Menuju konten utama
Edukasi

Contoh Iklan Layanan Masyarakat: Hari Besar dan Kepentingan Publik

Berikut ini adalah contoh iklan pelayanan masyarakat, seperti hari bsar nasional hingga kepentingan masyarakat.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat: Hari Besar dan Kepentingan Publik
sejumlah reklame terpasang di jalan ahmad yani di bekasi, jawa barat, selasa (1/3). berdasarkan data laporan target dan realisasi pendapatan asli daerah (pad) kota bekasi hingga akhir 2015 menunjukkan realisasi pajak reklame baru mencapai rp25,34 miliar atau kurang rp29,89 dari target sebesar rp 56,16 miliar. antara foto/risky andrianto/foc/16.

tirto.id - Iklan layanan masyarakat (public service announcement) merupakan iklan yang tujuannya untuk menyampaikan pesan dari pemerintah dan bersifat non-provit. Banyak contoh iklan layanan masyarakat yang ada di Indonesia.

Istilah iklan sendiri diambil dari bahasa Belanda yaitu advertentie yang dalam bahasa Inggris berarti advertising. Di Indonesia iklan mulai dikenalkan pada tahun 1619-1629 oleh Jan Pieterzoen Coen seorang pendiri Batavia dan gubernur jenderal Belanda.

Pada dasarnya iklan bertujuan untuk menyampaikan produk-produk yang akan dipasarkan oleh suatu perusahaan agar tersampaikan ke khalayak umum.

Melalui iklan inilah informasi mengenai produk perusahaan menyebar dengan mudah karena biasanya sasarannya banyak orang atau secara massal.

Pada awal iklan mulai digunakan di Indonesia, penyebaran melalui surat kabar sangat bermanfaat bagi perusahaan karena hampir setiap orang berlangganan surat kabar sebagai pemberi informasi selain radio.

Pada masa sekarang ini banyak orang sudah meninggalkan surat kabar maupun radio. Mereka beralih ke media digital di internet seperti email ataupun sosial media.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

Iklan merupakan salah satu media yang digunakan untuk mengarahkan komunikasi antara pemilik perusahaan kepada sasarannya yaitu masyarakat.

Monle Lee dan Carla Johnson (2004) pada buku Pengantar Periklanan oleh Situmeang, menyatakan bahwa periklanan adalah alat komunikasi komersil dan nonkomersil mengenai suatu organisasi dan produknya yang ditransaksikan ke masyarakat melalui media massal, seperti radio, surat kabar, televisi, majalah dan lain-lain.

Selain perusahaan iklan juga dimanfaatkan oleh pemerintah guna untuk menyampaikan pesan-pesan untuk masyarakat.

Iklan ini biasa disebut dengan iklan layanan masyarakat karena dikirim oleh pemerintah dan diterima oleh masyarakat.

Selain sebagai sumber informasi, iklan juga bertujuan untuk membujuk, mengingatkan, serta memberikan nilai tambah suatu nilai produk yang mempengaruhi persepsi konsumen.

Menurut Susanto (1976) iklan layanan masyarakat merupakan pelayanan terkait berbagai jenis layanan masyarakat, tidak disebarluaskan pada ruang dan waktu yang berbayar yang dilakukan tanpa mendapat keuntungan.

Iklan layanan masyarakat biasanya dimuat atas permintaan pemerintah maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk mengarahkan solidaritas antarmasyarakat terhadap suatu permasalahan.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Iklan tidak hanya ditujukan untuk kepentingan suatu organisasi mengenai produk jualannya saja melainkan juga ditujukan untuk pelayanan masyarakat. Berikut contoh iklan pelayanan masyarakat:

1. Iklan Hari Besar Nasional

Hari-hari besar nasional yang menyangkut masyarakat secara umum sepoerti hari pendidikan, hari petani, hari ibu, atau hari pahlawan. Pada hari besar ini biasanya pemerintah akan membuat iklan layanan masyarakat.

2. Iklan Kondisi Masyarakat

Masalah-masalah yang sedang terjadi pada masyarakat biasanya dibuat oleh pemerintah sebuah iklan layanan masyarakat untuk mendemokan suatu permasalahan agar tidak semakin besar atau penanganan.

Misalnya kondisi perokok yang semakin berdampak pada masyarakat lain, maka pemerintah membuat iklan demo larangan merokok di tempat umum, masalah ketertiban berlalu lintas, dan masalah lain yang berkaitan dengan toleransi antarmasyarakat.

3. Iklan Kepentingan Pemerintahan

Salah satu tujuan iklan untuk membujuk dan juga memberikan arahan positif mengenai nilai-nilai suatu kepentingan.

Misalnya untuk kepentingan negara warga masyarakat wajib melakukan pajak, wajib mengenakan masker saat Covid-19, maka pemerintah akan membuat iklan layanan tersebut.

Baca juga artikel terkait IKLAN LAYANAN MASYARAKAT atau tulisan lainnya dari Wulandari

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Wulandari
Penulis: Wulandari
Editor: Maria Ulfa