Cina akan Produksi Serial Kartun Karl Marx

Oleh: Yantina Debora - 19 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Serial Karl Marx akan bercerita tentang teori politik dan ekonomi Marx termasuk soal percintaannya.
tirto.id - Cina akan memproduksi serial kartun tokoh Karl Marx, menandai 200 tahun kelahiran filsuf yang lahir di Jerman itu.

Serial kartun itu akan bercerita tentang kisah hidup filsuf Jerman dan revolusioner sosialis itu.

Mengutip SCMP, serial itu akan disiarkan langsung di situs web video streaming Cina Bilibili.com. Menurut Bilibili, serial ini mendapat dukungan penuh oleh pemerintah Beijing.

Serial Karl Marx tak hanya akan mengisahkan Karl Marx dengan teori politik dan ekonominya.

Serial kartun akan mencakup hubungannya dengan Jenny von Westphalen - yang dinikahinya pada 1843 dan memiliki tujuh anak - dan pertemanannya dengan Friedrich Engels.

"Marx adalah orang besar yang berdiri tegak di antara langit dan bumi, yang ideologisnya didirikan di sepanjang hidupnya dan membangkitkan semua proletar yang tidur di seluruh dunia dan sangat memengaruhi perkembangan sejarah dunia," kata Bilibili.

"Ia juga manusia biasa yang terdiri dari daging dan darah. Kecintaannya pada Jenny, yang menemui banyak rintangan, dan persahabatan dengan Engels, yang hampir mereka lewatkan, akhirnya menjadi legendaris."


Serial kartu ini hasil kerja sama kantor Marxisme di pemerintah pusat Cina, bekerja sama dengan pihak berwenang di Mongolia, Weiming Culture Media dan perusahaan animasi Dongmantang, kata Bilibili di Weibo, layanan mirip Twitter di Cina.

Namun belum ada keterangan yang lebih rinci soal berapa episode yang akan mereka produksi serta jadwal tayang serial Karl Marx.

Karl Marx yang lahir pada Mei 1818 menghadirkan teori-teori politik yang kini terus berkembang dan menjadi kekuatan pendorong bagi partai berkuasa Cina. Gambarannya menjadi fitur umum pada propaganda resmi sepanjang tahun.

Terkait potensi pasar atau penonton di Cina, Global Times mengungkapkan bahwa serial ini berpotensi besar menarik banyak penonton.

Sebab, The Chronicle of the Rabbits, sebuah animasi tentang sejarah Cina yang tayang sejak 2015, telah ditonton lebih dari 100 juta kali di Bilibili.

Menurut Global Times, warga Cina akan tertarik untuk menonton film atau serial dengan kisah-kisah yang menarik.

Baca juga artikel terkait SERIAL KARTUN atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Film)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight