Cegah Omicron, Riza Imbau Warga Jakarta Tak Bepergian saat Nataru

Reporter: Riyan Setiawan - 20 Des 2021 13:13 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengajak warga untuk di rumah saja selama libur natal dan tahun baru.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak bepergian ke luar kota maupun luar negeri saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Hal itu dilakukan guna mengantisipasi COVID-19 varian Omicron yang telah masuk ke Indonesia.

"Kami minta usahakan untuk ditunda dulu bepergian ke luar negeri atau ke luar kota. Liburan Nataru bisa dilaksanakan di rumah bersama keluarga, manfaatkan momentum libur nataru ini bersama dengan keluarga inti saja di rumah masing-masing," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/12/2021).

Ketua DPD Jakarta Partai Gerindra itu mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat terkait pencegahan Omicron.

Menurut Riza, varian Omicron dalam tiga hari terkahir meningkat dua kali lipat di 89 negara.

"Tidak terkecuali di Indonesia, maka dari itu kami mengajak semuanya untuk hati-hati, waspada, jangan kendor, jangan euforia, jangan anggap enteng. Mari kita laksanakan prokes secara baik," ucapnya.

Dalam mengantisipasi varian Omicron semakin meluas, Riza juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Selain itu, para orang tua juga didorong untuk mengajak anaknya yang berusia 6-11 tahun untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

"Sekalipun bagi kita yang sudah mendapatkan vaksin, tidak berarti bahwa kita pasti terbebas dari COVID-19. Untuk itu, mari tetap melaksanakan protokol kesehatan," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait CEGAH VARIAN OMICRON atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight