Berita Internasional Terkini

Cerita Lengkap Penembakan Eks Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Penulis: Alexander Haryanto - 8 Jul 2022 12:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mantan Perdana Jepang, Shinzo Abe ditembak ketika sedang berpidato di Kota Nara.
tirto.id - Mantan Perdana Jepang, Shinzo Abe ditembak orang tak dikenal dan mengenai punggungnya sehingga menyebabkan dia jatuh ke tanah. Berdasarkan berita hari ini, Jumat, 8 Juli 2022, pelaku penembakan itu sudah ditangkap.

Seperti diberitakan BBC, Kepala sekretaris kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan, Abe ditembak sekitar pukul 11:30 waktu setempat (02:30 GMT) di kota Nara. Seorang pria, yang diyakini sebagai penembak, telah ditahan.

"Kondisi mantan perdana menteri Abe saat ini tidak diketahui," kata Hirokazu Matsuno kepada wartawan.

"Apa pun alasannya, tindakan barbar seperti itu tidak akan pernah bisa ditoleransi, dan kami mengutuk keras itu."

Dalam sebuah twit, mantan gubernur Tokyo Yoichi Masuzoe mengatakan, Abe yang berusia 67 tahun berada dalam keadaan henti jantung. Istilah ini sering digunakan sebelum kematian secara resmi dikonfirmasi di Jepang.


Kronologi Penembakan Shinzo Abe

Menurut keterangan saksi mata, kala itu Abe sedang memberikan pidato untuk seorang kandidat di kota barat Nara. Saat serangan berlangsung, mereka melihat seorang pria menembak senjata besar dari belakang.

Tembakan pertama sempat meleset, namun tembakan kedua mengenai punggung Abe. Dia langsung tersungkur ke tanah dengan darah di tubuhnya.

Berdasarkan laporan media yang mengutip pernyataan polisi, senjata yang diduga dipakai dalam serangan itu adalah buatan sendiri. Sebuah foto menunjukkan dua bagian logam berbentuk silinder yang tampak diikat dengan pita hitam tergeletak di jalan dekat tempat kejadian, demikian The Guardian memberitakan.

NHK mengatakan, menurut polisi seorang tersangka itu diduga bernama Tetsuya Yamagami, seorang warga Nara berusia 41 tahun. Sekarang dia telah ditahan tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Menurut laporan TBS Television, Abe ditembak di sisi kiri dadanya dan tampaknya juga di leher.Petugas keamanan langsung menahan penyerang dan dia tidak berusaha melarikan diri.

Setelah ditembak, penyiar berita lokal NHK mengutip sumber polisi mengatakan Abe "sadar dan responsif" saat diangkut. Penyiar juga menambahkan bahwa polisi telah menyita senjata penyerang dan mengidentifikasinya.

NHK melaporkan, tersangka menggunakan senjata buatan tangan. Menurut laporan media lokal, tersangka diyakini mantan anggota Pasukan Bela Diri Maritim Jepang, setara dengan angkatan laut setempat.


Baca juga artikel terkait SHINZO ABE DITEMBAK atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight