Advertorial

Cari Produk Sunscreen & Sunblock Terbaik untuk Kulit di Tokopedia

Oleh: Advertorial - 22 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Mendapatkan sunscreen dan sunblock paling cocok untuk kulit dapat dilakukan melalui pencarian di Tokopedia.
tirto.id - Sunscreen dan sunblock menjadi kebutuhan dalam perawatan kulit. Meskipun berbeda fungsi, banyak orang yang belum mencermati perbedaan kedua produk ini. Mendapatkan sunscreen dan sunblock yang paling cocok dapat dilakukan melalui pencarian di Tokopedia.

Terdapat 3 jenis utama radiasi ultraviolet yang dibagi berdasarkan ukuran panjang gelombang, yaitu ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC). Seluruh radiasi UVC dan sebagian besar UVB diserap oleh lapisan ozon bumi. Sementara itu, radiasi UVA dan UVB dapat mempengaruhi kesehatan.

Sunscreen dan sunblock sama-sama berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Namun, keduanya memiliki komposisi bahan dan cara pemakaian yang berbeda.

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock


Sunscreen atau tabir surya kimiawi bekerja dengan cara menyerap sinar UVA, mengubahnya jadi panas yang tidak berbahaya, kemudian melepaskannya dari kulit. Sunscreen berguna untuk perawatan kulit dari bagian dalam.

Ketika seseorang memakai sunscreen, ia mesti menunggu selama sekitar 20 menit sejak mengoleskan produk tersebut sebelum kulit terkena paparan matahari. Di sisi lain, karena terserap ke dalam kulit dengan cepat, sunscreen cenderung tidak meninggalkan jejak warna di kulit.

Sementara itu, sunblock atau tabir surya fisik, berfungsi untuk menciptakan lapisan di permukaan kulit bagaikan perisai fisik yang menghalangi radiasi terutama UVB. Sunblock mengandung bahan mineral seperti titanium dioksida atau zinc oksida.

Berbeda dengan sunscreen, efek sunblock dapat langsung dirasakan segera setelah dioleskan ke kulit tanpa perlu menunggu waktu lama. Namun, biasanya sunblock meninggalkan jejak warna putih saat dioleskan.

Apa Itu SPF 50?


Ketika seseorang memilih sunscreen dan sunblock sebagai perlindungan dari radiasi UV, yang perlu diperhatikan adalah Sun Protection Factor (SPF). Semakin tinggi angka di belakangnya, semakin tinggi pula peluang tabir surya untuk melindungi kulit dari radiasi UV. Direkomendasikan, yang dipakai adalah SPF 15 atau lebih untuk perlindungan dari radiasi UV.

Jika di sebuah produk terdapat keterangan SPF 15 berarti produk itu melindungi 93 persen dari radiasi UVB. Sementara itu, SPF 30 melindungi 97 persen UVB, dan SPF 50 memberikan perlindungan dari 98 persen UVB.

Di Tokopedia, terdapat berbagai produk sunscreen dan sunblock pilihan. Yang diperlukan hanyalah kecermatan Anda dalam memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan.

Cari Sunscreen & Sunblock Terbaik di Tokopedia


Untuk mencari produk sunscreen terbaik di Tokopedia, cukup gunakan fitur cari di bagian kategori. Jika kita mengetikkan kata 'sunscreen' atau 'sunblock', terdapat beragam produk yang bisa dipilih.

Untuk hasil pencarian maksimal, Anda dapat memberi tanda centang ke jenis toko pilihan (official store, power merchant pro, atau power merchant), lokasi, harga (ada harga minimum dan maksimum), jenis pengiriman, rating, hingga penawaran.

Seperti untuk produk sunscreen atau sunblock, fitur pencarian di Tokopedia juga dapat digunakan untuk menelusuri kata spesifik lain, misalnya 'spf 50'. Ketika hendak membeli, perhatikan harga, lokasi, rating penjual, hingga penawaran yang mungkin didapatkan seperti cashback atau diskon.
DarkLight