Chloe Zhao Dapat Penghargaan dari Palm Springs Film Awards

Penulis: Dede Mudopar - 26 Jan 2021 17:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sutradara Chloe Zhao mendapat penghargaan dari Palm Springs Film Awards untuk film Nomadland.
tirto.id - Pihak Palm Springs Film Awards 2021 memberikan penghargaan kepada sutradara kebangsaan Cina, Chloe Zhao.

Penghargaan Director of the Year diberikan kepada Zhao atas filmnya yang berjudul Nomadland.

Dilansir dari Variety, Chloe Zhao menjadi perempuan pertama yang mendapatkan penghargaan terhormat tersebut setelah 32 tahun ajang penghargaan ini berlangsung.

Acara penghargaan Palm Springs Film Awards tidak akan berlangsung dengan tatap muka akibat pandemi Covid-19.

Namun, Entertainment Tonight akan menyiarkan penghormatan kepada para penerima penghargaan pada tanggal 11 Februari dan 25 Februari.

Dinobatkannya penghargaan Director of The Year membuat Zhao bergabung dengan penerima penghargaan lainnya.

Sebelumnya, Palm Springs Film Awards telah memberikan penghargaan kepada aktris asal Inggris, Carey Mulligan atas perannya dalam film Promising Young Woman.

Selain itu, aktor kawakan Gary Oldman juga masuk dalam daftar penerima penghargaan Chairman's Award atas penampilannya dalam film Mank.

Film arahan David Fincher ini dirilis pada 13 November 2020 dan ditayangkan di layanan streaming Netflix.

“Film Nomadland adalah film yang menangkap kejayaan jiwa manusia," ujar Harold Matzner dari pihak Palm Spring seperti dikutip dari Palmspringslife.

Menurut Matzner, film yang sangat unik dan dilakukan dengan baik ini menangkap pemandangan luas Amerika Barat saat mengikuti Fern, diperankan oleh Frances McDormand, yang melakukan perjalanan dengan mobil kempingnya bergerak dari satu perkemahan nyata dari pengembara masa kini ke yang lain.

"Nomadland adalah salah satu film paling berprestasi tahun ini dan kami dengan senang hati menghormati sutradara wanita pertama kami tahun Ini,” tambahnya.

Beberapa nama besar dalam dunia perfilman yang pernah mendapatkan Director of the Year di antaranya Quentin Tarantino (Once Upon a Time in Hollywood), David O. Russell (The Fighter), Jason Reitman (Up in the Air), Alexander Payne (Sideways ), Alejandro G. Iñárritu (Babel dan Birdman) dan Steve Mc Queen (12 Years a Slave).

Film Nomadland dibintangi oleh Frances McDormand dan naskahnya sendiri ditulis oleh Chloe Zhao yang diadaptasi dari buku karya Jessica Bruder dengan judul yang sama.

Selain McDormand, film ini juga menghadirkan David Strathairn dan Linda May.

Nomadland telah meraih penghargaan Golden Lion pada ajang Venice Film Festival. Selain itu, film ini juga meraih penghargaan penonton di Toronto.

Bersama Nomadland, Zhao telah memenangkan penghargaan sutradara terbaik dari New York Film Critics Circle dan Los Angeles Film Critics Association.


Baca juga artikel terkait FESTIVAL FILM atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Dhita Koesno

DarkLight