Clubhouse di Android Belum Bisa & Seri iPhone yang Mendukung

Oleh: Ibnu Azis - 19 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Aplikasi yang lagi hits di Instagram, Clubhouse, belum bisa di Android dan bisa diinstal pada sebagian iPhone.
tirto.id - Apakah Clubhouse bisa di Android riuh disuarakan warganet pengguna 'robot ijo' yang ingin menjajal aplikasi viral itu. Download Clubhouse for Android urung dapat dilakukan lantaran baru mendukung perangkat iOS.

Wajar kemudian muncul anggapan terkesan Clubhouse hanya untuk iPhone. Namun perlu diketahui pula bahwa tidak semua iPhone kompatibel karena hanya mendukung seri yang sudah menjalankan versi iOS 13 atau yang lebih baru.

Dilansir App Store, aplikasi yang lagi viral, Clubhouse, membutuhkan syarat perangkat Apple iPhone dan iPhone Touch dengan versi iOS 13 ke atas. Aplikasi yang cara join-nya dengan invite atau undangan itu punya kapasitas mentah 65,4MB.

Khusus untuk perangkat iPhone, dalam laman resmi Apple disebutkan bahwa iOS 13 ketika diluncurkan pada 2019 mendukung belasan perangkat. Saat itu, iOS 13 bisa disuntikkan pembaruannya pada seri iPhone SE generasi 1 hingga iPhone 11.

Adapun seri-seri iPhone tersebut ialah iPhone SE (generasi ke-2), iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE (generasi ke-1), iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone X.

Berdasarkan dari daftar tersebut, tentunya seri iPhone di bawah iPhone 6s tidak dapat menjalankan Clubhouse, macam iPhone 6, iPhone 5s, iPhone 5, dan seterusnya. Lantas bagaimana dengan seri iPhone terbaru, iPhone 12?

Jajaran iPhone 12 mulai dari iPhone 12 Mini hingga iPhone 12 Pro Max yang diumumkan pada Oktober 2020 secara otomatis bisa diinstal Clubhouse, lantaran sudah menjalankan versi iOS terkini, iOS 14. Bahkan, iOS 14 kini telah dimutakhirkan ke versi iOS 14.4.

Lalu, kapan Clubhouse for Android akan tersedia? Pertanyaan ini belum diketahui jawabannya lantaran Clubhouse masih fokus pada tahap pengembangan alias beta. Oleh karenanya cara join Clubhouse pun berdasarkan invitation lantaran aplikasi ini masih membatasi jumlah pemakainya.

Lain itu, Clubhouse belum ada rencana menyasar pengguna 'robot ijo'. Hal ini terungkap dalam unggahan blog perusahaan pada awal 2021. Clubhouse sendiri menargetkan tahap beta rampung pada 2021. Berikutnya baru membuka Clubhouse ke seluruh dunia.

Aplikasi Clubhouse untuk apa sempat riuh disuarakan netizen ketika media sosial berbasis audio ini meroket dalam waktu singkat. Berkat Elon Musk, ketenaran Clubhouse melonjak dalam semalam. Namun aplikasi ini eksis sejak 2020.

Dilansir CNET, melonjaknya popularitas Clubhouse juga disebabkan oleh faktor lain. Salah satunya karena Clubhouse diluncurkan pada awal pandemi COVID-19. Di Clubhouse, pengguna seperti mendengarkan podcast live atau secara langsung dengan lapisan eksklusivitas.


Baca juga artikel terkait CLUBHOUSE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight