Hari Lingkungan Hidup

Contoh Lingkungan Hidup Buatan Manusia: Pemukiman hingga Taman

Penulis: Dhita Koesno, tirto.id - 10 Jan 2023 14:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Contoh lingkungan hidup buatan manusia, dari perkampungan, sekolah hingga kawasan industri.
tirto.id - Hari Lingkungan Hidup Internasional diperingati setiap tahunnya pada 10 Januari, dan tahun ini bertepatan dengan hari ini, Selasa (10/1/2023).

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Definisi tersebut sesuai dengan yang tertera di Undang Undang No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.


Jenis Lingkungan Hidup


Lingkungan hidup sendiri terbagi atas lingkungan hidup alamiah dan lingkungan buatan manusia.

Dikutip dari situs DLH Kota Semarang, lingkungan hidup alami terbentuk karena proses alam, di mana di dalamnya ada unsur abiotik, unsur biotik, organisme kecil, serta perpaduan dari segala macam kondisi yang bekerja secara dinamis, dan terbentuknya murni tanpa adanya campur tangan manusia.

Sementara lingkungan hidup buatan adalah sebuah lingkungan yang terbentuk karena adanya campur tangan manusia di dalamnya.

Lingkungan hidup buatan memang sengaja dibuat oleh manusia dengan dibantu oleh dukungan teknologi yang dimiliki, baik teknologi sederhana hingga teknologi modern demi terbentuknya lingkungan baru untuk ditempati.

Contoh Lingkungan Hidup Buatan Manusia


Seperti dikutip dari modul Hubungan Interelasi Manusia dan Lingkungannya terbitan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan International English Institute of Indonesia (2018), berikut ini beberapa contoh lingkungan hidup buatan manusia:

1. Perkampungan


REVITALISASI KAMPUNG KUMUH
Bangunan di Kampung Wonosari bercat warna-warni di Randusari, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (14/5). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.


Perkampungan merupakan wilayah yang berada pada suatu daerah tertentu yang di dalamnya berisikan kumpulan rumah-rumah tempat tinggal warga, baik individu atau keluarga.

Sehingga bisa didefinisikan bahwa perkampungan adalah salah satu lingkungan hidup yang terdapat kumpulan rumah karena dibentuk oleh manusia pada satu wilayah.

Ada dua jenis perkampungan yang biasanya terbentuk, pertama adalah perkampungan tradisional yang bisa ditemui di daerah pedesaan, pedalaman, atau tepi pantai.

Umumnya, bentuk rumah di perkampungan tradisional sangat beragam dan kebanyakan masih dipengaruhi oleh budaya lokal setempat.

Kedua, yakni perkampungan modern yang biasanya berada di kota atau lebih dikenal dengan sebutan perumahan/komplek.

Di perumahan/komplek, bangunannya biasa hampir sama dan seragam dan umumnya bertipe model rumah minimalis

2. Jalan

PEMBERLAKUKAN ONE WAY DI TOL PEJAGAN-PEMALANG
Foto udara kendaraan melintas di jalan tol Pejagan-Pemalang, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (6/5/2022). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/nym.


Jalan adalah area yang terbentuk dari hamparan tanah dan sengaja dibuat oleh manusia untuk keperluan dalam akses transportasi, sehingga mempermudah untuk terhubung dari satu tempat ke tempat lainnya.

Bentuk jalan biasanya menyesuaikan dengan letak tempat dan kebutuhan manusia itu sendiri. Seperti jalan setapak yang dibuat kecil atau sepetak karena hanya menghubungkan antar-rumah dan rata-rata hanya digunakan oleh sekelompok orang saja.

Ada juga jalan Tol yang bentuknya sangat besar dan panjang. Jalan tol dibuat sebagai penghubung antara satu daerah dengan daerah lain yang tujuannya mempermudah dan memperlancar jalannya kendaraan.

3. Sekolah

PTM TERBATAS TINGKAT SD DI KOTA TANGERANG
Seorang guru mengukur suhu tubuh siswa sebelum memasuki lingkungan sekolah saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN Pasar Baru 1, Kota Tangerang, Banten, Senin (25/10/2021). ANTARA FOTO/Fauzan/aww.


Sekolah adalah lingkungan hidup buatan manusia yang digunakan untuk keperluan belajar mengajar.

Bangunan yang terdapat di lingkungan sekolah umumnya berupa bangunan sekolah itu sendiri yang di dalamnya ada kelas, taman, ruang guru, kantin, dan lainnya.

4. Taman

WISATA TAMAN LALU LINTAS DI BANDUNG
Wisatawan menunjungiTaman Lalu Lintas, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/12/2022). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.


Taman merupakan lingkungan hidup yang dibuat oleh manusia berupa lahan yang di dalamnya terdapat berbagai jenis tanaman seperti tanaman hias, pohon, dan lain-lain.

Biasanya taman akan dibuat lebih alami dan seasri mungkin agar tampilannya terlihat seperti alam liar. Taman sendiri Taman biasanya dibangun di tengah kota atau pedesaan yang difungsikan sebagai tempat penghijauan di tengah kota atau desa.

Selain itu, taman juga bisa digunakan sebagai sarana bermain dan rekreasi alam keluarga.

5. Kawasan Industri

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk
Ilustrasi PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. FOTO/Jababeka.com


Kawasan industri merupakan lingkungan buatan yang menjadi tempat atau wilayah pusat kegiatan industri untuk mengola sesuatu.

Tempat ini biasanya dilengkapi dengan sarana, prasarana, dan fasilitas penunjang yang memungkinkan kelancaran kegiatan industri tersebut.

Biasanya lingkungan di kawasan industri terbentuk dari setiap aktivitas manusia. Sehingga dari sana bisa tercipta pula suatu ekosistem makhluk hidup buatan.


Baca juga artikel terkait LINGKUNGAN HIDUP BUATAN MANUSIA atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight