Children's Day (Hari Anak) 1 Juni Turut Dirayakan Google Doodle

Oleh: Yulaika Ramadhani - 1 Juni 2019
Children's Day adalah hari yang didedikasikan untuk mengapresiasi anak-anak, yang diperingati bersamaan di sejumlah negara di dunia.
tirto.id - International Children's Day tanggal 1 Juni turut diperingati Google dalam doodlenya hari ini, Sabtu (1/6/2019).

International Children's Day adalah hari yang didedikasikan untuk mengapresiasi anak-anak, yang diperingati bersamaan di sejumlah negara di dunia.

Awalnya, Children's Day atau Hari Anak pertama diperingati pada tahun 1857 oleh Pendeta Dr. Charles Leonard, pendeta Gereja Penebus Universalis di Chelsea, Massachusetts.

Leonard mengadakan layanan khusus yang didedikasikan untuk anak-anak. Leonard menamakan hari itu sebagai Rose Day, meskipun kemudian dinamai Flower Sunday, dan kemudian dinamai Children's Children.

Sementara itu, The International Day for Protection of Children (Hari Internasional untuk Perlindungan Anak-anak) dirayakan di banyak negara sebagai Hari Anak pada 1 Juni sejak 1950. Hari tersebut didirikan oleh Federasi Demokrasi Internasional Wanita pada kongresnya di Moskow (4 November 1949).

Sementara itu, Compassion menulis, meskipun dirayakan secara luas, banyak negara tidak mengakui 1 Juni sebagai Hari Anak-Anak.

Di Amerika Serikat, Hari Anak biasanya dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Juni. Tradisi tanggal kembali ke 1856 ketika Pendeta Dr. Charles Leonard, pendeta Gereja Penebus Universalis di Chelsea, Massachusetts, mengadakan layanan khusus yang berfokus pada anak-anak.

Di Indonesia sendiri juga terdapat peringatan Hari Anak Nasional yang dirayakan setiap 23 Juli. Tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional ini diperingati sesuai keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Sementara, di berbagai tempat di seluruh dunia, hari Anak diperingati pada tanggal yang berbeda-beda.

Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November.

Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain. Perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Untuk memperingati Hari Anak, biasanya pemerintah Indonesia menyelenggarakan pertemuan Forum Anak Nasional (FAN).


Baca juga artikel terkait HARI ANAK INTERNASIONAL atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Maya Saputri
DarkLight