CIA: Osama bin Laden Punya Koleksi Film Animasi Cars dan Ice Age

Oleh: Yuliana Ratnasari - 2 November 2017
Dibaca Normal 1 menit
Film yang disimpan dalam koleksi Osama bin Laden termasuk Antz, Chicken Little, Cars, Ice Age: Dawn of the Dinosaurs, Home on the Range dan The Three Musketeers.
tirto.id - Sekira 470.000 arsip tentang Osama bin Laden yang diperoleh dalam serangan Mei 2011 lalu telah dirilis oleh CIA pada Rabu (1/11/2017) waktu setempat. Terungkap bahwa Osama memiliki koleksi film yang mencakup kartun Amerika, film Hollywood dan dokumenter tentang dirinya sendiri.

Film yang disimpan dalam koleksi Bin Laden termasuk Antz, Chicken Little, Cars, Ice Age: Dawn of the Dinosaurs, Home on the Range dan The Three Musketeers, menurut CIA yang dilansir dalam laman resminya. Para ahli menilai bahwa film-film tersebut bisa saja untuk anak-anak atau anggota keluarga di lingkungannya.

Osama bin Laden, pemimpin Al Qaeda yang bertanggung jawab atas serangan 9/11, juga memiliki beberapa film dokumenter dan tayangan TV khusus tentang dirinya sendiri. Beberapa di antara film tersebut adalah Where in the World is Osama bin Laden and CNN: In the Footsteps of bin Laden.

Berkas yang dirilis pada Rabu itu telah ditemukan dari kamp bin Laden di Abbottabad, Pakistan--di mana dia terbunuh dalam serangan Mei 2011. Arsip tersebut juga berisi informasi tentang cara kerja Al Qaeda, mengungkapkan strategi dan ketidaksepakatan dalam kelompok tersebut.

"Perilisan hari ini meliputi surat-surat Al Qaeda, video, file audio, dan materi lainnya untuk memberi kesempatan kepada masyarakat Amerika mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang rencana dan cara kerja organisasi teroris ini," Direktur CIA Mike Pompeo mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip Time.

Dilansir dari laman CIA, arsip itu dirilis dalam bahasa Arab asli dan sedekat mungkin dengan bentuk aslinya, dimodifikasi hanya agar file tidak dapat diedit. Arsip yang dirilis hari ini meliputi:

- Jurnal pribadi Osama bin Laden dan lebih dari 18.000 dokumen.
- Sekitar 79.000 file audio dan gambar, termasuk gulungan latihan untuk pidato publik, korespondensi audio, dan citra yang dikumpulkan atau dihasilkan oleh Al Qaeda untuk berbagai tujuan.
- Lebih dari 10.000 file video, termasuk video Hamza bin Laden saat muda, video rumahan Al Qaeda, pernyataan dari Osama bin Laden, dan propaganda jihad.

Masih ada beberapa dokumen yang belum dirilis secara terbuka mencakup materi sensitif, demi menjaga keamanan bangsa. Dokumen yang ditangguhkan meliputi materi yang dilindungi oleh hak cipta; pornografi; malware; dan file kosong, rusak, dan duplikat. Beberapa materi yang ditahan dari rilis publik adalah video berhak cipta berikut:

Antz; Batman Gotham Knight; BBC Great Wildlife Moments; Biography – Osama bin Laden; Cars; Chicken Little; CNN Presents: World’s Most Wanted; Final Fantasy VII; Heroes of Tomorrow; Home on the Range; Ice Age: Dawn of the Dinosaurs; In the Footsteps of bin Laden – CNN; National Geographic: Kung Fu Killers; National Geographic: Inside the Green Berets; National Geographic: Predators at War; National Geographic: World’s Worst Venom; Peru Civilization; Resident Evil; Storm Rider – Clash of the Evils; The Kremlin from Inside; The Story of India; The Three Musketeers; Where in the World is Osama bin Laden.



Baca juga artikel terkait CIA atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Politik)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari