Bansos 2021

Cek Bansos Kemensos Juni 2021 di cekbansos.kemensos.go.id

Oleh: Yantina Debora - 31 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Bansos Kemensos yang cair Juni 2021 cek di cekbansos.kemensos.go.id. Ada juga JKP Plus dan subsidi listrik.
tirto.id - Kementerian Sosial (Kemensos) menyediakan bantuan sosial (Bansos) periode Juni 2021 kepada kelurga penerima manfaat (KPM) yang bisa dicek melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Selama 2021, Kemensos meneydiakan tiga jenis bansos yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako atau BPNT dan Bansos Tunai (BST).

Namun yang diperkirakan cair Juni 2021 yakni Bansos BPNT sebesar Rp200.000 per bulan per KK. Bansos ini bakal dicairkan hingga Desember 2021.

Pencairan BPNT bakal dilakukan melalui perbankan dan agen yang ditunjuk oleh pemerintah. Bansos BPNT Juni 2021 ini bisa digunakan untuk membeli bahan pangan.

Sementara Bansos PKH bakal cair Juli sebab bansos ini dicairkan dalam empat tahap yakni Januari, April, Juli dan Oktober 2021. Pencairannya melalui bank Himbara (BNI, BRI, BTN dan Mandiri).

Sedangkan untuk bansos tunai, sebelumnya sempat disebut tidak diperpanjang sehingga hanya dicairkan Januari hingga April 2021.

Namun Mei 2021, Kementerian Sosial mengatakan akan memperpanjang penyaluran BST sebesar Rp300.000 per KPM hingga Juni 2021, tetapi masih harus menunggu persetujuan Kementerian Keuangan.

"Kami belum menerima resmi dari Kementerian Keuangan soal itu," ujar Risma di Jakarta, Kamis (20/5/2021), dikutip dari Antara News.

penyaluran BST berlangsung selama empat bulan di tahun 2021, dan berakhir pada akhir April, dengan alasan situasi pandemi COVID di Indonesia telah bergerak ke skala mikro.

Bantuan Sosial Tunai telah menjadi instrumen penting memulihkan ekonomi di tengah pandemi COVID-19. Setelah dihentikan, penerima BST dialihkan dengan bantuan lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengecek terkait tiga jenis bansos ini, Anda bisa melakukannya melalui website resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id.

Cara Cek Bansos Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id:

1. Akses cekbansos.kemensos.go.id;
2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan;
3. Masukkan Nama PM sesuai KTP;
4. Masukkan 2 Kata yang tertera dalam kotak kode;
5. Lalu klik tombol cari data.

Bansos DKI Jakarta

Saat pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, pemerintah provinsi DKI Jakarta mengubah skema penyaluran KJP Plus menjadi setiap bulan. KJP Plus awalnya hanya dapat dicairkan per 6 bulan untuk dibelanjakan keperluan sekolah.

KJP Plus diberikan kepada siswa dari jenjang SD, SMP hingga SMA. Jumlah nominal yang akan cair per bulan sebesar Rp250.000 untuk jenjang SD.

Selanjutnya, untuk jenjang SMP, dana yang bisa dicairkan sebesar Rp300.000, jenjang SMA sebanyak Rp420.000, Jenjang SMK senilai Rp450.000, sebanyak Rp300.000 untuk jenjang PKBM.

Untuk mengetahui status KJP Plus, Anda bisa mengakses website KJP Jakarta dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Website kjp.jakarta.go.id;

2. Masukkan NIK;

3. Masukkan Tahun;

4. Pilih Tahap;

5. Klik Cek.

Subsidi Listrik

Stimulus listrik diperpanjang hingga Juni 2021 untuk pelanggan PLN pra bayar dan pasca bayar dengan daya listrik 450 VA dan 900 VA.

Untuk pelanggan Pra Bayar akan mendapatkan diskon tarif listrik pada saat melakukan transaksi pembelian token listrik, sementara untuk pelanggan Pasca Bayar diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik.

Berikut daftar subsidi listrik Juni 2021:

Besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya, yaitu:

1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Untuk pelanggan listrik prabayar, diskon tagihan listrik saat ini hanya bisa diperoleh melalui situs resmi PLN, tidak bisa lagi melalui WhatsApp. Ikuti langkah berikut ini:

1. Akses stimulus.pln.co.id;
2. Pilih opsi Stimulus Covid-19 (Diskon);
3. Masukkan data yang diminta, mulai dari identitas (ID) pelanggan atau nomor meter, kode captcha, nama, tarif, dan daya listrik yang digunakan;
3. Diskon token listrik akan muncul di kolom keterangan;
4. Isikan nomor token ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan yang terdaftar.


Baca juga artikel terkait BANSOS 2021 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight