.” - Dr APJ Abdul Kalam
  2. “Pendidikan bukanlah mengisi ember, tapi menyalakan api.” –William Butler Yeats
  3. “Seluruh seni mengajar hanyalah seni membangkitkan keingintahuan alami dari pikiran-pikiran muda dengan tujuan untuk memuaskannya nanti.” –Anatole Prancis
  4. "Pengajaran yang baik lebih merupakan pemberian pertanyaan yang benar dari pada memberikan jawaban yang benar.” –Josef Albers
  5. "Mari kita ingat: Satu buku, satu pena, satu anak, dan satu guru dapat mengubah dunia." – Malala Yousafzai
  6. "Kamu adalah busur yang darinya anak-anakmu sebagai anak panah yang hidup diturunkan." – Khalil Gibran
  7. "Seni mengajar adalah seni membantu penemuan." –Mark Van Doren
  8. "Mereka menginspirasi Anda, mereka menghibur Anda, dan Anda akhirnya belajar banyak bahkan ketika Anda tidak mengetahuinya." –Nicholas Sparks
  9. "Di mana pun Anda menemukan sesuatu yang luar biasa, Anda akan menemukan sidik jari seorang guru yang hebat." –Arne Duncan
  10. "Ajarkan cinta, kemurahan hati, sopan santun dan beberapa di antaranya akan melayang dari kelas ke rumah dan siapa tahu, anak akan mendidik orang tua." –Roger Moore
  11. "Guru, saya yakin, adalah anggota masyarakat yang paling bertanggung jawab dan penting karena upaya profesional mereka memengaruhi nasib Bumi." –Helen Caldicott
  12. "Tidak ada kata dalam bahasa yang saya hormati lebih dari guru. Hati saya bernyanyi ketika seorang anak menyebut saya sebagai gurunya, dan itu selalu demikian. Saya telah menghormati diri saya dan seluruh keluarga manusia dengan menjadi seorang guru." –Pat Conroy


Baca juga artikel terkait HARI GURU NASIONAL 2020 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight