Contoh Alasan Pengajuan Koreksi Data KIP Kuliah & Isi Kolom Ekonomi

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 22 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Alasan pengajuan koreksi data KIP Kuliah 2021 dan cara isi kolom ekonomi.
tirto.id - Pengisian data adalah salah satu tahap penting dalam pendaftaran KIP Kuliah 2021. Salah satu bagian yang harus diisi adalah Kolom Ekonomi. Pada kolom ekonomi, calon penerima KIP Kuliah 2021 diminta untuk mengisi form terkait dengan penghasilan orang tua dan kondisi ekonomi lainnya.

Kolom Ekonomi diisi setelah peserta melengkapi Kolom Data Keluarga. Selanjutnya, peserta harus mengisi Kolom Biodata dan lanjut ke Kolom Data Keluarga, kemudian isi Kolom Ekonomi, Kolom Data Rumah, Kolom Aset, Kolom Prestasi, Kolom Rencana, dan Kolom Seleksi.

Setelah memilih Kolom Ekonomi, peserta akan diminta untuk mengisi Alasan Pengajuan Koreksi Data, Penghasilan Ayah, Penghasilan Ibu, Hutang, Cicilan Hutang, Piutang, Cicilan Piutangm dan Tabungan Keluarga. Simak ulasan berikut untuk melihat cara isi masing-masing poin.

a. Alasan Pengajuan Koreksi Data

Karena ada kesalahan data atau data belum terinput maka kalian diminta memasukkan alasan pengajuan koreksi data. Contoh alasan pengajuan koreksi data :

Contoh: "Ada data penghasilan Ayah dan Ibu yang tidak sesuai, kolom hutang dan piutang juga masih ada kesalahan. Jadi saya mengajukan perbaikan data ini untuk memperbaiki penghasilan Ayah, Ibu dan kolom lainnya."

b. Penghasilan Ayah

Jika tidak bekerja, isi Tidak Berpenghasilan dan jika bekerja, maka isi sesuai dengan penghasilan sesungguhnya. Bagi profesi Petani, Pedagang, Nelayan silahkan dikira-kira saja.

c. Penghasilan Ibu

Jika tidak bekerja, isi Tidak Berpenghasilan dan jika bekerja, maka isi sesuai dengan penghasilan sesungguhnya. Bagi profesi Petani, Pedagang, Nelayan silahkan dikira-kira saja.

d. Hutang

Hutang kepada pihak lain. Contoh : 100000000 (Tanpa Titik / Koma).

e. Cicilan Hutang

Cicilan Hutang yang dibayarkan setiap bulannya kepada pihak lain. Contoh : 1000000 (Tanpa Titik atau Koma).

f. Piutang

Jumlah uang yang kita hutangkan ke pihak lain.

g. Cicilan Piutang

Jumlah cicilan per bulan yang dibayarkan ke keluarga, dari piutang yang telah diberikan.

h. Tabungan Keluarga

Uang yang ada di tabungan keluarga, baik tabungan yang ada di bank maupun yang di simpan di celengan atau alat penyimpanan lainnya.

Sebelum pilih Update Ekonomi, pastikan tidak ada kesalahan pengisian data. Karena pembaharuan data ekonomi
membutuhkan persetujuan dari pihak operator KIP Kuliah dan itu memakan waktu lama.


Baca juga artikel terkait KIP KULIAH 2021 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight