Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 4 SD dan Jawabannya

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 1 Des 2022 13:06 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Contoh soal bahasa Indonesia kelas 4 pembahasannya meliputi kosa kata, aturan berbahasa Indonesia yang baik serta benar, sampai menyimak suatu bacaan.
tirto.id - Contoh soal latihan bahasa Indonesia kelas 4 pembahasannya meliputi kosa kata, aturan berbahasa Indonesia yang baik serta benar, sampai menyimak suatu bacaan. Lantas, bagaimana contoh soalnya?

Mengutip ungkapan Eva Yulia dan Cicilia Erni dalam buku Bahasa Indonesia SD Kelas IV (2021, hlm. vi), tujuan pembelajaran kelas 4 mencakup beberapa aspek. Di antaranya mempelajari kata baru, mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar, hingga menyimak bacaan-bacaan tertentu.

Pada pelajaran tentang kata-kata baru, bisa menggunakan metode penjabaran sinonim atau antonim. Sinonim didefinisikan sebagai persamaan sebuah kosa kata, sedangkan antonim merupakan lawan katanya.


Selain itu, ada juga pembelajaran tentang penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Para siswa diberikan latihan berupa cara menulis sesuai kaidah, penggunaan tanda baca, dan lain-lain.

Terakhir, para siswa juga diberikan latihan agar bisa menyimak suatu bacaan. Nantinya, mereka akan dimintai pendapat tentang teks yang sudah diberikan. Biasanya, meliputi pendapat, saran, sampai kritik terhadap suatu aktivitas di tulisan.



Contoh Soal Latihan Bahasa Indonesia Kelas 4


Berikut ini beberapa contoh soal latihan bahasa Indonesia Kelas 4, dilansir dari situs Bank Soal Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Budaya) RI.

1. Antonim dari kata berdiri adalah...

a. berlari

b. duduk

c. diam dan duduk

d. jalan

Pembahasan:

Antonim merupakan lawan kata. Dengan begitu, lawan kata dari berdiri adalah posisi yang berkebalikan dengannya. Jawabannya adalah duduk.

Jawaban: b

2. Menggunakan suatu alat harus sesuai dengan...

a. beratnya

b. keperluan

c. petunjuk

d. jam

Pembahasan:

Ketika menggunakan suatu alat, biasanya ada petunjuk tertentu untuk mengetahui cara penggunaannya. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah sesuai dengan petunjuk.

Jawaban: c

3. Penulisan tanggal pembuatan surat yang tepat pada kalimat berikut ini adalah...

a. Sabang; 26, Oktober 2020

b. Sabang, 26, Oktober 2020

c. Sabang, 26 Oktober 2020

d. Sabang, 26. Oktober 2020

Pembahasan:

Setelah menuliskan tempat pembuatan surat, biasanya akan dilanjutkan dengan tanda baca koma (,). Setelah itu, baru disambung dengan tanggal pembuatannya tanpa menggunakan tanda baca apapun. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah “Sabang, 26 Oktober 2020”.

Jawaban: c

4. Perhatikan rubrik berikut!

Sejak datangnya musim kemarau bunga-bunga di halaman sekolah yang semula menghijau kini tampak layu. Sebagian dedaunan menguning, sebagian lagi mengering karena kekurangan air. Sampah dedaunan terlihat berserakan dihembus angin. Tanah tempat tumbuhnya bunga-bunga terlihat gersang tidak tersentuh air. Semua menunggu datangnya hujan untuk menumbuhkan kembali bunga-bunga yang ada di halaman sekolah.

Kalimat saran yang tepat dari rubrik di atas adalah...

a. sebaiknya bunga-bunga di sekolah di siram setiap hari

b. siramlah bunga yang sudah layu

c. ganti bunga yang baru jika bunga yang lama layu

d. suruh penjaga sekolah menyiramnya

Pembahasan:

Tugas menjaga tanaman adalah tanggung jawab semua orang yang ada di sekolah. Siapapun ia, mesti bisa menyiram tanaman agar bisa menghijau kembali. Oleh sebab itu, saran yang tepat adalah menyiramnya setiap hari.

Jawaban: a


Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight