Contoh Perubahan Energi dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Penulis: Maria Ulfa - 4 Mar 2022 14:55 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Ada begitu banyak contoh perubahan energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja? Temukan penjelasan dan contohnya lengkap di sini.
tirto.id - Contoh perubahan energi dan manfaatnya dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal tersebut bahkan terjadi di sekitar Anda dan mungkin tidak kita sadari.

Misalnya, perubahan energi dari listrik menjadi panas. Hal ini terjadi pada alat setrika. Manfaatnya tentu untuk bikin baju menjadi tak kusut.

Ada begitu banyak contoh perubahan energi dan manfaatnya yang bisa kita jumpai di sekitar kita. Sebelum masuk ke sana, menarik untuk disimak soal apa itu energi dan mengapa manusia memerlukannya?


Apa Itu Energi?


Energi dalam ilmu sains dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. Sedangkan, usaha didefinisikan dengan gaya kali jarak perpindahan benda yang dikenai gaya.

Misalkan Anda melakukan usaha terhadap sebuah batu besar dengan cara mengangkatnya. Dalam hal ini Anda telah menyalurkan energi, tetapi energi ini tidak hilang.

Dikutip dari situs Kemdikbud, energi tersebut tidak habis, melainkan dipindahkan ke batu itu. Batu tersebut sekarang memiliki energi dan bisa melakukan usaha.

Satuan internasional untuk energi adalah joule. Satuan joule merupakan satuan yang diturunkan dari satuan gaya dan satuan jarak dalam sistem MKS, yaitu newton dan meter.

Dalam fisika ada beberapa satuan lainnya yang dapat dikonversikan ke dalam satuan joule. Satuan-satuan tersebut antara lain, erg, kalori, kilokalori, elektronvolt, MeV, dan kWh.

Sumber energi terdiri dari dua jenis, yaitu sumber energi tidak terbaharui atau non-renewable dan sumber energi alternatif atau sumber energi terbaharui.

Sumber energi tidak terbaharui didefinisikan sebagai sumber energi yang tidak dapat diisi atau dibuat kembali oleh alam dalam waktu yang singkat, bukan proses berkelanjutan.

Sumber energi tak terbaharui diperoleh dari perut bumi dalam bentuk cair, gas, dan padat. Sumber energi tak terbaharui di antaranya ialah minyak bumi, gas alam, propane, batubara, dan uranium.

Sementara sumber energi alternatif adalah sumber energi sebagai pengganti sumber energi tak terbaharui. Semua sumber energi terbaharui termasuk sumber energi alternatif.

Sumber energi terbaharui (renewable) didefinisikan sebagai sumber energi yang dapat dengan cepat diisi kembali oleh alam, proses berkelanjutan. Yang termasuk sumber energi terbaharui, yaitu matahari, angin, air, biomassa, dan panas bumi.


Contoh Perubahan Energi dan Manfaatnya


Manusia memerlukan energi tertentu yang sesuai dengan aktivitasnya. Manusia memerlukan panas untuk merapikan pakaian, memerlukan energi cahaya untuk menerangi rumah di malam hari dan lain sebagainya.

Dikutip dari situs Kemdikbud, berikut ini adalah beberapa contoh perubahan energi yang terjadi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Perubahan Bentuk Energi Listrik Menjadi Panas

Untuk merapikan pakaian manusia membuat setrika listrik. Dalam hal ini, energi listrik diubah menjadi panas, yang mampu membuat pakaian kita menjadi rapi. Contoh lainnya juga terjadi pada rice cooker, kompor listrik dan masih banyak lagi.

  • Perubahan Bentuk Energi Listrik Menjadi Energi Cahaya

Manusia juga sering menggunakan contoh perubahan energi listrik menjadi energi cahaya seperti pada lampu yang sangat berguna untuk penerangan kita terutama di malam hari.

Selain berasal dari energi listrik, energi cahaya bisa didapatkan dari energi kimia misalnya pada lampu senter yang sumber energinya berasal dari energi kimia batu baterai.

  • Perubahan Bentuk Energi Kimia Menjadi Energi Gerak

Perubahan energi selanjutnya adalah perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Perubahan energi ini sering digunakan untuk menggerakan suatu benda.

Misalnya, kereta api uap yang menggunakan bahan bakar batu bara, kendaraan bermotor dengan bahan bakar bensin, solar atau avtur.

  • Perubahan Bentuk Energi Listrik Menjadi Energi Kimia

Perubahan energi lain yang juga sangat bermanfaat untuk manusia adalah adanya perubahan energi listrik menjadi energi kimia seperti pada pengisian aki yang berpengaruh pada kendaraan bermesin seperti mobil dan sepeda motor.

Aki atau baterai menjadi satu-satunya alat yang bisa menyediakan listrik dalam jumlah besar pada kendaraan saat kendaraan tersebut belum bekerja (mati).

  • Energi Matahari

Kita sadari bahwa energi yang paling besar yang ada di muka bumi ini adalah energi matahari. Dari sumber energi ini, maka bisa kita manfaatkan perubahan energi yang ada.

Meski demikian, tidak perlu menunggu terjadi perubahan energi untuk memanfaatkan energi matahari.

Karena dengan panas matahari yang dapat kita rasakan secara langsung ini kita dapat memanfaatkannya untuk mengeringkan pakaian atau berbagai macam jemuran seperti padi, cengkeh dan lainnya.

Fungsi lain matahari adalah sebagai penghangat tubuh, untuk membantu dan juga penghangat ruangan.

  • Perubahan Bentuk Energi pada Peristiwa Fotosintesis

Terjadinya fotosintesis pada tumbuhan juga tidak terlepas dari adanya perubahan energi. Fotosintesis bisa terjadi karena adanya perubahan energi cahaya, yaitu yang bisa didapatkan dari matahari menjadi energi kimia.

Klorofil adalah zat hijau daun yang terdapat dalam organel sel tumbuhan yang disebut kloroplas.

Klorofil berfungsi dalam fotosintesis. Energi radiasi sinar matahari yang ditangkap oleh klorofil berfungsi melancarkan proses fotosintesis.

Proses tersebut digunakan untuk mereaksikan CO2 dan H2O menjadi glukosa.

Selain menjadi energi kimia dalam bentuk glukosa, hasil reaksinya menghasilkan oksigen yang dapat digunakan oleh tumbuhan untuk beraktivitas, seperti tumbuh, berkembang, dan bernapas.


Baca juga artikel terkait ENERGI atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight