Cara YouTube Music Agar Bisa untuk Download Lagu dan Bebas Iklan

Oleh: Ibnu Azis - 6 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara berlangganan YouTube Music Premium agar bisa untuk download lagu guna dinikmati offline dan bebas iklan.
tirto.id - Layanan streaming musik YouTube Music per 6 November 2019 telah tersedia di Indonesia. Platform ini bisa dinikmati secara gratis yang didukung iklan.

Ada dua layanan dalam YouTube Music, yakni Basic dan Premium. Layanan yang pertama gratis, sedangkan sisanya berbayar. Akan tetapi, ada pula perbedaan di antara keduanya selain unsur berbayar (berlangganan).

Perbedaan YouTube Music Premium dan Basic

Ada 6 keunggulan utama yang ditawarkan oleh YouTube Music Premium, yakni memutar lagu tanpa putar acak (shuffle), putar lagu atau album dari musisi ofisial, fitur remix untuk lagu, bebas iklan, putar lagu di latar belakang, dan fitur download. Tiga fitur terakhir di layanan Basic tak tersedia.

Artinya, pengguna YouTube Music Basic tak dapat menikmati bebas iklan, fitur putar di latar belakang, dan download lagu untuk didengarkan saat offline. Namun, ada 'harga' yang harus dibayarkan untuk mencicipi layanan itu, yakni Rp49 ribu per bulan.


Cara Berlangganan YouTube Music Premium

YouTube memberikan akses uji coba selama tiga bulan bagi pengguna awal YouTube Music ke layanan Premium yang setelahnya akan ditagih sebesar Rp49 ribu per bulan. Berikut cara berlangganan YouTube Music Premium:

  1. Download aplikasi YouTube Music di toko aplikasi Play Store atau App Store
  2. Setelah proses unduh rampung, instal YouTube Music
  3. Buka aplikasi YouTube Music lalu login menggunakan akun Google
  4. Di laman utama aplikasi YouTube Music, ketuk foto profil yang terletak di pojok kanan atas
  5. Di menu paling bawah, ketuk GET MUSIC PREMIUM
  6. Di laman berikutnya, ketuk TRY IT FREE
  7. Selesaikan pembayaran menggunakan metode potong pulsa, kartu debit/kredit, GoPay, atau opsi lainnya
  8. Selesai

YouTube juga menghadirkan YouTube Premium ke Indonesia yang di dalam layanannya termasuk pula YouTube Music Premium dengan harga berlangganan mulai dari Rp59.000 per bulan.

Layanan ini mencakup langganan YouTube Music Premium dan menawarkan pengalaman bebas iklan dengan fitur pemutar latar belakang serta download offline untuk jutaan video di YouTube.

Ada pula paket khusus YouTube Music Family Plan dan YouTube Premium Family Plan. Di paket ini, pengguna dapat menambahkan hingga enam akun mulai dari Rp75.000 per bulan.

Sebagai informasi, YouTube memberikan tawaran perkenalan khusus tiga bulan gratis untuk YouTube Music Premium sampai dengan 26 November 2019.

Benefit YouTube Music Premium

Dengan berlangganan YouTube Music Premium, pengguna bisa mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline atau saat tak terhubung dengan jaringan internet.

Pengguna juga bisa mendengarkan lagu di YouTube Music Premium di latar belakang. Artinya, lagu akan tetap bisa diputar meski aplikasi YouTube Music Premium telah ditutup (close) atau kembali ke layar muka ponsel (home). Ini berlaku pula saat aksi multitasking, yaitu membuka aplikasi lain sambil mendengarkan lagu dari YouTube Music.

Paling utama, di YouTube Music Premium pengguna tak akan diganggu oleh tampilan iklan. Ini seperti di Spotify atau layanan streaming lagu lainnya yang non-berlangganan. Di versi gratis atau Basic, iklan akan sesekali muncul saat berganti lagu.


Baca juga artikel terkait YOUTUBE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight