Contoh Soal Wawancara PPPK 2021 serta Kunci Jawaban & Passing Grade

Oleh: Yonada Nancy - 18 September 2021
Dibaca Normal 3 menit
Contoh soal wawancara PPPK 2021 beserta kunci jawabannya, dan data passing grade dalam seleksi PPPK Guru dan Non Guru.
tirto.id - Seleksi kompetensi di penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 berisi ujian dengan sejumlah materi, salah satunya adalah wawancara. Seleksi wawancara tersebut akan digelar dengan sistem computer assisted test (CAT) sebagaimana materi uji kompetensi lainnya.

Seleksi wawancara untuk PPPK 2021 diatur dalam Keputusan Menpan RB Nomor 1128 tahun 2021. Berdasarkan aturan tersebut, seleksi wawancara dilakukan untuk menguji integritas dan moralitas pelamar.

Seleksi wawancara sama pentingnya dengan seleksi kompetensi teknis, manajerial, maupun sosial kultural. Untuk dapat lolos seleksi wawancara, pelamar PPPK 2021 juga diharuskan memenuhi skor minimal 24 dari nilai maksimal 40. Seleksi ini akan berlangsung selama 10 menit dengan 10 butir pertanyaan.

Supaya bisa menjawab pertanyaan dalam seleksi wawancara PPPK 2021 tentu dibutuhkan latihan, seperti dengan mempelajari prediksi soal-soal apa saja yang kemungkinan muncul saat ujian.

Mengutip laman resmi PGRI Tanjungpinang Timur, berikut beberapa contoh soal seleksi wawancara PPPK Guru 2021 beserta jawabannya.

Contoh Soal Wawancara PPPK Guru 2021 & Jawaban

Soal nomor 1

Apa motivasi anda menjadi PPPK?

Jawaban terbaik, yaitu:

  • Ingin mengabdikan diri kepada negara dan melayani masyarakat
  • Ingin mengembangkan kemampuan diri agar menjadi pegawai yang profesional

Soal nomor 2

Apa motivasi anda menjadi guru?

Jawaban terbaik, yaitu:

Menjadi guru bagi saya adalah kesempatan untuk mengabdi kepada negara dan mengabdi kepada masyarakat, ikut menjadi bagian dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia dan generasi muda penerus bangsa demi kemajuan bangsa.

Soal nomor 3

Apa pendapat anda tentang profesionalisme ASN (Aparatur Sipil Negara)?

Jawaban terbaik yaitu:

ASN yang profesional adalah ASN yang mumpuni dalam jabatan sebagai ASN, meliputi kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosio kultural. Kompetensi itu dibuktikan dengan:

  • Integritas dan kejujuran dalam bekerja
  • Kemampuan bekerjasama dengan rekan baik seprofesi maupun tidak dalam satu profesi
  • Melayani publik secara proporsional
  • Senantiasa mengembangkan diri untuk meningkatkan pelayanan pada negara dan masyarakat dan berperan aktif dalam membantu rekan untuk pengembangan dirinya
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang efektif
  • Siap dalam beradaptasi dan pandai dalam mengelola perubahan ke arah yang lebih baik
  • Berani mengambil keputusan yang tepat
  • Menjalankan tugas dengan baik dan berorientasi hasil
  • Memiliki kemampuan sesuai dengan jabatan yang di emban atau kompetensi teknis
  • Memiliki jiwa sosial dan terbuka dalam perbedaan.

Soal nomor 4


Apa pendapat anda tentang pengajar dan pendidik, apa perbedaaannya?

Jawaban terbaik, yaitu:

Seorang pendidik sudah pasti bisa mengajar, namun seorang pengajar belum tentu bisa mendidik. Seorang guru dituntut untuk dapat melakukan keduanya, yaitu mengajar dan mendidik.

Guru juga menjadi seorang pendidik, yang artinya menanamkan nilai-nilai budi pekerti dan akhlak yang baik. Menjadi guru sebagai pengajar artinya bertanggung jawab secara akademik dan tekun berusaha membuat orang lain mengerti dan memahami suatu materi pelajaran.

Soal nomor 5

Apa pendapat anda tentang Guru Profesional ?

Jawaban terbaik, yaitu:

Guru profesional adalah guru yang mempunyai 4 kompetensi: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

Kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.

Kompetensi kepribadian berkaitan dengan karakter personal. Ada indikator yang mencerminkan kepribadian positif seorang guru yaitu: supel, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, berwibawa, santun, empati, ikhlas, berakhlak mulia, bertindak sesuai norma sosial dan hukum, dll.

Kompetensi profesional guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik.

Kompetensi sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas.

Soal nomor 6

Apabila anda diangkat menjadi Pegawai PPPK, apakah bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia? Berikan alasan anda!

Jawaban terbaik, yaitu:

Saya bersedia ditempatkan di mana saja karena saya merasa menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Saya tidak membeda-bedakan tempat kerja, di mana pun saya bekerja saya akan tetap bersikap profesional dalam menjalankan tugas.

Soal nomor 7

Apa pendapat Anda tentang lagu Indonesia Raya

Jawaban terbaik, yaitu:

Lagu Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan bagi negara indonesia. Lagu Indonesia Raya adalah gambaran perasaan nasional yang memiliki makna salah satunya menggambarkan semangat dan cita-cita bangsa Indonesia yang tertulis dalam lirik demi lirik lagu.

Lagu Indonesia adalah termasuk identitas nasional. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga terhadap lagu Indonesia dan senantiasa menjiwai apa yang terkandung di dalamnya. Mencintai lagu Indonesia merupakan bagian dari cinta Tanah Air dan rasa nasionalisme kita.

Soal nomor 8

Apa pendapat anda tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan implementasi pekerjaan anda terhadap hal tersebut?

Jawaban terbaik, yaitu:

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia, artinya seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk peraturan perundang-undangan merupakan mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila.

Implementasi terhadap pekerjaan saya adalah saya akan melaksanakan pekerjaan saya sebagai pendidik dengan aturan yang berlaku yang dibuat oleh pemerintah. Saya juga akan ikut berperan menjadi bagian terdepan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila untuk anak didik saya agar bertindak sesuai dengan nilai Pancasila.

Soal nomor 9

Jelaskan apa pancasila menurut anda ?

Jawaban terbaik, yaitu:

Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia yang memuat rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Terdapat lima ideologi utama penyusun Pancasila yang tercantum di alinea ke-4 Preambule (Pembukaan) UUD 1945, yakni:

  • Ketuhanan Yang Maha Esa,
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila adalah dasar NKRI yang mengilhami pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan di Republik Indonesia, termasuk peraturan perundang-undangan. Pancasila juga menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia. Maka itu, semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia, termasuk dalam kehidupan sehari-hari, harus sesuai dengan Pancasila.

Soal nomor 10

Jika anda menjadi guru profesional apakah bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia?

Jawaban terbaik, yaitu:

Saya bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh indonesia karena bagi saya guru profesional adalah guru yang siap menjalankan tugas sebagai pengajar dan pendidik di mana saja, pada siapa saja, dengan tujuan untuk mencerdaskan generasi muda penerus bangsa.

Passing Grade Seleksi Kompetensi PPPK 2021

Seleksi kompetensi PPPK tahun ini akan berisi ujian empat jenis materi, yaitu kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural, dan wawancara.

Keempat materi itu diujikan dengan passing grade (ambang batas nilai) berlainan. Pelamar PPPK 2021 harus mencapai nilai ambang batas itu supaya dapat lolos seleksi kompetensi.

Merujuk unggahan akun Intagram resmi BKN RI @BKNgoidofficial, berikut passing grade seleksi kompetensi PPPK Non Guru 2021.

Seleksi Kompetensi Passing Grade Nilai Kumulatif Maksimal
Teknis Terlampir dalam Keputusan Menpan RB Nomor 1128 Tahun 2021 450
Manajerial 130 200
Sosial Kultural
Wawancara 24 40


Khusus untuk materi seleksi kompetensi teknis, passing grade disesuaikan dengan masing-masing jabatan fungsional yang dilamar. Pemerintah menetapkan setidaknya ada 162 jabatan fungsional dalam PPPK Non Guru 2021.

Daftar passing grade jabatan fungsional tersebut tercantum dalam Keputusan Menpan RB Nomor 1128 Tahun 2021, yang dapat diunduh melalui link berikut:

Daftar passing grade Jabatan Fungsional Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Non Guru 2021 [Halaman 7].

Sementara untuk PPPK Guru 2021 daftar passing grade untuk seleksi kompetensinya adalah sebagai berikut.

Seleksi Kompetensi Passing Grade Nilai Kumulatif Maksimal
Teknis Terlampir dalam Keputusan Menpan RB Nomor 1127 Tahun 2021 500
Manajerial 130 200
Sosial Kultural
Wawancara 24 40


Passing grade untuk seleksi kompetensi teknis PPPK Guru dibedakan berdasar satuan pendidikan dan mata pelajaran yang dilamar. Total terdapat 213 jenis passing grade untuk PPPK Guru 2021 yang dapat diunduh di link berikut:

Daftar passing grade Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2021 [Halaman 7].

Baca juga artikel terkait PPPK 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Addi M Idhom
DarkLight