Cek Waktu Sholat Maghrib Jakarta dan Kota Surabaya 08 Desember 2018

Oleh: Agung DH - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Informasi jadwal sholat di Jakarta dan Kota Surabaya bisa dicek di situs ini.
tirto.id - Sebagai rukun Islam yang kedua, sholat lima waktu menjadi salah satu ibadah wajib setiap muslim. Dalam sehari-semalam, setiap muslim yang sudah mukllaf (akil baligh dan berakal) diwajibkan melaksanakan sholat.

Salah satu syarat sahnya sholat fardhu ialah dilakukan pada waktunya. Oleh karena itu informasi jadwal sholat Sholat Maghrib di Jakarta dan Kota Surabaya untuk 08 Desember 2018 penting diketahui bagi umat muslim.

Setelah melakukan wudhu sebagai salah satu syarat sahnya sholat, umat muslim dapat melakukan ibadah Sholat Maghrib secara pribadi maupun berjamaah.

Bagi umat muslim di Ibukota Jakarta, ada beberapa masjid yang bisa dipakai untuk melakukan sholat antara lain Masjid Jakarta Islamic Center, Masjid Raya Pondok Indah, Masjid Sunda Kelapa dan masjid-masjid terdekat lainnya.

Untuk diketahui Masjid Jakarta Islamic Center dikategorikan sebagai Masjid Raya. Masjid ini dibangun pada 2001. Sementara untuk daya tampung, Masjid Jakarta Islamic Center bisa diisi > 200 jamaah. Alamat Masjid Jakarta Islamic Center ada di Jalan Kramat Jaya, Kec. Koja, Kota Jakarta Utara, Prov. DKI Jakarta.

Bagaimana dengan Masjid Raya Pondok Indah? Masjid ini dibangun pada 1990. Kementerian Agama RI menyebutkan bahwa Masjid Raya Pondok Indah termasuk dalam kategori Masjid Agung. Masjid ini memiliki daya tampung > 200. Alamat Masjid Raya Pondok Indah ada di Jl. Sultan Iskandar Muda No. 1 Kebayoran Lama Selatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan DKI Jakarta.

Sedangkan Masjid Sunda Kelapa termasuk kategori Masjid Agung. Masjid ini dibangun pada 1970. Jumlah jamaah yang bisa ditampung mencapai > 200. Masjid Sunda Kelapa bisa ditemukan di Jl. Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.



Sama seperti di Jakarta, di Kota Surabaya ada masjid-masjid ikonik yang sering dipakai untuk menjalankan ibadah sholat. Beberapa masjid itu antara lain Masjid Nasional Al-Akbar di Jl. Masjid Al-Akbar Timur No.1 Pagesangan, Surabaya, Jawa Timur, Masjid Agung Sunan Ampel di Jl. Ampel Masjid 53, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, dan Masjid Al-muhajirin di Merto 25-27.

Masjid Nasional Al-Akbar memiliki daya tampung > 200 jamaah. Dalam registrasi masjid Kementerian Agama RI termasuk Masjid Raya. Masjid ini dibangun pada 2000.

Selain Masjid Nasional Al-Akbar, Masjid Agung Sunan Ampel juga menjadi salah satu masjid terkenal di Kota Surabaya. Masjid tersebut dibangun pada 1421. Daya tampungnya mencapai > 200.

Bagaimana dengan Masjid Al-muhajirin? Masjid tersebut dibangun pada 1983. Daya tampungnya mencapai > 200.

Informasi mengenai masjid-masjid di Jakarta dan Kota Surabaya bisa menjadi referensi untuk umat muslim selain informasi jadwal sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya pada hari ini:










Baca juga artikel terkait SALAT atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH